Review Aplikasi Langit Musik, Streaming Jutaan Lagu Gak Ngabisin Kuota

Aplikasi Langit Musik  adalah aplikasi streaming musik online yang lagi ngetren. Memiliki tagline “Musiknya Hidup Kamu” tentu akan bisa menjangkau berbagai generasi. Selain itu terdapt tag line lain yang menjadi unggulannya  yaitu “ Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota”.
aplikasi Langit Musik

Membaca kedua tagline ini tentu membuat penasaran ibnuwajak sehingga akan menuangkan review singkat Aplikasi Langit Musik dalam tulisan ini. Sebelum mereview pertama kali harus memiliki aplikasinya dulu yang bisa di download  di Play Store pengguna Android dan Di App Store bagi pengguna iOS.

Meluncur ke Play Store karena ibnuwajak pengguna Andorid. Sebelum instal baca dulu keterangan syarat dan ketentuan. Sistem Android Minimum yang didukung versi 4.4 sehingga versi atasnya sangat mendukung sekali. Patut di baca juga “Gratis streaming musik data (tidak termasuk Video) hanya berlaku untuk Pengguna Telkomsel”.

Walaupun dikhususkan untuk mendengarkan musik ternyata dapat digunakan untuk nonton video streaming dan konser seminggu penuh seperti tertulis dalam keterangannya “Langit Musik pengguna juga dapat menonton 24/7 video streaming musik dan konser musik kapan saja, dimana saja”.

Setelah selesai membaca syarat dan ketentuan maka bisa lanjut untuk instal. File instaler Langit Musik lumayan kecil yaitu 9,61MB sehingga  tidak akan membuat habis penyimpanan sahabat semuanya. 
ukuran file instaler aplikasi langit musik .apk downloadn di playstore
Ukuran file instaler aplikasi langit musik

Patut diketahui disini Ibnuwajak menggunakan Android Versi 4.4 aka Kitkat, Kartu telkomsel dan kartu tri yang aktif. Kartu tri untuk mencoba bahwa tidak hanya pengguna kartu telkomsel yang bisa menikmati lagu di Langit Musik.

Halaman Depan Aplikasi Langit Musik

Instalasi berhasil lanjut mencoba aplikasinya. Dihalaman depan atau selamat datang akan disuguhi logo langit musik dan proses deteksi MSISDN. Untuk awalan kita akan disuguhi aplikasi langit musik dalam bahasa Inggris tenang bisa diganti ke Indonesia dengan memilih di pojok kanan atas antara tulisan EN dan ID. EN berarti Engglis dan ID berarti Indonesia. Ibnuwaja memilih ke Indonesia karena kita bisa bahasa Indonesia.
halaman depan aplikasi langit musik
Halaman depan aplikasi langit musik

Terdapat 4 fitur unggulan yang ditampilkan di halaman depan yaitu:

1. Menjelajahi  - Untuk Anda
Rekomendasi dari kami berdasarkan apa yang kamu suka.
fitur unggulan menjelajah aplikasi langit musik
Fitur unggulan menjelajah, untuk ganti bahasa pilih EN /ID di pojok kanan atas

2. Trending Map
Peta Interaktif silahkan carai lagu favorite kamu di provinsi lain.
Fitur Trending Map Aplikasi Langit Musik Pengelompokan popular berdasarkan wilayah
Fitur Trending Map Aplikasi Langit Musik Pengelompokan popular berdasarkan wilayah

3. Profil Saya
Tidak ada lagi profil membosankan. Berikut list lagu menarik yang dapat Anda nikmati minggu ini.
Fitur Profil Saya Aplikasi Langit Musik

4. Lirik 
Rekomendasi dari kami berdasarkan apa yang kamu suka.

Sebelum masuk aplikasi Langit Musik harus Log in dulu. Sistem log-in Langit Musik menggunakan nomor ponsel yang aktif dan bisa nomor hp lain.

