16 Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas Supaya Tidak Tertipu

Ibnuwajak.id – 16 Tips Membeli Laptop Berkualitas Supaya Tidak Tertipu. Sebelumnya sudah menulis tentang 7 tips memiilih laptop baru berkualitas untuk orang awam. Kali ini akan dibagiakan tips-tips sederhana memilih laptop bekas berkualitas dan tidak tertipu karena banyak hal yang perlu diperhatikan ketika membeli laptop second.  Membeli laptop bekas itu penuh dengan faktor keberuntungan, karena jika beruntung akan mendapat barang bagus, jika tidak beruntung akan buntung. 
16 Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas Supaya Tidak Tertipu

Laptop bekas menjadi solusi jitu bagi masyarakat yang membutuhkan laptop berkualitas, berperformance tinggi dan murah. Apalagi memiliki anak yang baru mengenal laptop atau notebook tentu lebih baik membeli laptop bekas karena sudah murah dan jika rusak tidak khawatir habis banyak. 

Kasus pun mulai muncul bagi kalangan yang masih awam tentang memilih laptop bekas. Ketika membeli laptop bekas mereka akan mengincar harga dulu. Padahal laptop bekas itu tidak ada patokan harganya sama sekali. Semoga Tips Rahasia Memilih laptop bekas berikut bisa membantu sahabat semua.

1. Beli dari Teman Terpercaya
Kenapa teman terpercaya?karena siapa tahu dekat kita bisa ada yang jual laptop atau temannya lagi yang jual. Selalin itu otomatis kita tahu bagaimana teman merawat laptopnya, pemakaiannya. Jika teman kita penjual yang baik tentu akan mendapatkan laptop berkualitas dan performance tinggi sesuai harganya.

2. Cek harga pasaran laptop bekas
Sebetulnya ini tips utama sebelum membeli laptop bekas, karena dengan mengecek harga pasaran maka Anda bisa menentukan anggaran. Anda bisa mengecek harga laptop terbaru dari teman dekat dahulu . setelah mendapatkan informasi yang cukup Anda bisa mengecek di toko-toko di kota Anda terlebih dahulu dengan bertanya-tanya. Apabila sudah maka saat cek di forum jual beli, disitu kita akan mendapatkan banyak informasi tentang berbagai merek laptop termasuk harganya.

3. Jangan beli Online dan Lakukan COD
Disini Ibnuwajak tidak melarang untuk membeli barang bekas secara online hanya saja tidak merekomendasikan karena kondisi laptop bekas sulit terjamin kecuali kita beli online kepada penjual terpercaya atau teman dekat sendiri. Lebih baik membeli di kota terdekat Anda karena apabila ada permasalahan  mudah untuk melakukan klaim garansi. Saat membeli lakukan COD (cash on delivery) ini sangat berlaku apabila kita membeli tidak ke toko tetapi ke Individu pemilik. Dengan begitu bisa mengecek secara langsung kondisi laptopnya.

4. Cara laptop masa pakai sedikit
Laptop memiliki kondisi berbagai macam dengan berbagai perlakuan berbeda. Usahakan membeli laptop yang memili masa pakai sedikit mungkin laptop satu tahun kebelakang atau kurang dari setahun. Masa pakai satu tahun atau kurang biasanya masih dilindungi oleh garansi resmi pabrik pembuat atau distributor.

Tetapi kenyataan berkata lain saat ini laptop dengan masa pakai satu tahun atau kurang sangatlah sedikit dan rata-rata lebih dari satu tahun. 

5. Cek Kondisi fisik
Cek kondisi fisik laptop yang akan dibeli. Lihat setiap sudut laptop mulai dari casing pojok, baret-baret ataupun setiap sisinya. Kadang laptop bekas itu adalah laptop bekas perbaikan yang dioplos dengan berbagai komponen lain. Cek fisik apakah ada casing yang pecah.

