24 September 2020

Komponen Wajib Ada dalam Surat Lamaran Kerja


Surat lamaran kerja pastinya tak asing di kalangan pencari kerja. Surat lamaran kerja adalah surat resmi yang berisi pemohon lamaran kerja kepada pemilik pekerjaan untuk mengajukan pekerjaan serta membuat kedua pihak tetap terhubung. Secara umum, surat lamaran kerja berfungsi sebagai dukungan untuk pekerjaan.

Pelamar kerja harus ingat bahwa proses pencarian kerja yaitu mengirimkan surat lamaran kerja adalah "menjual potensi" secara tertulis, termasuk baik kepribadian, keterampilan, pelatihan kelas, pengalaman kerja. Agar lebih menjual, surat harus mudah dimengerti dengan jelas, akurat, dan rapi.  

Komponen Utama Surat Lamaran Kerja

Dalam membuat surat lamaran kerja, ada beberapa komponen utama yang wajib ada. Komponen ini be
rguna untuk menjelaskan bagaimana latar belakang si pelamar kerja. Apa saja komponen yang harus ada? 

Kop Surat

Kepala surat atau kop surat terletak di bagian kanan atas. Isi informasi kop surat adalah nama, alamat, nomor telepon, email dari pelamar kerja. Dengan begitu pihak rekuirter akan lebih mudah untuk menghubungi kembali kandidat pelamar kerja. 

Tempat dan Tanggal 

Komponen ini sangat penting. Hal ini memberikan kesan bahwa surat lamaran kerja yang ditulis adalah up to date. Tulis kota, tanggal, bulan dan tahun di sebelah kanan atas sudut. Hal ini juga mencegah perusahaan tidak bingung tentang tanggal surat.

Alamat

Alamat adalah alamat tujuan di mana surat itu dikirim. Pastikan bahwa alamat yang ditulis tidak salah untuk menghindari kesan bahwa pelamar kerja adalah orang yang ceroboh. Kesalahan penulisan alamat juga akan menyebabkan kesalahan kirim juga. 

Salam Pembuka

Sama seperti jenis surat lainnya, pasti ada salam pembuka. Biasanya nama orang secara spesifik yang menerima serta jabatan dari si penerima. Contohnya adalah nama recruiter atau HRD. Jangan sampai salah nama, ya. Jika kandidat salah nama, ada kemungkinan itu memberikan kesan buruk bagi HRD. 


Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri 

Deskripsi Isi Surat

Komponen selanjutnya adalah deskripsi surat. Isi surat tersebut biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Pelamar kerja akan menjelaskan kehendak untuk melamar pekerjaan, posisi dilamar, mengapa pelamar kerja layak dan mampu di posisi tersebut. 

Penutupan

Selanjutnya adalah penutupan. Salam penutup tidak kalah penting. Umumnya, salam penutup akan menggunakan kata-kata “salam hormat” atau “dengan hormat”. Jangan lupa tambahkan beberapa kalimat bahwa kandidat berhadap untuk tahapan lebih lanjut. Sentuhan akhir ini akan memberikan kesan baik bagi HRD. 


Disamping hal di atas, perlu diperhatikan bahwa 
surat lamaran kerja
 harus didesain dengan rapi. Kalau bisa, bahkan lebih outstanding agar lebih menonjol dibandingkan dengan yang lain. Demikianlah penjelasan mengenai surat lamaran kerja. Semoga informasi ini dapat berguna bagi pelamar kerja yang telah berpengalaman atau fresh graduate. Semoga Anda cepat mendapatkan pekerjaan idaman! 


Salam Kenal! Mengulas komputer,laptop,printer,internet,handphone, dan tutorial.

Postingan lebih Baru

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!
EmoticonEmoticon