5 Hal Dasar Virus Ransomware WannaCry Yang Wajib Diketahui

Virus Ransomware WannaCry

Ibnuwajak.id – 5 Hal Dasar Virus Ransomware WannaCry Yang Wajib Diketahui. Beberapa hari ini dunia telah dihebohkan oleh virus Ransomware WannaCry dimana target operasinya adalah instansi pelayanan publik. Sekitar 99 negara di dunia diserang oleh virus ini. Di Indonesia virus Ransomware WannaCry terdeteksi pertama kali menyerang RS. Dharmais-Jakarta.

Virus Ransomware WannaCry bersifat mengambil data komputer korban dan meminta tebusan sejumlah uang yang tampil di komputer yang sudah terinfeksi. Cocok dengan nama virusnya yaitu WannaCry “ingin menangis”. Dengan menyandera data tentu pemilik komputer akan menangis dan kebingungan.

Namun supaya saat bekerja kita tidak was-was memang sebaiknya mengenal lebih jauh tentang Virus Ransomware WannaCry.

Apa itu WannaCry?

WannaCry merupakah sebuah Ransomware atau Malware yang dibuat oleh hacker ditujukan untuk menyerang sistem komputer melalui celah keamanan pada Operating Sistem,(Windows). Setelah Komputer terinfeksi Ransomware WannaCry maka data didalam komputer akan dicuri dan dikunci. Ada beberapa tampilan awal apabila terinfeksi Ransomware WannaCry yaitu Dekstop Windows akan berubah menjadi hitam dengan petunutk berwarna merah besar. Selain Dekstop warna hitam akan muncul tampilan berwarna merah yang bertuliskan tentang pengguna diharuskan mengirimkang uang sejumlah 300USD dalam bentuk Bitcoin, apabila pengguna tidak mengirim maka data yang telah dicuri akan di hapus.

Cara Kerja Ransomware WannaCry

Cara kerja Ransomware WannaCry dengan mengeksploitasi celah keamanan pada sistem operasi windows  yaitu celah ms017-010. Penyebaran melalui jaringan Internet dan bisa juga dari flashdisk apabila flashdisk dimasukkan pada komputer yang sudah terkena ransomware. Penyebaran ransomware bersifat masih melalui link-link beracun yang tersebar diberbagai situ/website saat pengguna sedang melakukan browsing ataupun melalui spam ke email. Di Email pengguna akan menemukan link, apabila link tersebut diklik maka akan otomatis ransomware terunduh dan terinstal otomatis. Kemudian data pada komputer akan dicuri dan diubah enkripsinay(sandi). Setelah, penyerah akan mengirim pesan meminta tebusan.

Cara Mencegah Ransomware WannaCry

Virus ransomware WannaCry yang menyerang melalui sistem keamanan windows ms017-010, maka microsoft menyarankan untuk menginstal Patch keamanan terbaru untuk Sistem Operasi Windows. Instal antivirus yang paling update bagi pengguna operating sistem lama seperti Windows Xp dan Vista serta instal patch khusus untuk Windows Xp, Windows Server 2003, dan Windows 8 melalui link ini. Bakcup data-data penting sebelum terkontaminasi WannaCry. Hindari penggunaan akses jaringan internet client server. Hati-hati dalam browsing didunia maya dan membuka pesan email yang tidak dikenal.  

Berikut Cara Mencegah seperti Anjuran Kominfo
1. Cabut Sambungan LAN dan matikan WI-FI komputer
2. Update Patch Keamanan Terbaru untuk Sistem Keamanan Windows
3. Jangan Mengaktifkan Fungsi Macros (fungsi pemrograman)
4. Non aktifkan fungsi SMB V1.
5. Blokir Port 139/445 dan 3389
6. Update software Anti-virus dan Anti-Ransomware
7. Selalu Backup File Penting di komputer ke tempat penyimpanan yang tidak terhubung akses internet.

Perlukah membayar Uang supaya data kembali?

Pengguna yang sudah terinfeksi tidak perlu membayar seperspun uang tebusan karena kebanyakan korban tidak akan dikembalikan datanya

Solusi jika sudah terinfeksi

Jika sudah terinfeksi jangan menghapus data yang hilang karenasiap tahu kemudian hari akan ada antivirus atau penawar untuk ransomware wannaCry

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...