Pilih pelanggan baru > masukkan nomor ponsel > klik berikutnya.
daftar aplikasi langit musik
Masukkan Nomor Telpon 

proses daftar langit musik
Selesai Memasukkan Nomor Telpon Klik Berikut


Akan ada SMS masuk ke handphone kalian. Apabila nomor yang digunakan mendaftar dalam satu handphone akan otomatis masuk ke kolom isian kode, jadi tidak perlu membuka SMS lagi. Jika nomor yang digunakan untuk mendaftar di hanphone berbeda masukkan kode sesuai yang dikirmkan.
sms kode dari langit musik
SMS Kode untuk masuk dari Langit Musik

kode masuk aplikasi langit musik
Kode dari langit musik sudah masuk dan klik tombol centang

Klik centang makan akan ada pemberitahuan “Selamat Datang di LangitMusik Akun kamu berhasil dibuat. Selamat menikmati 30 hari streaming musik tanpa batas”. Dibawah tulisan ini pilih ‘START EXPLORING”.
berhasil masuk aplikasi langit musik
Klik START EXPLORING untuk lanjut masuk dan menikmati lagu langit musik

Catatan: Kode yang dikirim melalui SMS jangan sampai hilang atau kehapus karena berfungsi juga sebagai password masuk.

Menu-Menu di Langit Musik

Masuk aplikasi Langit Musik akan disguhi halaman utama atau EXPLORE. Di tulisan Explore jika di klik maka kita bisa melakukan pencarian musik yang kita suka berdasarkan penyanyi, judul lagu ataupun genre. Selain itu terdapat tiga menu pilihan dibawah kolom pencarian Explore yaitu Untuk Anda, Jelajah dan Video.

Menu Untuk Anda otomatis memilih ini, memberikan rekomendasi lagu kepada kita walaupun kita belum memilihnya. Kira-kira rekomendasi lagu ini berdasarkan apa ya?
Menu Untuk Anda Aplikasi Langit Musik
Tampilan Menu Untuk Anda adalah tampilan default dari langit musik untuk penggunanya

Menu Jelajah, menarik layar ke bawah akan ada rekomendasai musik  berdasarkan Lagu terbaru, Top hits atau paling ngehits saat ini, Top Artist yang lagi beken atau lagi digandrungi saat ini. Selain berdasarkan yang Top-top ada 2 pengelompokan genre yang siap dipilih.
isi menu jelajah aplikasi langit musik
Menu Jelajah akan menampilkan lagu terbaru

Selain lagu terbaru juga menampilkan Top Hits dan Top Artist

  • MOODS ANDA terdiri dari Energic, chill, Falling in Love, Gloomy, Love Drama, Family Time, Mixed Emotion, Harus Putus, dan Lagi Labil. 
    pilihan Moods Anda aplikasi langit musik
    9 Pilihan jenis pengelompokan di Menu Jelajah Moods Anda

  • ALIRAN terdiri dari Rock, Sing A Long, Party, Everlasting, Swith Your Mood, Lets dance, Global, Stay Calm, dan Sumber Semangat.
    Aliran di menu jelajah
    9 Pilihan jenis pengelompokan di Menu Jelajah Aliran

Pilihannya banyak ya? Jadi kalian masuk kelompok genre yang mana?sapa tahu menemukan lakukan favorit

Menu Video, menampilkan video streaming musik yaing terdiri video Siaran Langsung, Rekaman, Langit Musik Corner, dan Video Musik. Dengan ini kalian bisa tinggal pilih.
Fitur Video Langit Musik

Fitur Video Langit Musik

Pengaturan lebih lanjut Langit Musik bisa klik gambar tumpu-tumpuk disamping tulisan Explore. Disitu akan menemukan menu Jelajah, TagStation, Trending, Laguku, Pemberitahuan, dan UPGRADE KE PREMIUM
pengaturan lebih lanjut
Klik tombol yang dilingkari putih untuk masuk menu khusus
menu pengaturan langit musik

Menu jelajah dikhususkan bagi pengguna untuk mencari lagi-lagu yang disukai.

