Cara mengatasi layar laptop berkedip setelah ganti layar

cara mengatasi layar laptop berkedip

Ibnuwajak.id - Cara mengatasi layar laptop berkedip setelah ganti layar. Permasalahan layar laptop berkedip mungkin sebagian teknisi sudah pernah atau mengalami. Apalagi untuk laptop keluaran terbaru. Laptop terbaru memiliki bentuk lebih tipis dibanding laptop lama maka dari itu layarnyapun juga tipis alias slim. Permasalahan seperti ini berbeda dengan kasus layar bergaris atapun layar pecah yang mengharuskan mengganti layar.

Ibnuwajak mendapatkan kasus dari pelanggan yang datang ke Ibnu Computer dengan keluhan layar laptop berkedip lap –lap tersendiri untuk beberapa waktu ketika sudah masuk sistem operasi. Laptop pelanggan menggunakan sistem operasi windows 8. Kata pelanggan laptopnya baru saja ganti layar. Beberap tukang servis laptop yang sudah dikunjungi oleh pelanggan mengatakan jika layarnya bekas yang dipasang.... aduh kasihan, padahal menurut pelanggan layarnya baru.

Laptop pelanggan Acer E5-471G-30TE


Identifikasi Layar Laptop berkedip

Dalam identifikasi layar laptop berkedip untuk pertama kali masuk windows jika bisa berarti kondisi laptop masih baik. Coba buka windows explorer dan beberapa aplikasi ternyata layar berkedip hitam selayaknya laptop akan pindah ke mode senyap atau mode sleep. Ibnuwajak akhirnya memutuskan
  • Masuk BIOS dan ternyata layar laptop tidak berkedip, ini menunjukkan kalau layar laptop tidak bermasalah.
  • Uji dengan masuk windows melalui aplikasi Hiren’Boot Ternyata kondisi layar laptop berkedip tidak ditemukan.
  • Masuk Safemode ternyata layar laptop juga tidak ada masalah.

Berfikir lagi tentang masalah terkait maka keputusan terjadi pada software di windows. Sebelum melakukan instal ulang ibnuwajak mengupdate dulu driver laptop tetapi masalah sudah mulai berkurang. Keputusan Final Instal ulang laptop dengan Windows 8.1. Kenapa tidak windows 8??? Karena dengan menginstal Windows 8.1 maka driver serta aplikasi didalamnya akan terupdate dan otomatis meningkatkan kestabilan. Setelah Instal ulang selesai lakukan seleksi driver untuk laptop bisa download terbaru di website resmi pembuat laptop. karena kadang kondisi layar laptop berkedip akan muncul setelah instal driver...

Setelah 2 Jam kondisi sudah terinstal sempurna antara windows dan driver hardware. Laptop tidak mengalami kondisi berkedip. Melakukan pengujian dengan menonton film serta sering membuka windows explorer Alhamdulillah kondisi layar laptop berkedip tidak ditemui lagi.

Kesimpulannya, apabila layar laptop terjadi gejala berkedip setelah melakukan penggantian layar dan instal ulang itu mendakan ada driver atau aplikasi yang belum terinstal sempurna. Jika langkah-langkah mudah ini sudah dilaksanakan berarti permasalahan terdapat pada hardware layar bahkan bisa pada hardware laptop seperti motherboard.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara mengatasi layar laptop berkedip setelah ganti layar

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...