Baru Bisa Posting

Sahabat ibnuwajak mohon maaf beberapa hari ini tidak bisa posting secuil artikel apapun, karena kesibukan hari raya idul fitri. Maklum di kota kecil dan di pedesaan suasan berkunjung silaturahmi ke rumah saudara dan tetangga masih sangat kental.

Semenjak awal idul fttri hari minggu 25 Juni ibnuwajak tiada hari tanpa silaturahmi mengunjungi sanak saudara. Hari Jumat tanggal 30 Juni baru bisa posting artikel.

Kehidupan lebaran idul fitri di kota kecil berlangsung selama satu minggu penuh bahkan sampai habis bulan syawal. Apalagi lebaran ini bertepatan dengan libur sekolah otomatis liburannya dobel-dobel wkwkwkwkwkwkwkwkwk.

Sahabat ibnuwajak lebaran tahun ini berlibur kemana saja? Pasti ke tempat wisata dan bersilaturahmi ke rumah sanak saudara dan tetangga.

Apabila sahabat ibnuwajak berlokasi di Kabupaten Tulungagung monggo mampir ke kediaman Ibnuwajak sekalian nambah saudara. Wkwkwkwkwk

Ini postingan awal setelah hampir tiga hari tidak posting berita atau info yang bermanfaat.

Terima Kasih sekali pengunjung setia yang telah mengawasi dan menunggu update terbaru seputar informasi dunia teknologi terkini.

Ransomware Mulai Serang Linux

ransomware serang linux

Ibnuwajak.id – Banyak spekulasi jika ransomware hanya menyerang Sistem Operasi Windows tetapi ternyata itu salah saat ini ransomware mulai menyerang Linux.  Bukti serangan pada linux ditemukan di salah jasa penyedia web hosting asa Korea Selatan. 

Pihak Nayana pun juga sempat mengirimkan sejumlah uang sebesar 1,2 millian won atau US$ 1juta kepada pelaku dalam bentuk bitcoin. Dalam sejarah tebusan ke pihak penyusup ransomware ini merupakan tebusan terbesar sepanjang masa.

Berdasarkan Ars Technia, sebenarnya pihak Nayana meminta tebusan sebesar 5 miliar won atau US$4,4 juta. Tetapi pihak Nayana bisa bernegosiasi sehingga permintaan tebusan bisa dikurangi. Untungnya pihak nayana berhasil mendapatkan akses ke sistem dan mengembalikan data-data mereka. Terdapat 153 server berbasis linux dan 3400 situs milik pelanggan yang mendapat serangan. 

Berdasarkan blog perusahaan Nayan disebutkan bahwa “proses pemulihan ini sangat sulit dan membuat frustasi, tetapi kami benar-benar melakukan yang terbaik agar semua server bisa berjalan normal lagi.

Jenis Ransomware yang menyerang adalah Erebus dimana sebenarnya hanya menyerang sever windows, tetapi telah dimodifikasi sehingga bisa bekerja di sistem linux.

Penyebab sistem linux bisa disusupi karena berdasarkan TrendMicro, web hosting dari Nayana sebernarnya dalah sistem operasi linux versi lama sehingga banyak sekali celah keamanan yang mudah disusupi.

Kita bisa ambil pelajaran bahwa seiring berjalannya malware ransomware tentu pembuat sistem operasi juga akan terus menambal sistem keamanannya sehingga sangat disarankan bagi pengguna industri untuk terus memperbaharui sistem keamannannya.

Malware Ransomware Menyerang Komputer Mac

ransomware serang komputer mac

Ibnuwajak.id – Lagi-lagi ransomware. Baru saja ransomware merasuki sistem linux sekarang mengincar sistem Mac. Walaupun Mac menjadi incaran tetapi Windows tetaplah incaran utama karena pengguna terbanyak ada pada windows.

Saat ini Ransomware adalah malware yang paling banyak ditakuti oleh pengguna internet dan sistem komputer karena kemampuannya mencuri data-data korban dan meminta uang tebusan yang tidak sedikit. Ransomware as a Service adalah salah satu yang paling ditakuti karena siapa saja bisa membuat Ransomware jenis ini.

