7 Tips Rahasia Memilih laptop Baru Berkualitas Untuk Orang Awam

Ibnuwajak.id – 7 Tips rahasia memilih laptop berkualitas untuk orang awam. Sebagai teknisi komputer, laptop, dan printer yang sudah cukup lama. Ibnuwajak ketika bertemu teman-teman atau adik kelas  sering dijadikan acuan untuk memilih laptop. Tentu ini menjengkelkan sekali karena sampai bingung mau menjawab. Apalagi pertanyaan yang sering dilontarkan “Merek Apa yang Paling Bagus?” tentu ini sangat membingungkan, padahal semua laptop memilik spesifikasi yang sama serta rentang harga yang sama pula.
7 tips rahasi memilih laptop baru berkualitas

Kemajuan laptop juga terus berkembang dimana saat tahun 2013 ke bawah laptop atau notebook memiliki bentuk yang tebal dan berat. Apalagi kemampuan baterainya juga pendek-pendek berkisar antara 1 sampai 2 jam. Ukuran layar juga berubah yang sebelumnya agak kotak sekarang layar lebar.
Apabila anda termasuk orang awam dan betul – betul bingung untuk memilih laptop berkualitas untuk menunjang kerja wajib bagi Anda semua Membaca Tips Rahasia Memilih Laptop baru berkualitas Untuk Orang Awam.

1. Tentukan Kebutuhan
Tentukan kebutuhan saat membeli laptop, kenapa? Memang sejatinya semua laptop atau notebook itu bisa digunakan untuk mengetik tetapi jenis kerjaan ngetiknya seperti apa? Karena pabrik atau produsen laptop sudah membuat laptop sesuai dengan pekerjaan seseorang. Ada dua tingkatan jenis laptop yaitu kebutuhan berat dan ringan.

Kebutuhan ringan, laptop kebutuhan ringan lebih sering digunakan untuk mengetik, browsing, mendengarkan musik ataupun menonton film sudah cukup, biasanya laptop spesifikasi lebih rendah dan harganya murah, sangaat cocok bagi pelajar pemula yang baru mengenal laptop.

Kebutuhan berat, laptop kebutuhan berat lebih sering digunakan untuk melakukan kegiatan lebih membutuhkan performa tinggi seperti edit foto kualitas HD, rendering video, bermain game, dan desain grafis, bahkan juga digunakan untuk editing musik.

2. Tentukan ukuran laptop
Ukuran laptop atau notebook mengacu pada ukuran layarnya. Sekarang ukuran layar laptop mulai dari 11,6 inchi, 14 inchi, 15inchi, dan 17inchi. Ukuran 14 inchi adalah ukuran yang paling banyak diminati karena ukurannya tidak terlalu besar ataupun kecil. Bahkan laptop dengan ukuran layar 14 inchi sparepartnya sangat banyak, jadi bisa direkomendasikan. Walaupun ukuran 14inchi paling banyak beredar, saat ini ukuran 15inchi juga mulai banyak diburu karena harganya mulai bersahabat. Kekurangan laptop 15 inchi yaitu hanya pada ukurannya yang besar sehingga tidak cocok untuk dibawa kemana-mana. Tetapi ukuran 15 kelebihannya apabila digunakan untuk kerja sangat enak dipandang.

3. Tentukan Spesifikasi
Apabila sudah mantap dengan ukuran laptop maka tentukan spesifikasinya antara AMD atau Intel, kapasitas harddisk, ukuran memory RAM serta fitur-fiturnya seperti konek USB, Port VGA atau HDMI. Saat ini port VGA sudah sangat jarang tersedia mengingat laptop saat ini mulai tipis-tipis. Oh iya cek juga ketersediaan Bluetooth pada laptop yang dipilih.

4. Tentukan Merek
Setelah menentukan kebutuhan kerja laptop maka tentukan merek yang akan diambil. Sesuaikan dengan anggaran dana karena setiap merek laptop memiliki produk dengan harga dan spesifikas hampir sama. Reputasi dari setiap merek patut diketahui bisa dengan mencari informasi di internet ataupun tanya kepada orang-orang yang lebih pengalaman. Jika ingin Konsultasi bisa Hubungi Ibnuwajak di WA/Phone/SMS 081335587039 atau email icompreview@gmail.com.

Sekarang merek laptop hanya tinggal beberapa yaitu, ASUS, Lenovo, ACER, HP, DELL, MSI, dan Gigabyte. Loh Toshiba kemana?berdasarkan pantauan Ibnuwajak Toshiba udah gak ada di Indonesia semenjak pabriknya tutup, Patut digaris bawahi untuk merek MSI dan Gigabyte masuk kategori gaming.

5. Garansi 
Garansi dan Servis Center sangat-sangat patut untuk di perhatikan. Garansi laptop itu ada dua macam yaitu garansi toko dan garansi resmi distributor di Indonesia. Tanya pada penjual tentang garansinya. Hampir semua laptop yang dijual memilik masa garansi selama 1 tahun. Produk-produk kelas atas biasanya garansi sekitar 2 tahun

6. Lokasi Servis Center
Lokasi servis center sangat penting sekali karena apabila laptop belum genap satu tahun rusak Anda bisa klaim garansi di servis center terdekat. Apabila lokasi servis center jauh maka dipikir-pikir lagi. Kelebihan servis di tempat resmi seperti di servis center yaitu terjamin produknya serta apabila masih masa garansi yaitu gratis.

7. Harga dan Dana
Apabila keenam tips diatas sudah ditentukan maka patut Anda melihat harga dan dana yang disediakan supaya antara harga dan barang sesuai. Apabila laptop yang dipilih memiliki harga melebihi dana yang disediakan lebih baik membeli laptop dengan spesifikasi dibawahnya. Apabilia Anda menginginkan laptop tersebut lebih baik menabung. Kalau dana atau budget tidak mencukupi bisa memilih laptop bekas. Tips Memilih laptop bekas akan dikupas di lain waktu!

Memang memilih laptop itu lebih baik mengikuti akan kebutuhan dan dana yang disiapkan karena semua laptop yang diproduksi sudah memiliki sasaran pasar sendiri-sendiri. Jika Anda bekerja dikantor dan tidak membutuhkan pekerjaan yang berat maka tidak perlu membeli yang spesifikasi kelas, cukup dual core saja.

Last Semoga 7 Tips Rahasia Memilih Laptop Baru Berkualitas Untuk Orang Awam ini bermanfaat untuk Anda semua!

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...