Pemerintah Akan Tutup Facebook, Piye Perasaanmu?

pemerintah akan tutup facebook

Ibnuwajak.id – Gosip terhangat yang kembali mencuat bahwa Pemerintah berniat menutup facebook dan sosial media lain apabila disalah gunakan untuk keperluan negatif. Keputusan Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika adalah wacana terakhir apabila penyedia layanan sosial media tidak ada gerak untuk membendung penyebar berita hoax.
Berdasarkan penjelasan Menkominfo Rudiantara dalam Diskusi dai Galeri Nasional Indonesia, Jumat (9/6/2017) melalui situs inilahcelebes.id menyatakan “Sebenarnya Indonesia tidak berniat untuk menutup, tapi kalau sudah keterlaluan baru bisa kami tutup”.
Maka dari itu Menteri Kominfo Rudiantara menuntut supaya layanan media sosial dan OTT (Over The Top) juga aktif membantu pemerintah mengatasi konten negatif yang berseliweran. Tetapi halangan utama adalah ada pada kebijakan dari masing-masing layanan.
Rudiantara juga mencontohkan kasus pada Facebook yang memiliki sekitar 110 juta pengguna di Indonesia menjadikannya ladang subur untuk menyebarkan berita hoax dan informasi negatif. Padahal Pemerintah sering meminta untuk segera menghapus konten-konten negatif tersebut dengan segera. Tetapi kebijakan facebook yang mengharuskan permintaan langsung di pusat Amerika menjadikkannya sulit untuk menangkal.
Selain media sosial juga ada OTT (Over-The-Top) seperti Whatsapp, BBM dan lain-lain apabila tidak bisa diajak bekerja sama pemerintah juga akan ditutup. Sehingga media sosial dan OTT tidak bisa diakses lagi di Indonesia.  Jadi Pemerintah berharap untuk layanan-layan tersebut bisa diajak bekerja sama mengikuti peraturan pemerintah. 
“Kemkominfo bisa menutup akun, bahkan sangat dimungkinkan Facebook juga bisa ditutup, jika memang nanti diperlukan,” Kata Rudiantara dalam acara diskusi Publik dan Konferensi Pers Fatwa Majelis Ulama Indonesia “Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial” di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (5/6/2017)
Bahkan Presiden Jokowi sudah menandatangani Peraturan Presiden nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mendeteksi, mencegah, bahkan memperbaiki permasalahan keamanan siber.
Rudiantar juga menjelaskan bahwa Pemerintah sama sekali tidak memiliki tujuan menutup media sosial. Pemeritah menurutnya hanya mengininkan FB dan media sosial lainnya bekerja sama membersihkan konten-konten yang tidak sejalan dengan keberadaan NKRI.
Terus bagaimana perasaan kalian jika Facebook dan Sosial media lain ditutup? Karena terdapat berbagai kegiatan promosi jual beli komunikasi yang dilakukan di sosial media. Maka dari itu kita sebagai masyarakat dan pengguna media sosial serta layan OTT sebaiknya dalam dalam memanfaatkannya. Bijak bersosial Media
Sumber: inilahcelebes.id, lamanberita.co, puterariau.com

Artikel Terkait

Hape Harga 13 Juta Baru Rilis Kamera Hang? Anjir
views 1
Ibnuwajak.id – Hape harga 13 juta baru dirilis tetapi sudah ditemukan kameranya hang? Itulah smartphone Oppo Find X yang kena masalah kamera Hang. Inf...
Yahoo Messenger Tutup Usia
views 1
Ibnuwajak.id – Yahoo Messenger Tutup Usia. Yahoo messenger aplikasi chatting yang terkenal sejak 1998 sampai 2018. Per tanggal 17 Juli 2018 resmi tutu...
Heboh Puluhan Situs Malaysia Kena Hack, Insiden Be...
views 1
Ibnuwajak.id – Insiden Bendera Merah Putih terbalik yang tecetak di buku souvenir di ajang Pembukaan SEA Games 2017 berujung panjang karena kegeraman ...
Waspada! 8 Pekerjaan ini Akan Digantikan Robot
views 0
Ibnuwajak.id – Pekerjaan semakin sulit dicari. Apalagi 8(delapan) pekerjaan ini akan digantikan robot kedepannya. Penggantian ini tentu akan membuat s...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *