11 Fitur Tersembunyi WhatsApp, patut dicoba

fitur whatsapp

Ibnuwajak.id – Ternyata fitur tersembunyi WhatsApp masih banyak. Sebagai social chat atau instan messagging pengganti sms ini menyimpan beragam fitur tersembunyi. Banyak pengguna yang belum mengetahui.

Padahal aneka fitur-fitur tersembunyi Whatsapp bisa membuat kondisi chat semakin seru dan berwarna salah satunya kemampuan menulis tebal tipis dan garis bawah.

Maka dari itu inilah 11 fitur tersembunyi WhatsApp yang patut kalian coba satu persatu.

1.Format pesan sesuai keinginan

Whats bisa menulis dalam kondisi bold/tebal, italic/miring, atau strike through/garis tengah teks. Untuk membuat tulisan seperti tebal, miring atau garis tengah teks hanya memerlukan sepasang tanda di depan dan belakang teks.

Jika ingin menulis bold/tebal di WhatsApp bisa menggunakan asterik/bintang depan belakang * kata * menjadi kata, teks italik atau teks miring gunakan garis bawah _kata_ menjadi kat, sedangakan menulis strikethrough atau garis tengan teks gunakan tanda tildes atau melayang  ~kata~ menjadi kata

2. Bintang pesan

WhatsApp salah satau tempat paling mudah untuk share link. Untuk menandai pesan tersebut gunakan pesan bintang yang akan memudahkan kembali ke nomer telpon, alamat atau link dari artikel yang dikirim teman kita seperti halnya menjadikan pesan tersebut favorit. Tekan dengan lama pesan tersebut, kemudian klik ikon bintang.

3. Melihat Percakapan yang sering dilakukan

Ingin tahu siapa yang sering berbicara denganmu? Lakukan langkah ini bagi pengguna iOS Settings > Data and Storage Use > Storage Use. Sebuah list kontak yang paling popular, supaya mengetahui yang paling sering menggunakan tempat penyimapann. Tap setiap kontak untuk melihat lebih detail status seperti nomor atau pesan yang diganti, atau gambar.

Pengguna Android masuk Ke Settings > Chat > Chat History > Email Chat

4. Mendapatkan Detail Pesan

Kita mungkin pernah pertanya jam berapa pesan terkirim atau terbaca? Bagi pengguna WhatsApp di iPhone dan Android ini tidak lah sulit. Di iPhone kita bisa menggeser pesan yang dikirim ke kiri untuk melihat status. Sedangakan di Android pengguna hanya perlu menekan lama pesan,  kemudian ketuk pilih info di atas layar.

5. Percakapan Senyap atau Mute a Conversation

Saat menonton film atau rapat, jika kondisi percakapan di WhatsApp berbunyi tentu sangat mengganggu. Jadi fitur senyap atau diam sangat berguna disaat kita sedang sibuk atau ada acara penting.

Pengguna Android bisa menekan lama pada percakapan WhatsApp, kemudian ketuk ikon speaker di atas layar, Sedangakan pengguna WhatsApp di iPhone  butuh membuka percakapan, kemudiap ketuk pada kontak atau nama group di atas layar yang dilanjutkan dengan mute.

Fitur Senyapa Whats memiliki rentang waktu dari 8jam hingga 1 tahun. Dalam keadaan senyap notifikasi bisa diaktifkan ataupun bisa dinonaktifkan.

6. Menyembunyikan Status yang Terakhir Dilihat

Kita tidak ingin teman atau orang lain tahu percakapan terakhir kita. Maka Fitur WhatsApp ini bisa dicoba. Buka Settings > Account >Privacy > Last Seen. WhatsApp menyediakan pilihan: Everyone, My Contacts, Nobody.

7. Nonaktifkan Tanda Baca Terima

Fitur satu ini yaitu menonaktifkan tanda baca bahwa pesan telah diterima. Ini akan mencegah sesama pengguna dari yang mengetahuimu sudah membaca pesan.
Buka Settings > Account >Privacy dan Uncheck kota next to Read Receipts.

8. Tidak Menyimpan Foto dan Video secara Umum
Jika kita tidak memiliki memory yang cukup untuk menyimpan foto atau video. Fitur WhatsApp satu ini wajib diaktifkan karena bisa digunakan untuk membatasi foto atau video yang masuk.
Pengguna iPhone, Buka Settings > Chats and Turn Save untuk Media Off.
Pengguna Android, buka Settings > Data usage> Network usage >Media autodownload klik satu persatu dan uncek semuanya.

9. Menggunakan WhatsApp di Computer

Fitur WhatsApp yang sudah ada lama ini masih jarang sekali dimanfaatkan oleh orang-orang karena kebanyakan orang menggunakan WhatsApp dari Smartphone. Tetapi bisa dimanfaatkan melalui komputer sembari  browsing. Selain itu dengan Chatting melalui komputer layarnya lebih luas.
Cara menggunakan cukup melakukan menyecan QRCode pada WhatsApp
.

10. Mengatur Notifikasi Setiap Kontak

Benar, Fitur WhatsApp Notifikasi sudah ada tetapi jika kita ingin membuat notifikasi untuk seseorang spesial bisa. Fitur notifkasi ini bisa untuk per orang. Jadi kalian bisa mengatur suara pesan untuk Kontak A, Kontak B.

Pengguna Android cukup ketuk pojok kanan atas layar WhatsApp pilih View Contact > Custom Notifications.

Pengguna iPhone, ketuk nama kontak yang dipilih ketika menampilkan percakapan kemudian klik Customs Notifications.

11. Export Percakapan

Sudah jelas Fungsi dari fitur WhatsApp ini yaitu menyimpan percakapan lain wkatu. Bagi pengguna Android klik pojok kanan atas pilih More > email chat.

Pengguna iPhone bisa menampilkan percakapan terlebih dahulu, ketuk kontak pada atas layar, kemudian geser ke bawah halaman kontak info dan pilih export chat.

Kesimpulannya memang banyak fitur tersembunyi WhatsApp yang jarang untuk dimaksimalkan, salah satunya tanda notifikasi atau tanda pemberitahuan tidak hanya untuk satu group tetapi juga bisa digunakan untuk per kontak. Sahabat ibnuwajak silahkan mencoba fitur tersembunyi WhatsApp diatas.


Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...