Menu TagStation menampilkan lagu-lagu yang dikelompokkan berdasarkan Tagar (#)
tampilan tagstation
Tampilan tagstation

Menu Trending, merupakan fitur unggulan dari Langit Musik karena pengelompokan trending tidak berdasarkan hanya menyeluruh se-Indonesia tetapi menampilkan trending setiap provinsi sehingga setiap orang tahu lagu popular di provinsi lain.
Menu Trending Map untuk mengetahui lagu yang sedang popular di setiap wilayah Indonesia

Menu Laguku, menampilkan lagu yang sudah diputar atau lagu yang dipilih untuk diputar.
tampilan menu laguku aplikasi langit musik
Tampilan Laguku

Pemberitahuan, menampilkan update terbaru dari aplikasi Langit Musik
pemberitahuan tentang update aplikasi langit musik terbaru

Upgrade ke Premium, pilihan terhadap pelanggan apabila ingin menikmati semua lagu yang disediakan oleh Langit Musik harus merubah statusnya yaitu upgrade ke Langit Musik Premium. Terdapat dua Langit Musik Premium yaitu 7 hari dan 30 hari.
tarif langit musik premium

Memutar Lagu

Mencari lagu melalui sistem pencarian sekalian menguji keakuratan pencariannya. Disini ibnuwajak mencari dengan kata kunci “Rihana”. Semua pasti tahu jika penyanyi dengan nama Rihana berasal dari Amerika dan tentu saja lagu berbahas Inggris. Apa yang terjadi dengan Langit Musik ketika mencari Rihana? Ibnuwajak diarah ke nama Rihana bukan penyayi luar negeri.
hasil pencarian di langit musik
Hasil pencarian lagu langit musik kata kunci Rihana

Hasil pencarian lagu langit musik kata kunci Rihana
Hasil pencarian lagu langit musik kata kunci Rihana

Sistem pencarian langit musik dibagi menjadi beberapa bagian tampialan yaitu Hasil Pencarian Teratas, Artist, lagu, album, daftar putar dan Orang.  Disetiap bagian ini ibnuwajak hanya menemukan penyanyi rihana dengan satu lagu saja dan tidak bisa diputar karena harus berlangganan dulu.

Patut menjadi catatan pengembang Langit Musik yaitu sistem pencarian supaya lebih akurat lagi karena ketika menulis nama penyanyi si "A" malah keluar penyanyi "C" atau yang lain. Apakah sistem pencarian dari Langit Musik mengacu pada bahasa yang digunakan?

Pemutar Lagu

Tampilan pemutar lagu Langit Musik paling kece karena menampilkan lirik lagu yang sedang diputar sehingga penikmat musik bisa mengikuti bernyanyi bersama. Selain itu melalui pengaturan di dashboard pemutar kita bisa mengatur lagu untuk didengarkan secara offline. Mungkin kita ingin membagikan lagu ke sosial media, Pihak Langit musik juga menyediakan. Ada empat fitur bagiakan yaitu bagikan ke teman, bagikan di facebook, bagiakan ke instagram, dan bagikan ke twitter.
Pemutar musik menampilkan lagu yang sedang diputar dan lirik lagu
Tampilan pemutar lagu Langit Musik, Selain menampilkan lagu yang sedang diputar juga menampilkan liriknya, Bahkan lirik lagu berjalan seirama dengan lagunya
pengaturan pemutar lagu langit musik
Pengaturan pemutar lagu langit musik

Fitur Share Setiap Lagu yang di putar
Fitur Share Setiap Lagu yang di putar

Setelah ngubek-ngubek bagian pemutar musik, Ibnuwajak tidak menemukan setingan equalizer sehingga kualitas suara hanya mengikuti kualitas suara standar dari aplikasi dan smartphone yang digunakan. Padahal jika ada equalizer tentu penikmat musik bisa mengatur sesuai kesukaan contohnya suka dengan yang ngebas atur equlizer full bass. Mungkin pengembang bisa menambahkan equalizer.

