Malware Ransomware Menyerang Komputer Mac

ransomware serang komputer mac

Ibnuwajak.id – Lagi-lagi ransomware. Baru saja ransomware merasuki sistem linux sekarang mengincar sistem Mac. Walaupun Mac menjadi incaran tetapi Windows tetaplah incaran utama karena pengguna terbanyak ada pada windows.

Saat ini Ransomware adalah malware yang paling banyak ditakuti oleh pengguna internet dan sistem komputer karena kemampuannya mencuri data-data korban dan meminta uang tebusan yang tidak sedikit. Ransomware as a Service adalah salah satu yang paling ditakuti karena siapa saja bisa membuat Ransomware jenis ini.

Serangan ke komputer Mac adalah Ransomware as a service generasi pertama. Raas sebelumnya juga terkenal akan serangannya melalui email spam tetapi untuk kasus di Mac ini penyebarannya melalui celah keamanan pada sistem operasisnya dikutip dari Pcmedia.

Weleh-weleh Raas untuk Mac ternyata memiliki nama tersendiri yaitu MacRansom. MacRansom sama dengan Ransomware yang lain yaitu memita tebusan korban dalam bentuk bitcoin dengan jumlah 0.25bitcoin atau $670 supaya data pengguna dapat dikembalikan. Efek terburuk apabila tidak memenuhi tebusan itu file-file pengguna jika sudah lewat satu minggu akan dihabus.

Penjelasan Ladislav Zezula dari Avast yang dikutip dari Pcmedi menyatakan bahwa varian ransomware baru yang menargetkan Mac bukanlah yang mengejutkan mengingat sudah mulai banyak beredar ransomware open source dan pembuatan Malware di Forum Hacking,.

Zezula juga menghimbau jika siapa saja atau setiap orang tanpa kemampuan programming dapat memanfaatkan RaaS untuk terjun ke dunia kejahatan cyber serta penjualan malware pun juga menjadi bisnis ilegal yang menguntungkan.

Walaupun pengguna Mac adalah kaum minoritas tetapi seiring perjalannan waktunya perlu untuk mewaspadai serangan ini karena bisa menjadi Bom waktu seiring terus berkembangnya varian baru dari ransomware.

Setelah linux milik perusahaan Nayan di Korea Selatann diserang sekarang pihak Mac juga mendapat ancaman. Walaupun begitu kita sebagai pengguna sistem operasi Windows harus lebih waspada karena Windows adalah sistem operasi paling banyak dipakai didunia.


Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...