Serangan ke komputer Mac adalah Ransomware as a service generasi pertama. Raas sebelumnya juga terkenal akan serangannya melalui email spam tetapi untuk kasus di Mac ini penyebarannya melalui celah keamanan pada sistem operasisnya dikutip dari Pcmedia.

Weleh-weleh Raas untuk Mac ternyata memiliki nama tersendiri yaitu MacRansom. MacRansom sama dengan Ransomware yang lain yaitu memita tebusan korban dalam bentuk bitcoin dengan jumlah 0.25bitcoin atau $670 supaya data pengguna dapat dikembalikan. Efek terburuk apabila tidak memenuhi tebusan itu file-file pengguna jika sudah lewat satu minggu akan dihabus.

Penjelasan Ladislav Zezula dari Avast yang dikutip dari Pcmedi menyatakan bahwa varian ransomware baru yang menargetkan Mac bukanlah yang mengejutkan mengingat sudah mulai banyak beredar ransomware open source dan pembuatan Malware di Forum Hacking,.

Zezula juga menghimbau jika siapa saja atau setiap orang tanpa kemampuan programming dapat memanfaatkan RaaS untuk terjun ke dunia kejahatan cyber serta penjualan malware pun juga menjadi bisnis ilegal yang menguntungkan.

Walaupun pengguna Mac adalah kaum minoritas tetapi seiring perjalannan waktunya perlu untuk mewaspadai serangan ini karena bisa menjadi Bom waktu seiring terus berkembangnya varian baru dari ransomware.

Setelah linux milik perusahaan Nayan di Korea Selatann diserang sekarang pihak Mac juga mendapat ancaman. Walaupun begitu kita sebagai pengguna sistem operasi Windows harus lebih waspada karena Windows adalah sistem operasi paling banyak dipakai didunia.


Ibnuwajak dan Keluarga Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438H

Perjuang sebulan penuh menahan lapar, hawa, nafsu telah terlewati dan Hari Kemenangan telah tiba. Ibnuwajak dalam memberikan informasi seputar teknologi pasti tidak luput dari tulisan ataupun kata yang tidak enek dihati pembaca semua.

Selama hidup manusia tidak luput dari kesalahan. Maka dari itu semoga di Hari Kemenangan dan hari-hari berikutnya ibnuwajak bisa memberikan informasi yang lebih menarik dan informatif untuk sahabat semua

Ibnuwajak dan Keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1938 Mohon Maaf Lahir dan Bati

idul fitri

50 + Lubang Di Jalan Desa Junjung Belum Diperbaiki

Ibnuwajak.id – Bolo-bolo Tulungagung siapa yang sering melintas di jalur pertigaan Wajak Kidul ke arah kalidawir dimana nanti akan sampai dipertigaan POM/SPBU Podorejo? Angkat tangan.  Bro dan Sis resah gak kalau liwat jalanan situ?apalagi waktu malam hari tanpa penerangan yang memadai. Ibnuwajak kapan hari melakukan penyisiran sambail mengabadikan jumlah lubang yang ada. Kalau dihitung lebih kurang ada 50  dengan kombinasi lubang yang variasi.
lubang besar di jalan kabupaten Tulungagung
Lubang besar yang memakan setengah jalan raya

Variasi lubang ini rata-rata jalan amblas di bagian kanan jalan atau dekat sawah. Yang terpasar yaitu saat depan Kantor desa Junjung ke timur dimana jalan ini berlubang luas dengan kondisi yang sangat mengkhawatirkan karena lubang jalan sampai memakan setengah jalan. 

Kondisi perjalanan pada siang hari mungkin tidak terlalu bermasalah tetapi saat malam hari jalan ini sangat menggagu karena tidak terlihat jelas walaupun teman-teman dari Info Cegatan Tulungagung sudah menandai dengan cat putih. Kondisi jalan ini semakain mengkhawatirkan disaat antara kendaraan besar seperti truk dan mobil berpasan tepat di lubang besar karena truk kadang harus berhenti mendadak ataupun mobil yang harus berhenti mendadak. Kondisi lubang ini sudah memakan setengah jalan otomatis lebar jalan menjadi setengah. Bayangno cah lek bengi mesti ketir-ketir lewat jalan itu.

Mungkin supaya lebih jelas dan gamblanga berikut penelusuran ibnuwajak pada 27 Mei 2017 pagi hari. Ibnuwajak memulai perjalanan dari pasar wajak kidul ke timur sampai depan SD wajak terdapat lubang yang sudah ditambal tetapi tambalan itu sudah mulai rusak. Berlanjut sampau pertigaan tikungan tajam. Kita bisa melihat di tikungan dalam bagian kanan jalan mulai mengelupas dan dalam.
Ekspedisi mulai lanjut di jalan bertikung ditepi sungai wajak kidul. Dibagian kiiri jalan ada jalan amblas berlanjut sampai depat ruko-ruko dimana kerusakannya semakin parah dan mempersempit jalan. Terparah pada tikungn akhir ruko karena kerusakan disis kanan kiri jalan dengan kedalaman mencapai 10cm. Bisa dibayang orang-orang harus mengerem dadakan supaya tidak terganggu.

Disi ibnuwajak agak malu-malu karena bukan siapa-siapa kok berani-beraninya motret jalan rusak tanpa ada tujuan jelas. Ditikungan akhir ruko-ruko pasti siapa saja yang sering lewat situ akan teras terganggu karena bagian dalam tikungan sudah rusak dan berpasir sehingga sangat berbahaya jika belok kecepatan tinggi ataupun kondisi Ban sedang tipis. Sangat mengkhawtirkan dari arah berlawanan apabila kendaraan besar karena harus pelan-pelang dan disamping dengan ruko jalanan berlubang luas dan dalam sangat menggangu.

Berlanjut lagi disi kanan jalan amblas sepanjang 2 meteran.kemudian ditemukan lagi sampai depan pertigaan jembatan depan Kantor Desa Junjung dimana kondisi jalnnya semakin parah padahal baru saja jalan ini diperbaiki. Apa mungkin efek hujan beberapa bulan lalu dengan kondisi aspal tergenang ditambah sering dilewati kendaraan bermuatan lebih. 

Mulai pertigaan ini sampai tikungan jalan sangat parang. Karena luas lubang dan dalamnya lubang sampai memakan setengah jalan. Ibnuwajak dijalan ini sempat kuwalahan jika malam hari naik mobil atau motor karena sedikit penerangan ditambah kondisi jalan sangat parah. Jika kita lewat sini waktu hujan sunggu sangat menyiksa.

Ibnuwajak melihat inisiatif warga terhadap jalan ini yaitu menembel dengan tanah atauun tanah kapur sehingga sekitar jalan menjadi putih-putih begitu. Pokoknya sepanjang tikungan dekat sungai wajak kidul sampai tikungan atau jalan berleok yang ada ruko-ruko orang berjualan bakso jalannya parah.

Setelah tikungan ruko jalannya ternyata juga sangat parah karena sudah tikungan jalan amblas hampir setengah jalan ditambah gelap. Otomoatis pengedara dari berlawanan arah harus mengurangi kecepatan secepatnya. Bahkan sampai ditambah tanda besi besar supaya orang lebih waspada.

Tidak berhenti diistu sampai diperembapat dekat pasar dadakan arah goa pasir jalan rusak hampir disetiap pojok jalan.

Sungguh jalan disinis angat mengkhawatirkan karena semakin lama semakin luas dan dalam. Apakah sekarang sudah diperbaiki mengingat besok tanggal 25 Juni sudah Idul Fitri. Semoga saja pemerintah Tulungagung membaca dan ngeh terhadap kerusakan jalan ini. Jika jalan didaerah ini sudah diperbaiki Alhamdulillah.

Apabila jalan didaerah desa junjung sampai pertigaan podorejo ini belum diperbaiki silahkan share artikel ini kesesama warga Tulungagung atau Jasa Marga supaya segera diperbaiki.  

<<<Monggo Share Jika Bermanfaat>>>

























































































loading...