Keren, Harddisk Dari Kaca Kapasitas 20TB

Ibnuwajak.id – Harddisk dari kaca kapasitas 20TB apakah mungkin? Mungkin saja. Teknologi penyimpanan saat ini mulai bergeser dari harddisk ke SSD atau Solid State Drive. Harddisk memiliki kecepatan lebih rendah dibanding SSD tetapi kapasitas penyimpanan lebih besar. Bagaimana dengan harddisk dengan platters dari substrat kaca dimana kedepan kapasitasnya bisa mencapai lebih dari 20TB
harddisk dari kaca kapasitas 20TB

Platters harddisk tradisional diproduksi menggunakan substrat dari aluminium. Dengan substrat kaca maka teknologi harddisk terus berkembang dengan kapasitas yang besar, kuat, dan memiliki bentuk lebih tipis. Apalagi kaca memili permukaan yang lebih halus dan licin dibanding aluminium sehingga kerapatan untuk efisiensi ruangan akan semakin rapat karena memiliki batas spersekian milimeter.

Suhu kerja harddisk yang menggunakan platter dari kaca akan mampu menerapkan sistem HAMR (Heat-Assisted Magnetic Recording). HAMR adalah teknologi perekaman data dalam semenit pada area yang dipanaskan dengan cahaya laser dan dibutuhkan sebuah substrat dengan penahan panas kira-kira 700 derajat celcius. Sedangkan harddisk dari aluminium hanya mampu menahan panas sekitar 200 deraja celcius. Perbedaan yang jauh ya?
Bahan substrate kaca sudah diterapakan pada harddisk 2,5 inchi dan kedepan segera ke 3,5 inchi. Platter megnetik aluminium memiliki ketebalan 0,635mm. Dibandingkan kaca sangat 50 persen labih tipis  yang mampu hingga 0,5 sampai 0,3 mm. Perusahaan jepang bernama Hoya berhasil membuat platter dari kaca tersebut.

Last, gempuran SSD atau solid state drive memang memaksa produsen harddisk seperti Weastern Digitan dan Seagate untuk terus berinovasi. Jika kecepatan tidak bisa menandingi SSD maka solusinya harus membesarkan kapasitasnya dengan bentuk yang tipis. Sebelumny kedua perusahaan besar ini sudah membuat harddisk kapasitas besar dengan memanfaat gas helium didalamnya. 
Kayaknya teknologi kaca ini akan segera dirilis ya?

sumber: Jagatreview

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...