Perjalanan AMD Perusahaan Processor Tenar

amd processor
Ibnuwajak.id – AMD merek dagang processor saingan Intel sejak tahun 1969 hingga sekarang. Sebagaian orang mungkin tidak tahu apa itu AMD, maklum karena dipasaran komputer lebih terkenal merek Intel. AMD adalah penyuplai processor untuk komputer terbesar kedua setelah Intel. Kepanjangan AMD adalah Advanced Micro Device

Jerry Sanders adalah orang terkenal dibalik kemunculan processor AMD. Perusahaan semikonduktor ini bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Markas utama bertugas menangani pengembangan processor komputer dan teknologi untuk pasar konsumen dan komersial.Produk-produk yang dihasilkan adalah mikroprocessor/ processor, Chipset, Motherboard. 

Pada Awal perusahaan berdiri di tahun 1969, AMD bermodal $ 100.000, tentu ini jumlah yang sangat besar bukan??? Pada saat itu. Setelah setahun berselang AMD menelurkan produk processor pertamanya yaitu, logic counter Am2501. Atas jasa logic counter Am2501 perusahaan AMD pada tahun 1972 berani go-public alias ikut bursa saham.
Processor AMD

Pada tahun 1979 AMD masuk bursa saham New York  sehingga produksi dilakukan di  prabrik baru yang berada di Austin, Texas, Amerika Serikat. Masuk tahun 1982 AMD mendapat kontrak untuk menjadi pemasok sekunder processor mikro PC Intel untuk IBM. Berkat kontrak ini AMD mendapat lisensi dari intel untuk memproduksi mikroprocessor 8086 dan 8088, hingga akhirnya memproduksi processor baru bernama Am286. Gerak cepat AMD mengantarkannya masuk daftar “100 Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Amerika ditahun 1984.

Tahun 1986 Tanpa sebab yang jelas Intel memutus kontrak dengan AMD sehingga berujung kasus di pengadilan. 

Tahun 1991, AMD menghadirkan processor baru penerus Am286, yaitu Am386 dimana merupakan kopian atau cloningan dari Intel 386. Seterusnya AMD memproduksi processor sendiri hingga sekarang.

Pabrik perakitan processor AMD sebenarnya ada dua tempat yaitu di Austin, Texas, Amerika Serikat dan pabrik kedua di Dresden, Jerman. Tetapi semenjak 2012 Pabrik di Jerman memisahkan diri sebagai perusahaan yang berdiri sendiri dengan nama Global Foundries. Meskipun sudah berpisah AMD masih memesan pembuatan chip dari perusahaan yang berada di Jerman tersebut. Selain itu AMD juga memesan microprocessornya pada perusahaan asala taiwan yang bernama TSMC untuk memproduksi microprocessor hemat daya semacam AMD Z series.

AMD dengan Ati Technologies (perusahaan kartu grafis/VGA) melakukan merger perusahaan pada 24 Juli 2006. ATI membayar AMD sebesar $ 4,3 miliar dalam bentuk uang dan 58juta saham dari saham dengan total US $ 5,4 miliar.  Merger perusahaan selesai pada 25 Oktober 2006 dan ATI menjadi bagian dari AMD.

Sampai saat produk VGA dan Processor keluaran AMD sudah semakin kencang dan terus berkembang. Processor terbaru AMD di 2017 yaitu Ryzen.

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...