Laptop Acer 4736Z yang Aneh

laptop acer 4736z

Laptop acer 4736z merupakan produk keluaran tahun 2009. Disokong oleh processor yang sangat disegani yaitu Intel Penryn T6600, memory RAM 2GB DDR3 dan Hdd 320GB spesifikasi pada masa itu. Salah satu produk yang disegani dimasanya bahkan menjadi produk yang sangat popular dan laris. Terbukti saat itu modelnya memang paling terlihat minimalis. Walaupun sudah berumur tapi performa masih bagus.

Notebook Acer 4736z yang aneh tersebut kondisi sebelumnya mati total berhasil ibnuwajak hidupkan lagi karena ibnwajak sendiri juga teknisi laptop matot, setengah hidup, ngeblank dan lain-lain. 
notebook acer aspire 4736z
Notebook Acer aspire 4736

Keanehan laptop acer 4736z ini yaitu pada kompatibel memory RAM. Saat pengujian selesai perbaikan menggunakan memory RAM 1 GB merek tidak terkenal dengan IC merek elpida. Merasa memory 1GB kurang mumpuni diputuskan untuk upgrade menggunakan memory RAM yang ada distok toko. Ada beberap merek yang tersedia yaitu, Kingston, Hynix, dan Elpida. Semua memory ini berkapasitas 2GB DDR3 PC10600

Mencoba satu persatu dimulai dari merek Kingston. Laptop menyala tetapi layar gak ada tampila. Mencoba merek Hynix  kondisi sama dengan memory merek Kingston. Terakhir merek elpida laptop bisa menyala normal. 
Memory ram laptop Elpida 2GB

Walaupun laptop sudah bisa menyala normal dengan memory merek elpida tetapi hati ini masih penasaran ingin mencoba memory lain, bahkan memory RAM di dalam laptop saya lepas untuk dicoba. Ternyata hasilnya nihil dan hanya merek Elpida yang cocok. Akhirnya laptop menggunakan memory RAM Elpida untuk beberapa saat melihat performa yang kurang ditambahkan memory laptop 1GB yang kompatibel.

Pengujian beberapa hari ternyata konfigura 2GB+1GB tidak stabil karena memilik beberapa perbedaan yang mecolok bahkan laptop acer 4736z sering mengalami ngelag dan lemot untuk memprosesnya, diputuskan hanya menggunakan satu memory RAM saja. Hati kecil kurang nyaman kalau hanya 2GB, mencari-cari di e-commerce menemukan Memory RAM 2GB Elpida yang identik langsung order dan ditunggu.

Memang untuk melakukan upgrade memory RAM perlu kesabaran tidak bisa grasah grusuh. Apalagi  laptop keluaran sebelum generasi processor intel  core i series apakah teman-teman teknisi pernah mengalami memory tidak kompatibel?

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: comp.direction@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 Komentar

Komentar
19 November 2017 at 05:35 delete

gawa rene ae, keadaan rusak atau masih nyala gak kepakai

Reply
avatar
19 November 2017 at 07:31 delete

Ser tak dol, tapi dung nduwe seng nggo backup file2 e

Reply
avatar
2 December 2017 at 18:12 delete

Pernah gan... Pas mau upgrade RAM laptop Toshiba, cuma bs dg merek yg sama. Dcoba bbrp RAM merek terkenal & merek lokal ga ada yg cocok. Untung bbrp RAM yg sdh trlanjur trbeli bs djual lg dg harga yg sama. Rugi di ongkir aja.

Reply
avatar
2 December 2017 at 18:43 delete

untuk upgradememory ram memang tidak bisa asal karena perlu ketelitian tersendiri walaupun merek beda

Reply
avatar

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...