Daftar 10 Antivirus Gratis Terbaik, Patut Di Ketahui

Ibnuwajak.id – Antivirus program wajib yang berguna untuk mengamankan sistem dari serangan malware. Setiap sistem komputer wajib diinstal antivirus karena jika komputer sudah terjangkit atau terserang virus maka data-data penting bisa terinfeksi  dan mengakibatkan kerugian yang lebih dari segalanya. 
antivirus gratis terbaik

Aplikasi antivirus untuk saat ini sangat beragam pilihannya dari yang ringan tidak memakan banyak kinerja komputer hingga berbayar. Terdapat 10 antivirus gratis rekomendasi dan patut dilirik oleh Anda semua.

Dilansir oleh PC Media selaku penguji antivirus gratis ini. Pengujian didasarkan pada tingkat pendeteksian terhadap 50 malware zero day.
Berikut urutan Antivirus terbaik dalam mendeteksi Malware Versi PC Media:

1. Avira Anti Virus. Aplikasi antivirus yang sudah ada sejak tahun 1986 dan bermarkas di Jerman ini memiliki logo khas yaitu seperti payung dan didominasi warna merah. Avira memiliki file instaler berukuran 212 MB. 
Versi Program pengujian 15.0.17.273.
Versi database 8.12.104.176.
Pendeteksian berhasil berjumlah 36 file.
Rasio pendeteksian 72%
avira antivirus gratis

2. AVG Antivirus. Memiliki desain identik hijau. Awalnya dibuat di Ceko tahun 1991 dan berpusat di Belanda. Memiliki file instaler 249MB dengan ciri khas proses instal yang sangat lama.
Versi Program Pengujian 16.91.7688
Pendeteksian berhasil berjumlah 35 file
Rasio pendeteksian 70%
avg antivirus free

3. Avast Antivirus. Identik dengan warna orange jeruk. Antivirus ini berpusat di Ceko seperti AVG. Memiliki ukuran file 211MB. Antarmuka dari Avast sangat simple dan mudah digunakn merupakan faktor tersendiri yang ditawarkan.
Versi Program 12.1.2272
Versi Database 160711-1
Pendeteksian berhasil berjumlah 32 file.
Rasio pendeteksian 64%
avast antivirus free

4. Dr. Web. Antivirus satu ini mungkin tidak sepopular tiga sebelumnya. Buatan Rusia dan dirilis pertama kali pada tahun 1992 dengan kelebihan memiliki anti spam. Ukuran file instaler hanya 130 Mb. Dr.web tidak memiliki menu untuk update. Kemungkinan kemampuan update secara otomatis.
Versi Program 11.0
Pendeteksian berhasil berjumlah 30 file
Rasio pendeteksian 60%
dr. web antivirus free

5. Bitdefender Antivirus. Salah satu antivirus gratis yang enginenya banyak dipakai oleh antivirus lain. Dikembangkan di Rumania sejak tahun 2001. Memiliki file instaler yang cukup besar yaitu 310MB. Kelemahan dari antivirus ini yaitu proses update yang lama.
Versi program 1.0.21.1109
Pendeteksian berhasil berjumlah 18 file
Rasi Pendeteksian 36%
bitdefender antivirus free

6. Panda Antivirus. Memilik antarmuka putih dan rapi membuat nyaman pengguna. Berasal dari Spanyol sejak tahun 1990 dengan ukuran file instaler sebesar 64MB.
Versi program 16.1.3
Pendeteksian berhasil berjumlah 18 file
Rasio pendeteksian 36%
panda antivirus free

7. Malwarebytes Anti-Malware. Dirilis pada tahun 2008 di Amerika Serikat. Fokus deteksi pada malware tetapi memiliki kekurangan dalam kualitas scan yang sangat lama walaupun hanya scan file kecil. File instaler sebesar 21MB.
Versi program 2.2.1.1043
Versi database v2016.07.12.03
Pendeteksian berhasil 17 file 
Rasio pendeteksian 34%
Malwarebytes Anti Malware Free

8. Comodo Antivirus. Antivirus dengan file instaler sebesar 165MB dengan file update sebesar 249MB. Comodo Antivirus dibuat oleh perusahaan yang menjual SSL digital certificates. Memiliki tampilah yang warna-warna sperti putih, hijau, hitam, dan orange.
Versi program 8.4.0.5076
Versi database 25427
Pendeteksian berhasil berjumlah 9 file
Rasio pendeteksian 18%
comodo antivirus free

9. Baidu Antivirus. Antivirus dari negara cina yang dimiliki oleh perusahaan dengan layanan yang banyak seperti search engine. Baidu antivirus resmi dipublikasikan pada tahun 2013. File instaler berukuran 166 MB dengan antarmuka yang sangat simple warna dominan biru.
Versi program 5.4.3.148966
Versi database 7/12/2006
Pendeteksian berhasil berjumlah 2 file
Rasio pendeteksian 4%
baidu antivirus free

10. Shopos Antivirus. Antivirus yang dikembangkan semenjak 1985 di Inggris. Memiliki ukuran file 187 MB dengan proses instalasi yang mengharuskan terhubung ke internet dan tidak ada custom scan, jadi harus scan semua.
Versi Program 1.0.5
Pendeteksian berhasil berjumlah 1 file
Rasio pendeteksian 2%
shopos antivirus free

Jadi hasil kerja 10 antivirus gratis dalam menscan 50 malware terlihat bahwa antivirus gratis 5 tertinggi adalah yang sudah terkenal dan banyak dipakai oleh konsumen. Avira, Avast, dan AvG adalah perushaaan antivirus yang sudah militan dengan berbagai update cepat dan ringan. Sebenarnya dengan pencapaian Avira dalam menscan malware paling bagus tidaklah mengherankan karena antivirus satu ini sangat up to date dan simple.

Melalui daftar ini Anda sebagai konsumen memiliki referensi untuk menentukan antivirus gratis terbaik demi sistem komputer kesayangan. Dalam hasil ini banyak faktor yang mentukan selain tingkat deteksi yang tinggi ada juga false positive terendah, penggunaan kinerja sistem yang digunakan, kecepatan scanning, fitur real time protection, kemampuan permbersihan malware dan lain-lain.

Yang pasti ketika memiliki antivirus Anda harus sering update berkala. Update bisa dilakukan otomatis ataupun manual. Sebagus antivirus kalau tidak pernah di update sama juga bohong! wkwkwkwk 

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...