6. Cek segel dan baut
Cek kondisi laptop bekas pada segel dan baut sangat jarang dilakukan oleh orang awam karena berbagai alasan. Padahal penting sekali! Lihat baut-baut yang ada apakah masih terpasang sempurna, ada yang kurang, ataupun antara baut satu dan lain beda. Apabila beda bisa jadi laptop pernah dibongkar sebelumnya. Jika laptop pernah dibongkar hati-hati saja karena bisa jadi pernah ada perbaikan.

Cek segel yang tersedia, kadang laptop yang mamiliki segel masih bagus dan utuh menandakan kondisinya masih bagus dan tidak pernah dibongkar

7. Cek kondisi engsel
coba tekuk layarnya apakah disekitar engsel ada casing retak atau tidak. Jika casing ada yang retak kemungkinan laptop pernah mengalami jatuh atau terlindas.

8. Nyalakan Laptop
Nyalakan laptop bekas untuk mengecek secara software kondis lebih detailnya tentang spesifikasi dan hardware yang terpasang. Selain itu kita juga bisa mengetahui kelancaran fungsi dan performanya.

9. Cocokkan spesifikasi dengan tipe laptop
Dengan menyalakan laptop kita bisa mengecek spesifikasi laptop tersebut lebih mendetail apakah tulisan pada casing sesuai denga spesifikasi yang dicantumkan, karena ada casing bertuliskan processor tingkat atas ternyata setelah dicek laptop tersebut memakai processor kelas bawah.

10. Cek Baterai dan Charger
Pengecekan baterai bisa dilakukan dengan menggunakan laptop untuk mendengar musik atau untuk apliaks berat apakah kondisi baterai cepat berkurang atau tidak. Jika cepat berkurang maka kondisinya kurang baik. 

Untuk mencoba charger colokkan pada laptop yang menyala masuk windows karena kita bisa mengetahui indikator charger ataupun tidak. Kadang ada di casing ada lampu led indikator jika charger menancap kondi charge. Apabila Indikator led tidak menyala kemungkinan ada permasalahan di sisi motherboard. Selain itu cek kondisi kabel charger apakah ada yang mengelupas ataupun bertekuk-tekuk

11. Cek Kondisi layar
Bagaimana mengecek kondisi layar? Cukup menyala sebentar nanti akan kelihatan apakah ada retak atau tidak. Jika kesulitan tunggu laptop masuk windows terlebih dahulu. Kemudian ganti walpaper dengan warna hitam polos.

12. Cek harddisk
Cara mengecek kondisi harddisk yatiu mendengar suaranya. Biasanya kondisi harddisk mulai bermasalah ditandai dengan suara tek-tek. Kadang lama loading bisa menjadi tanda jika harddisk bermasalah. Apabila kesulitan Anda bisa menggunakan software HDD sentinel. Dikalangi teknisi dan jual beli laptop software ini sangat wajib miliki. Nanti akan diperlihatkan kondisi kesehatan harddisk beserta kinerjanya.

13. Cek keyboard
Untuk mengecek keyboard kita bisa membuka aplikasi office kemudian mengetikkan beberap perintah atauun mengecek semua tombol yang ada satu persatu. Jika menggunakan software bisa download Keyboard test.

14. Cek port USB, VGA, LAN, HDMI, WIFi, Bluetooth
Pengecekan USB, VGA, LAN, HDMI, WIFI, Bluetooth adalah yang paling sering dilupakan oleh pembeli. Colokan USB Anda bisa mencoba menggunakan flashdisk. VGA  dan HDMI silahkan dicolok ke layar milik penjual laptop. LAN dan Wifi dikonekkan ke router yang tersedia, kalau terdeteksi maka LAN dan Wifi norma. Jika laptop bekas yang akan dibeli memiliki bluetooth patut dites juga.

15. Bawa teman yang mengerti laptop

16. Doa supaya mendapat laptop berkualiatas dan bertahan lama.

Itulah 16 tips membeli laptop bekas berkualitas yang sangat jarang diungkapkan. Bahkan untuk pembeli saja tidak pernah melakukan pengecekan seperti ini. Patut diketahui bahwa tulisa ini berdasarkan pengalaman ibnuwajak sendiri. Jika ada pertanyaan atau mau konsultasi silahkan hubungi Ibnuwajak phone/sms/wa :081335587039

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...