Hal Ini Sering Dilupakan Saat Membeli Laptop Baru Bekas

Ibnuwajak.id – Sering Dilupakan Saat Membeli Laptop Baru Bekas. Mungkin pembaca bosen dengan tulisan mengenai tutorial membeli laptop baru atau bekas. Laptop berkembang cukup pesat dengan beragam bentuk dan ukuran. Di tips sebelumnya sudah dijelaskan yaitu urutan memilih laptop baru dan bekas sampai selesai dan penjabaran panjang lebar. Apakah semuanya sudah all out penyampaiaannya?

tips membeli laptop baru bekas

Ibnuwajak selaku teknisi sering melihat dan mengetahui kebiasaan-kebiasaan ini sering dilupakan oleh pembeli laptop. Padahal ini sangat simple dan sederhana. Apalagi jika membeli laptop kondisi second atau bekas tentu ini tidak boleh dilewatkan supaya tidak menyesal dikemudian hari.

Inilah kelalaian pembeli laptop ketika membeli laptop baru bekas saat masih ditoko, yaitu menyesuaikan spesifikasi di brosur dengan unit yang ada dan Mengecek fungsi port VGA, port HDMI, USB, port LAN, DVD ROM, port jack microphone dan speaker, serta WIFI bluetooth. Apabila ada fitur lain yang patut dicek silahkan di cek juga. 

Jika sudah menentukan pilihan laptop dan deal akan membelinya coba luangkan waktu sebentar dengan melihat brosur dan cocokkan dengan spesifikasi laptop yang dijual. Apabila laptop baru dan belum ada System operasi, sahabat bisa mengecek dengan masuk bios, bagaiaman cara masuk bios? Saat menyala tekan tombol F2 berulang kali. Apabila membeli laptop bekas dan sudah ada system operasi windowsnya sangata enak cuku masuk ke windows tinggal cek di Control panel atau dxdiag. 

Mengecek Port VGA dan HDMI, kedua port ini wajib dicoba ketika membeli laptop baru atau bekas karena keduanya merupakan fungsi tambahan yang sering digunakan pelajar atau mahasiswa presentasi menggunakan proyektor.

Port USB, saat ini port USB untuk laptop terbagi menjadi tiga yatiu port USB 2.0, USB 3.0/3.1, dan USB type-C. Sebenarnya sebagai pembeli kita wajib mengecek fungsi dari port-port ini ketika ditoko. Percobaan ini bisa meminjam flashdisk milik toko.

Port LAN walaupun jarang dipakai tetapi ketersediaan port satu ini patut diperhitungkan karena butuh gak butuh sewaktu-waktu akan diperlukan. Konek kabel LAN saat ini sudah mencapai gigabit sehingga kecepatan aksesnya menjadi luar biasa.

DVD-ROM mungkin hampir-hampir jarang dipakai untuk saat ini. Maka dari itu saat ini laptop yang menyertakan DVD-ROM mulai sedikit dan hanya tertentu saja. Tetapi walaupun jarang dipakai patut diperhitungkan juga karena apabila Anda seorang pelajar ataupun Mahasiswa sangat perlu untuk keperluan burning dan dikumpulkan tugasnya.

Port Microphone dan speaker sangat wajib untuk dicoba karena kita tidak tahu apakah produk itu normal atau tidak. Kalau laptop bekas ibnuwajak sangat merekomen dasikan untuk mengecek karena port microphone speaker yang berukuran 3,5mm ini sering kali dimanfaatkan untuk mendampingi saat mengetik atau menonton film.

Koneksi Wifi dan Bluetooth jika ada. Koneksi Wifi wajib dicoba karena merupakan koneksi utama yang harus dimiliki setiap laptop. Apabila wifi tidak tersedia maka laptop menjadi cupu.

Last itulah yang sering dilupakan saat membeli laptop baru ataupun bekas. Mengecek spesifikasi yang ditawarkan apakah sesuai dengan yang dibicarakan bisa menunjukkan kualitas penjual. Jangan lupa mengecek port-port yang ada pada laptop entah dengan masuk windows atau saat masuk BIOS.

Semoga tutorial ini bisa membuat Anda semua lebih waspada dan mendapatkan laptop baru atau bekas yang berkualitas.

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: comp.direction@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...