Video streaming

Sebagai fitur atau layanan baru di Langut Musik tersedianya video streaming merupakan terobosan terbaru karena pengguna tidak perlu berganti aplikasi ketika ingin menonton video clip setiap penyanyi idola. Jika kita pertama kali membuka fitur video streaming akan ada pemberitahuan bahwa pemutaran video akan memakan kuota regular.
tampilan pemutar video langit musik

tampilan pemutar video langit musik

Video Streaming Langit Musik ternyata berat sekali dan membutuhkan akses internet yang cepat. Terbukti saat ibnuwajak ingin memutar satu video tampilannya hanya buffering saja. Sebagai fitur tambahan sebaiknya kedepan video streaming dibuat supaya tidak membutuhkan akses internet yang cepat.

Pertanyaan Seputar Langit Musik

Apakah pengguna kartu selain telkomsel bisa memutar lagu di Langit Musik? 
Jawabannya bisa, bahkan untuk yang tidak berlanggan juga sama lagu yang bisa diputar tidak ada perbedaan.

Pengguna yang tidak memiliki kartu Telkomsel jangan berkecil hati karena ibnuwajak login atau masuk dengan kartu selain telkomsel bisa. Walaupun akan ada perbedaan sedikit di aplikasi dimana pengguna telkomsel nomor tidak ditambilkan sedang selain pengguna telkomsel akan ditampilkan. 
langit musik non telkomsel
Pengguna Non Telkomsel nomor telpon terpampang dekat roda gigi pengaturan

langit musik non telkomsel

Apakah bisa berlangganan seperti pengguna kartu telkomsel? Jawabannya bisa, tetapi patut disesail tarif untuk pengguna non telkomsel lebih mahal dan selisihnya 50 persen. Walaupun bisa berlangganan dengan kartu non telkomse dan tarif lebih  mahal ternyata prosesnya masih ditemukan permasalahan. Ibnuwajak mencoba berlangganan kartu non telkomsel dan hasilnya aplikasi error.

Perbedaan Tarif LangitMusik Premium Telkomsel dan Operator Lain

Pengguna Telkomsel
LangitMusik Premium 7 Hari
Streaming dan donwload lagu sepuasnya Rp. 6600/7 hari
Langit Musik Premium 30 Hari
Streaming dan download lagu sepuasnya Rp. 22000/30 hari
tarif langit musik premium pengguna telkomsel
Tarif langit musik premium pengguna telkomsel

Pengguna Non Telkomsel atau Operator Lain
LangitMusik Premium 7 Hari
Streaming dan download lagu sepuasnya Rp. 16500/7 hari
LangitMusik Premium 30 Hari
Streaming dan download lagu sepuasnya Rp. 55000/30 hari
tarif langit musik premium pengguna non telkomsel
Tarif langit musik premium pengguna non telkomsel

Bagaiman menurut sahabat semuanya perbedaan harganya?

Kelebihan berlangganan Langit Musik Premium yaitu kita bisa menikmati jutaan lagu yang disediakan sepuasnya bahkan bisa diputar ulang saat kondisi tanpa akses internet atau offline.

Apakah kita bisa log out dari aplikasi LangitMusik? Jawab, Bisa.

Aplikasi langit yang masuk menggunakan nomor telpon memang ketika sudah masuk hampir tidak menemui lokasi logut atau keluar. Lokasi log out berada di bawah menu-menu untama di samping kiri. Pilih logo roda gerigi paling bawah, masuk halaman berikutnya pilih keluar.

cara keluar aplikasi langitmusik
Klik tombol roga gerigi

cara keluar aplikasi langitmusik
Klik Tombol Keluar

cara keluar aplikasi langitmusik
Jika ingin keluar klik centang 


Kesimpulan
Aplikasi LangitMusik merupakana aplikasi yang keren. Dalam review ini ibnuwajak menilai ada beberapa fitur yang sangat menarik dari Langit musik yaiut:

1.  Fitur Lirik yang diunggulkan memudahkan penikmat lagu kesukaan untuk ikut bernyanyi tanpa takut lupa lirik lagunya. Lirik terdapat di pemutar dan menampilkan tulisan yang seirama dengan lagunya bahkan sangat presisi dengan lagu yang sedang diputar.

