Yahoo Jualan Aset Lagi, Apakah Sudah Kritis?

yahoo
Yahoo perusahaan internet yang sudah lama melalang buana di dunia internet mulai menjual asetnya. Seperti dikutip dari halaman cnnindonesia kalau aset intinya yahoo sedang dijual kepada pihak ketiga. Pihak ketiga telah diberi penawaran berharga atas bisnis inti yahoo sampai tanggal 18 April 2016. 
Padahal sebelumnya yahoo memberi batas penawaran pada 11 April 2016 bagi pihak ketiga, sehingga pada bulan Juni dan Juli 2016 sudah ada kesepakatan. 
Menurut para analisis. Nilai paten yahoo seharga US$ 4 miliar atau setara Rp 52,6 triliun. Nilai paten ini masih bisa berubah lebih mahal lagi sesuai dengan kesepakatan para pelego atau pembeli.
Bisnis Yahoo yang di lelankan diantaranya mesin pencari, situs yahoo mail, dan situs berita, setelah meninggalkan rencana spin-off saham pada perusahaan e-commerce Alibaba Group asal China.
Sebenarnya kasus kemrosotan keuangan dari yahoo sudah lama sekitar 3 tahun lalu sudah mulai membuat perampingan terhadap bisnis internetnya. Selain itu yahoo juga kurang sanggup bersaing dalam jualan iklan online karena harus head to head dengan Google serta Facebook.
Kesulitan dalam bisnis ini membuat CEO cantik Yahoo, Marrisa Mayer harus berfikir ulang karena mendapat desakan dari para pemegang saham untuk mencarai solusi supaya perusahaan mendapat untung.
Ada beberapa perusahaan besar yang berminat dengan bisnis Yahoo ini diantaranya seperti Microsoft, Amazon, Salesforce, dan LinkedIn.  Mereka mengikuti bisnis yang dijual ini karena menyadari ada nilai besar dari portofolio yang ditawarkan mencakup  6000 properti intelektual di bidang seluler, data, dan teknologi periklanan.
Ada tiga perusahaan besar yang siap menawar yahoo dimulai dari Microsoft yang mengajukan penawaran dengan didampingi sebuah perusahaan ekuitas. Google juga tertarik dengan bisnis inti Yahoo. Begitu juga perusahaan telokomunikasi Verizon yang siap mengajukan tawaran untuk bisnis strategis Yahoo yang sahamnya ada di Jepang.
Perusahaan Yahoo memang satu dekade ini sedang mengalami masa krisis dan diujung tanduk. Dimana ada banyak permasalahan yang sering menyerangnya. Sampai sekarang yahoo harus jualan aset lagi.
Apakah yahoo akan bertahan????kita nantikan di bulan Juni Juli 2016 mendatang.

Artikel Terkait

Hape Harga 13 Juta Baru Rilis Kamera Hang? Anjir
views 1
Ibnuwajak.id – Hape harga 13 juta baru dirilis tetapi sudah ditemukan kameranya hang? Itulah smartphone Oppo Find X yang kena masalah kamera Hang. Inf...
Yahoo Messenger Tutup Usia
views 1
Ibnuwajak.id – Yahoo Messenger Tutup Usia. Yahoo messenger aplikasi chatting yang terkenal sejak 1998 sampai 2018. Per tanggal 17 Juli 2018 resmi tutu...
Heboh Puluhan Situs Malaysia Kena Hack, Insiden Be...
views 1
Ibnuwajak.id – Insiden Bendera Merah Putih terbalik yang tecetak di buku souvenir di ajang Pembukaan SEA Games 2017 berujung panjang karena kegeraman ...
Waspada! 8 Pekerjaan ini Akan Digantikan Robot
views 0
Ibnuwajak.id – Pekerjaan semakin sulit dicari. Apalagi 8(delapan) pekerjaan ini akan digantikan robot kedepannya. Penggantian ini tentu akan membuat s...
Click Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *