6 Penyebab Gagal Instal Dapodik 2019

6 Penyebab gagal Instal Dapodik 2019, siapakah yang pernah terfikirkan. Di artikel sebelumnya cara menginstal Dapodik 2019 yang benar dan berhasil. Aplikasi yang sangat berguna bagi guru-guru untuk melakukan pelaporan hasil pembelajaran secara online. Dapodik 2019c yang rilis 25 Februari 2019 dalam situs resminya membawa banyak perbaikan dan pembaharuan, maka dari itu untuk versi terbaru pengguna tidak bisa langsung instal tetapi harus menghapus aplikasi Dapodik sebelumnya.

Sebenarnya aplikasi ini tidak ada masalah ataupun kecacatan tetapi untuk beberapa laptop atau komputer yang menggunakan windows 7 atau 8 mengalami masalah. Apabila ingin berhasil harus menggunakan windows 10, padahal di situs resmi Dapodik tertulis bisa untuk windows 7 juga hehehehe. Berikut penyebab gagal instal Dapodik 2019

Penyebab Gagal Instal Dapodik 2019

  1. Virus, virus komputer salah satu penyebab aplikasi Dapodik tidak berhasil di instal walaupun menggunakan windows 10 terbaru sekalipun. Solusi dari kasus ini maka kita harus mencari atau membeli antivirus terbaru dengan update terbaru juga. Setelah itu coba scan seluruh windows dan drivenya.
  2. Visual Studio C++ belum terinstal. Saat menginstal Dapodik ibnuwajak selalu menemui kebuntuan ketika aplikasi meminta untuk menginstal Visual Studio C++ versi terbaru. Karena dikira dalam Dapodik sudah tersedia maka tidak dihiraukan ternyata instalasi gagal. Solusinya sebelum instal Dapodik instal dulu Visual Studio ++ mulai dari versi terbawah yaitu versi 2008 hingga terbaru 2017.
  3. Cek Windows 7 teman-teman apakah sudah menggunakan versi SP1 atau belum. Cara mengeceknya bisa tekan keyboard gambar bendera + R ketik dxdiag, jika sudah SP1 lakukan instalasi. Apabila tidak berhasil lakukan instal ulang.
  4. Windows 7 belum up to date, walaupun sudah SP1 belum tentu berhasil maka dari itu teman-teman harus melakukan update windowsnya melalui update online.
  5. Folder Dapodik sebelumnya belum dihapus. Folder ini terdapat di C:\Program Files (32) apabila windows 64bit jika windows 32bit C:\Program Files. Hapus folder Dapodik menggunakan aplikasi unlocker apabila tidak menggunakan aplikasi ini maka proses hapus akan gagal.
  6. Antivirus tidak dimatikan terlebih dahulu. Kadang antivirus yang masih aktif bisa saja membaca aplikasi Dapodik sebagai virus. Solusi amannya matikan sementara antivirusnya.

Itulah 6 penyebab gagal instal Dapodik 2019. Apabila teman-teman menemukan penyebab yang lain silakan komen dibawah

RelatedPost

Click Share

One Reply to “6 Penyebab Gagal Instal Dapodik 2019”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *