Mudahnya Ganti Motherboard Printer Canon G2000

motherboard printer canon G2000
Ganti Motherboard Printer Canon G2000 – Ini merupakan pengalaman pertama menangani printer Canon G2000 apalagi kerusakan motherboard.  Ibnuwajak mengira mengganti motherboard  Printer Canon G2000 sangatlah sulit selayaknya printer canon lain yang ada scannya seperti canon MP258 , canon MP257 atau yang lain. Penggatian motherboard ini bermula dari error 5B00 yang mengharuskan mereset tetapi ketika googling tidak ada tutorial resetnya dan kebanyakan jika reset dengan software sering bermasalah dan tidak sukses. Selain melalui reset ada cara lain yaitu flash bios IC eeprom tetapi tidak punya file biosnya atau hanya mengganti IC eeprom saja. Cara terakhir ganti motherboard paling mudah dan mahal karena harus membli motherboardnya. 

Printer canon G2000 yang diganti motherboardnya adalah milik kakak ibnuwajak yang memiliki jasa cetak foto. Kemampuan cetak foto printer canon G2000 sudah tidak bisa diragukan lagi karena banyak pelanggannya puas akan hasil cetaknya. Printer canon G2000 merupakan printer injek yang sudah terpasang tabung infus original dari pabrik. 

Setelah konsultasi dengan kakak akhirnya keputusan ganti motherboard yang ditebus dengan harga 470rban di salah satu e-commerce. Sebenarnya sudah menyarankan untuk ganti IC eeprom saja tetapi karena keburu dipakai cetak yang dipesankan Motherboard baru. Heheheheheh banyak uang kakak saya itu.

Proses Penggantian motherboard printer canon G2000 sangat mudah berikut caranya:

Bongkar printer canon G2000 dimulai dengan melepas 2 baut tatakan belakang itulo biasanya dipakai sandaran kertas. Angkat penutup belakang ini ke atas mudah kok tinggal angkat saja dan tidak seribet printer canon MP series. Buka  printer sehingga terlihat katrtitnya, maksud disini dibuka. Ambil obeng minus untuk mencongkel. Lepas cover bagian kanan printer canon G2000, letak motherboardnya berada di kanan tepat dibawah tombol-tombol navigasi printer. Congkel dengan obeng minus pada bagian yang ada gambar panah dan coakan sedikit. Maka printer akan lepas.
bongkar printer canon G2000

bongkar printer canon G2000
Bongkar printer canon G2000 bagian yang dilingkari ada tanda panah untuk dicongkel

Dalam mencongkel cover sangat mudah karena pengaitnya mudah dijangkau. Apalagi bahan cover palastik atau casing printer canon ini sangat tipis dan lentur. jika kesulitan lihat gambar-gambar dibawah ini.
printer canon G2000 siap diganti motherboard

Setelah cover terbuka ambil obeng plus dan lepaskan motherboard printer canon G2000. Terlebih dahulu lepasa kabel-kabel yang terhubung serta kabel power ke listrik (hehehe seharusnya sejak awal kabel power listrik dilepas biar gak nyentrum dan terjadi listrik kejut). Lepas tiga baut  pengunci motherboard. Motherboard terlepas dan siap diganti. Jangan sampai lupa penempatan kabel-kabel dan bautnya kalau tidak salah ada 3.
motherboard printer canon g2000

Mudah bukan mengganti motherboard printer canon G2000 tanpa perlu butuh waktu lama. Ibnuwajak menggantinya hanya butuh waktu 30 menit karena pengalaman pertama jadi harus dipelajari terlebih dahulu. Mengingatkan lagi jika proses mengganti ini motherboard juga bisa diterapkan untuk mengganti power supplynya.

Selamat mencoba sahabat semuanya! 

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: comp.direction@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...