2. Fitur Trending merupakan fitur yang paling jos karena di trending tidak hanya lagu yang lagi popular atau hits di Indonesia tetapi juga di setiap wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke, sehingga setiap pengguna aplikasi Langit Musik jadi tahu lagu-lagu yang trending di setiap wilayah. Selain itu lagu yang trending di Nasional belum tentu trendi secara lokal.

3.  Fitur Putar lagu Offline, fitur satu ini sangat cocok bagi yang suka berkali-kali mendengarkan lagu yang sama tetapi jika ingin menikmati fitu putar lagu offline harus berlangganan ke Langit Musik Premium

4. Fitur Share dan follow, merupakan fitur yang memungkinkan pungguna untuk membagikan lagu yang sedang diputar melalui media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan sesam pengguna Langit Musik. Selain Share ada fitur Follow terhadap penyanyi kesukaan supaya tidak ketinggalan update terbaru

Tagline “Musiknya hidup kamu” sesuai sekali dengan jutaan lagu yang disediakan karena tahun dari lagunya tidak hanya yang baru-baru tetapi juga lagu-lagu lama yang sudah berumur. 

Tagline “Streaming Jutaan Lagu Ga ngabisin Kuota” ini memang terbukti karena disaat ibnuwajak memutar 3 lagu kuota yang berkurang sangat sedikit. Jadi jangan takut menggunakan aplikasi langit musik.

Berikut screenshot jumalh kuota yang berkurang selama membuka 4 lagu. Disini Ibnuwajak menggunakan jaringan dari operator Tri yang dipasang pada Modem Wifi atau Mifi.
Kuota sebelum menjalankan lagu di langit musik
Kuota Internet Sebelum digunakan memutar lagu

Kuota sebelum menjalankan lagu di langit musik
Kuota Internet Setelah digunakan memutar 4 lagu di Langit Musik

Saran untuk Langit Musik

Hadirkan pengaturan equalizer supaya penikmat musik bisa melakukan pengaturan jenis suara yang diinginkan dan lokasi tombol lebih dipermudah tempatnya karena lumayan untuk mengontrol akun atau nomor yang digunakan untuk log in.

Berikan tanda yang jelas jika lagu tersebut bisa diputar tanpa harus berlangganan Langit Musik Premium supaya penikmat lagu bisa mencari lagu yang lain

Kritik untuk Langit Musik

Perbaiki sistem pencarian karena sistem pencarian kurang presisi alis melenceng. contohnya saat Ibnuwajak mencari dengan kata kunci "Rihana" malah yang muncul bukan Rihana penyanyi dari Amerika Serikat. Saat nama Rihana yang dimaksud tampil malah lagunya hanya satu dan tidak bisa diputar karena harus berlangganan ke Langit Musik Premium.

Walaupun di syarat dan ketentuan tertulis untuk pengguna kartu Telkomsel, buktinya ibnuwajak yang daftar dan login degan kartu tri masih bisa menikmati lagu-lagu secara online. Sungguh disayangkan tarif langganan non telkomsel mahalnya gak ketulungan. 

Jadi untuk teman-teman yang menggunakan kartu non telkomsel jangan ragu untuk menikamti lagu-lagu di Langit Musik. Selamat sing a song !

Info lebih lengkap atau sekedar ingin tahu bisa mengunjungi situs Langit Musik dan review kelabihnnya di Jalantikus!

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: comp.direction@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 Komentar

Komentar
25 October 2017 at 21:47 delete

belum download sih, tapi lumayan menarik applikasinya

Reply
avatar
26 October 2017 at 11:31 delete

Waduh komplit dan lengkap sekali reviewnya....sumpeh keren......Langit musik memang aplikasi keren. Saya sudah pakai setahun belakangan ini.....

Reply
avatar
26 October 2017 at 16:26 delete

memang keren gan, walaupun di syarat dan ketentuan diharuskan menggunakan kartu telkomsel nyatanya pakai kartu tri kita masih bisa login dan berlangganan, memang musinya hidup kamu

Reply
avatar
31 October 2017 at 18:54 delete

Mantap Langit Musik Gan. Lumayan kompilit Aplikasinya.. Apa lagi ada juga teks.. Juooss.. Pokok nya Langit Musik

Reply
avatar

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...