5 Cara Mudah Mengatasi Error 5100 Pada Printer Canon Semua Tipe

5 Cara Mudah Mengatasi Error 5100 Pada Printer Canon  Semua Tipe

Ibnuwajak.id - 5 Cara Mudah Mengatasi Error 5100 Pada Printer Canon Semua Tipe. Error 5100 sering terjadi pada hampir semua printer canon dari IP2770, MP287, MP237, MX397, MP258, MP280, Kode Error 5100 muncul di layar komputer dengan kondisi gampar printer warna merah disaat kita akan melakukan pencetakan. Sebelum terjadi error 5100 biasanya printer tidak menunjukkan gejala kerusakan sama sekali tetapi setelah akan dilakukan pencetakan akan muncul. Cara mengetahui Error 5100 bisa dilihat dari lampu di printer dimana warna kuning berkedip bergantian 1x dengan lampu power warna hijau.

Ibnuwajak menulis artikel 4 Cara Mudah mengatasi error 5100 berawal dari rata-rata pelanggan Ibnu Computer printernya karena tidak bisa mencetak dimana sebelumnya bisa dan muncul tulisan di layar komputer atau laptop Error 5100. Maka dari itu untuk mempermudah pengerjaan ibnuwajak akan merangkum cara mengatasi sekaligur perbaikannya atau solusinya.

Setelah muncul error 5100 maka matikan printer untuk sementara waktu dan nyalakan kembali kemudian lakukan pengetesan dengan mencetak satu lembar kertas. Apabila Error 5100 masih muncul ini penyebab-penyebab kerusakannya:
  • Error 5100 karena selang infus( jika printer di infus) tidak berjalan normal atau mengganggu pergerakan katrit akibat dari pengaturan selang yang kurang baik.
  • Error 5100 karena chip katrid atau kuningan penghubungkatrid dengan printer kotor akibat dari katrit bocor.
  • Error 5100 karena kemasukkan benda asing biasanya krikil ataupun kertas atau benda yang mengganggu pergerakan
  • Error 5100 karena ada gigi komponen penggerak yang aus atau pecah.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab error 5100, maka berikut cara mengatasi
Perlu diketahui sebelum memmperbaiki  matikan printer terlebih dahulu. Jika perlu cabut kabel powe lisrik dan kabel USB dari printer supaya tidak terkena sengatan listrik.
  1. Cara mengatasi error 5100 pada printer canon karena selang infus. Setelah mematikan printer buka printer cek pergerakan selang apakah normal atau tidak. Jika tidak normal atur ulang supaya selang infus bisa bergerak normal dan tidak mengganggu. Apabila anda tidak bisa mengatur selang karena pemasangan saat beli sulit bisa di bawa ke tukang servis printer.
  2. Cara mengatasi error 5100 pada printer canon karena chip pada katrit kotor. Matikan printer atau bisa tidak mematikan karena dengan membuka penutup printer biasanya katrid sudah bisa berjalan sendiri ke tengah seperti saat mau mengganti katrit. Lepas katrit dari tempatany apabila kuningan kecil-kecil penghubung kotor atau tidak terlihat maka lakukan permbersiha dengan cara membeli pembersih katrid atau alkohol dan bisa juga air mineral kemudian basahi tisu dan bersihkan pada kuningan yang kotor. Setelah bersih dan kering bisa dicoba terus di tes.
  3. Cara mengatasi error 5100 pada printer canon karena printer kemasukan benda asing. Matikan printer, ambil obeng plus. Lakukan pembukaan casing. Sebelum membuka lepas selang infus dan tempat tinta supaya tidak mengganggu saat melepas casing. Apabila kotor ambil kuas dan bersihkan sekaligus identifikasi apakah ada benda yang mengganggu printer.
  4. Cara mengatasi Error 5100 pada printer canon karena ada gigi komponen rusak. Langkah pengerjaan seperti pada saat indentifikasi  kerusakaan karena benda asing.
  5. Cara mengatasi error 5100 pada printer canon yang terakhir apabila anda adalah orang awam dan tidak sempat memperbaiki maka bawa ke tukang servis printer terdekat dan terpercaya di kota anda.


Itulah cara mengatasi error 5100 pada printer canon semua tipe. Karena mayoritas kerusakan error 5100 sama antara printer canon satu dengan yang lain. Bermanfaat??? Silahkan memperbaiki.

Terima kasih sudah membaca artikel 5 Cara Mudah Mengatasi Error 5100 Pada Printer Canon Semua Tipe. Untuk wilayah Kabupaten Tulungagung dan sekitar memiliki keluhan printer bisa dibawa Ke IBNU COMPUTER, PHONE/SMS/WA 081335587039.



Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...