Logo Baru Instagram

new logo instagram
Instagram hampir lima tahun memiliki logo kamera polaroid. Setelah lima tahun berselang logo instagram mengalami perubahan drastis alias super baru. Aplikasi yang sekarng milik facebook ini, sekarang melakukan perombakan pada desainnya.  Perlu diketahui sahabat ibnuwajak hampir 80 juta foto serta video dibagikan melalui instgram setiap harinya, menurut instagram, pembaharuan tampilan mencerminkan bagaimana bersemangat dan beragam.
Apa makna logo baru instagram??? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika logo kamera polaroid yang sudah kita kenal berwarna putih coklat mulai diganti total. Logo baru Instagram yang mencerminkan “bagaiman bersemangat dan beragam” menggunakan desain yang lebih berwarna alias lebih colorful serta terlihat mentereng dengan komposisi warna oranye, putih, dan ungu.
Berdasarkan berita yang ibnuwajak kutip dari detikNet,  Ian spalter selaku Head of Design Instagram, alasan perubahan logo baru dan untuk pertama kalinya selama 5 tahun ini demi menghadirkan desain yang lebih sesuai dengan estetika pengguna aplikasi.
Ternyata perubahan pada Instagram tidak hanya pada logo saja tetapi juga pada tampilan antar muka di aplikasi. Tampilan dalam dari Instagram diberi warna monochrome, perpaduan hitam dan putih. Peringatan notifikasi yang lama orange diganti warna merah.
Arti warna hitam dan putih menurut instagram menekankan pada konten foto dan video yang di posting oleh pengguna. Menurut Spalter jika logo colorfull maka didalamnya juga beda.
Perubahan logo dan tampilan tidak hanya terjadi pada Instagram tetapi juga pada aplikasi milik facebook lainnya sperti Boomerang, Layout, dan Hyperlapse, menurut berita ketiga aplikasi ini juga mengalami perubahan dengan desain yang hampir mirip.
Mungkin kita mengenal tentang instagram dan tidak tahu siapa pendesain logo pertam seperti kamera polaroid dia adalah Cole Rise, seorang desainer dan fotografer profesional. Cole mendesain logo instagram berdasarkan permintaan temannya Kevin Systrom selaku pendiri Instagram, pada tahun 2010.
Instagram pertama kali rilis khusus smartphone berbasis iOS maka dari itu Instagram hanya tersedia di toko aplikasi App Store selama dua minggu tetapi Apple berpandangan jika logo Instagram kurang bergitu bagus bagus karena pihak Apple ingin memajang instagram di homepage App Storenya.
Desain awal dari Instagram mirip dengan kamera polaroid didesain sendiri oleh Systrom. Melihat permintaan dari Apple dan Systrom berpandangan kalau logo yang sduah ada kurang unik maka kepada Cole Rise, Systrom mengajukan ide menggunakan logo yang berabsis kamera merek Bell dan Howell yang keluar tahun 1940an.
logo instagram buatan systrom
Permasalahan muncul lagi yaitu pengajuan desain kepada cole mendesak padahal pihak Apple memberi deadline kalau Logo baru tidak ada maka instagram dibatalkan untuk tampil di halaman depan App Store.
Apa yang terjadi???? Amazing, Cole sang desainer dan Fotografer dengan bekerja keras, desain logo baru yang lebih keren selesai dalam waktu kurang dari satu jam.
Berkat logo baru buatan Cole maka Instagram jadi ditampilkan di homepage App Store. Instagram semakin popular. Logo buatan Cole akhirnya dipermak sedikit dan menjadi logo instagram  gambar kamera polaroid berwarna coklat sebelum desain baru ini.
cole rise desainer awal logo instagram
Cole Rise
Apakah perubahan Logo baru Instagram berjalan mulus???? Tentu saja tidak karena muncul Pro dan kontra bagi pengguna Instragram. Mayoritas netizen menyayangkan akan perubahan desain baru ini. Seperti yang di lontarkan oleh Tim Nudd, seorang editor kreatif di majalah Adweek yang detikNet kutip dari Wall Street Journal. “Mungkin Perubahan ini akan menjadi salah satu kegagalan desain terbesar di tahun ini,” celoteh Tim.
Menurut Tim nudd, desain logo baru sangat mudah dilupakan yang akan hilang di ponsel, diantara desain kebanyakan aplikasi teknologi lain yang juga tidak menginspirasi.
logo instagram lama baru
Perbandingan logo instagram lama dan baru
Walau banyak yang tidak setuju dengan perubahan logo baru, ternyata desainer logo lama, Cole Rise berbeda pendapat.
Aku sangat senang mereka akhirnya melakukannya. Perubahan itu berat. Berat untuk mengubah bahasa visual secara drastis ketika orang sudah terbiasa dengan yang lama. Butuh keberanian untuk melakukannya,” kata Cole Rise. Dikutip dari Tech Times.
Perubahan yang drastis ini sangat berani karena logo dan tampilan yang sudah ada memang melekat kuat. Sahabat ibnuwajak, bayangkan logo yang lama baru lima tahun ini dirubah betapa sakitnya pengguna Instagram. Bagaimana pendapat seluruh pengguna Instagram di Indonesia tentang logo dan tampilan barunya?????

Artikel Terkait

Hape Harga 13 Juta Baru Rilis Kamera Hang? Anjir
views 1
Ibnuwajak.id – Hape harga 13 juta baru dirilis tetapi sudah ditemukan kameranya hang? Itulah smartphone Oppo Find X yang kena masalah kamera Hang. Inf...
Yahoo Messenger Tutup Usia
views 1
Ibnuwajak.id – Yahoo Messenger Tutup Usia. Yahoo messenger aplikasi chatting yang terkenal sejak 1998 sampai 2018. Per tanggal 17 Juli 2018 resmi tutu...
Heboh Puluhan Situs Malaysia Kena Hack, Insiden Be...
views 1
Ibnuwajak.id – Insiden Bendera Merah Putih terbalik yang tecetak di buku souvenir di ajang Pembukaan SEA Games 2017 berujung panjang karena kegeraman ...
Waspada! 8 Pekerjaan ini Akan Digantikan Robot
views 0
Ibnuwajak.id – Pekerjaan semakin sulit dicari. Apalagi 8(delapan) pekerjaan ini akan digantikan robot kedepannya. Penggantian ini tentu akan membuat s...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *