Review Modul Charging XL4015 CC CV 5A DC Buck Step Down Converter

Ibnuwajak.id – Review Modul Charging XL4015 CC CV 5A DC Buck Step Down Converter yang bisa digunakan untuk baterai lithium. Keinginan memiliki modul charger untuk baterai laptop yang berguna untuk membantu teknisi laptop yang ingin mencharge baterai laptop tanpa menggunakan laptop. Seri XL4015 ini merupakan pembaharuan daripada pendahulunya karena sebelumnya indikator led terdapat dua sedangkan yang sedang ibnuwajak tes menggunakan 3 LED indikator.
modul charger xl4015 cc cv 5A dc buck step down converter
modul charger xl4015 cc cv 5A dc buck step down converter

Modul charging XL4015 memiliki bentuk yang mungil dan ringkas bahkan mudah untuk dibawa-bawa tetapi. Dimensi Modul Charging CC CV 6 x 2,5 cm. Terdapat dua potensiometer mini dengan kapasitas 10kohm dan 1k ohm. Potensiometer 10kohm digunakan untuk mengatur tegangan keluar sedangkan 1k ohm berguna untuk mengatur batas ampere.

Sesi Tes Modul Charging XL4015

Modul charging XL4015 CC CV untuk sumber tegangan bisa menggunakan dari charger laptop dengan kapasitas 19-20 volt. Modul charger baterai lithium ion ini tegangan input hanya mampu menerima maksimal 30volt dengan kuat arus 5 ampere tetapi sangat dianjurkan untuk menggunakan kuat arus input sebesar 3A supaya modul tidak cepat panas.
modul charger xl4015 cc cv 5A dc buck step down converter ledhijau
Led hijau indikator bahwa modul sedang teraliri listrik

Menggunakan adaptor lenovo 20 volt 3,42 Ampere dicolokkan ke input modul. Jangan sampai salah mengisi input dimana positi ke positif dan negatif ke negatif. Apabila pemasangan ini terbalik akan memunculkan panas tinggi alias konslet.

Pertama kali mendapatkan tegangan, indikator led hijau akan menyala menandakan tegangan sudah masuk. Apabila ingin mengatur besar keluarnya tegangan bisa menggunakan avometer atau voltmeter kemudian putar sakelarnya.
modul charger xl4015 cc cv 5A dc buck step down converter led merah biru
indikator modul sedang charging tetapi output modul kurang besar sehingga led mera menyala

Kasus tes ini digunakan untuk mencas baterai laptop bekas yang sudah diambil komponenya sehingga hanya tersisa baterai saja. Baterai laptop kalau di bongkar maka akan terdapat rangkaian seri yang membentuk tegangan 11-12 volt.

Hubungkan outpot modul ke baterai yang akan di cas. Patut diketahui usahakan untuk input belum teraliri listrik karena baterai akan terdeteksi dengan indikator led hijau menyala dengan terang. Kemudian colokkan input modul dengan adaptor. Maka akan led lain akan menyala.
modul charger xl4015 cc cv 5A dc buck step down converter process charging

Setelah adapator tercolok maka otomatis led selain hijau akan menyala. Berikut pengertian led indikator modul charger cc cv XL4015 DC buck converter step down.

LED Merah menandakan kondisi tegangan positif dan negatif bersentuhan atau tegangan output lebih kecil daripada tegangan dari baterai. Maka putar potensiometer sampai led biru bagian tengah menyala.

LED Biru menandakan modul dalam keadaan charging atau mengecas baterai. Tetapi led biru ini juga akan menyala ketika kita gunakan untuk menyalakakn kipas dc 12 volt. Karena ada proses pemakaina beban.

Led Hijau menandakan sedang ada tegangan yang mengalir dan sisi lain menandakan bahwa baterai sudah penuh.

Last modul charger cc cv XL 4015 5A DC Buck Converter Step down sangat membantu sekali untuk mengecas baterai cell bawaan laptop yang sudah rusak. Dipasaran sudah ada modul charger untuk baterai yang disertakan dengan volt dan ampere meter tetapi lebih mahal daripada modul ini. Apalgai modul charger XL4015 5A ini tanpa menggunakan volt dan ampere meter sudah bisa digunakan. Satu kekurangan yang terdapat pada modul ini yaitu fungsi dari potensiometer pengatur kuat arus tidak bekerja maksimal alias tidak menunjukkan fungsi. Untuk artikel lanjutan akan di terangkan cara menggunakan modul charger Xl4015 yang sangat simple tanpa perlu menggunakan volt ampermeter.

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: comp.direction@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...