Pantai Gerangan Tulungagung, Pantai Tenang dan Nyaman Untuk Liburan

Pantai Gerangan Tulungagung

Ibnuwajak.id – Pantai Gerangan masuk dalam kategori wisata tulungagung yang sempat menjadi favorit. Dalam daftar wisata tulungagung, pantai gerangan merupakan destinasi yang sudah lama terkenal bebarengan dengan wisata pantai indah popoh. Lokasi pantai gerangan berada di Dusun Wonokoyo, Desa Ngrejo, Kabupaten Tulunagung, Provinsi Jawa Timur. Jarak dari pusat Kota Tulungagung sekitar 30km.

Akhir-akhir ini wisata tulungagung menjadi sorotan dari berbagai media tv nasional. Pantai yang yang tenang dan nyaman untuk bersantai kurang tersorot. Ibnuwajak akan mencoba mengulas sedikit tentang tempat wisata tulungagung satu ini.

Sudah ibnuwajak sebut diawal jika pantai gerangan merupakan pantai yang tenang dengan deburan ombak yang tidak besar. Kelebihan ombak yang tidak besar didukung dari lokasi pantai yang tidak secara langsung mengarah ke laut bebas selayaknya pantai di tulungagung yang lain karena berada di teluk. 

Lingkungan Pantai Gerangan

Pantai Gerangan selain menjadi pantai tenang dan nyaman untuk bersantai ternyata juga tidak lepas dari keramah tamahan penduduk sekitar pantai. Ketika sampai di lingkungan sekitar pantai gerangan pengunjung akan menikmati ketenangan tersendiri karena ketika siang hari penduduk yang tidak di pantai gerangan banyak yang ke ladang atau sawah, hanya beberapa ibu-ibu dan anak-anak yang ada di rumah.
Pantai Gerangan wisata baru tulungagung
Lingkungan Pantai Gerangan 

Pantai Gerangan Tempat wisata di tulungagung
Ketenangan Sekitar Pantai Gerangan 

Banyak bersandar perahu-perahu kecil di pesisir pantai dan juga di depan rumah warga. Pohon cemara menghiasai tepian pantai yang masih penuh dengan pohon-pohon tinggi menjulang. Lingkungan pantai gerangan sangat teduh dan rindang tidak seperti pantai lain yang sudah terkenal terkesan panas dan sulit mencari tempat berteduh.

Ketenangan tersendiri pantai gerangan yang membuat kangen. Pada umumnya wisata pantai gerangan tulungagung akan ramai pengunjung jika sudah masuk waktu liburan atau pas hari minggu. Pantai Gerangan sering dijadikan tujuan rekreasi atau outbond bagi siswa siswi organisasi seperti Pramuka, PMR, dan OSIS.

Warga sekitar Pantai Gerangan termasuk ramah-ramah. Berdasarkan pengalaman ibnuwajak sendiri ketika berkunjung di pantai gerangan kita bisa memarkir kendaraan di depan rumah warga hanya bermodalkan ijin saja.

Panjang Pantai Gerangan sekitar 100 meter dari ujung satu ke ujung yang lainnya. Di ujung sebelah kanan atau barat akan ada muara kecil dan juga ditebing yang ada anak tangga terbuat dari beton. Disebelah kiri atau timur pantai terdapat muara yang membelah pasir-pasir pantai serta lebih timur lagi terdapat pohon besar yang membuat suasana menjadi teduh dan dingin serta enak digunakan untuk berteduh.
wisata di tulungagung
Pantai Gerangan sisi Kanan ada tangga beton

Pasir Pantai Gerangan campuran pasir putih dan pasir hitam dengan pemandangan air laut berwarna biru kehijauan.

Video Lingkungan Pantai Gerangan


Fasilitas di Pantai Gerangan

Fasilitas di area pantai gerangan termasuk lengkap walaupun tidak banyak pengunjung. 
1. Mushola
2. Area parkir
3. MCK
4. Tempat berteduh
5. Warung

Jalan Menuju Pantai Gerangan

Jalan menuju pantai gerangan sudah mulai membaik, karena saat pertama kali ke Pantai gerangan 2015 silam jalan menuju pantai gerangan berlubang besar-besar walaupun sebelumnya sudah diaspal entah itu kapan. Tetapi setelah lebaran kemarin ibnuwajak mengunjungi jalalnnya sudah diaspal mulus sampai persimpangan antara Pantai Gerangan dan Pantai Brumbun yang ada disebelahnya.
Perbaikan jalan menuju Pantai Gerangan sebenarnya seiring dengan semangat pemerintah Tulungagung yang ingin memajukan potensi wisata tulungagung. Potensi wisata di Tulungagung khusus pantai masih banyak yang belum tersentuh oleh pemerintah.

Jalan Menuju Pantai Gerangan
Jalan Menuju Pantai Gerangan Tahun 2015

Jalan Menuju Pantai Gerangan
Jalan Menuju Pantai Gerangan Tahun 2015

Jalan Menuju Pantai Gerangan
Jalan Menuju Pantai Gerangan Tahun 2015

Jalan Menuju Pantai Gerangan
Jalan Menuju Pantai Gerangan Tahun 2015

Jalan Menuju Pantai Gerangan
Jalan Menuju Pantai Gerangan Tahun 2015

Tempat wisata di tulungagung jatim
Jalan Menuju Pantai Gerangan dan Pantai Brumbun Tahun 2016

tempat wisata di tulungagung jatim
Jalan Menuju Pantai Gerangan dan Pantai Brumbun Tahun 2016

Rute Menuju Pantai Gerangan

Dari Pusat Kota ambil arah pantai popoh. Sampai di sekitar pasar campurdarat ada lampu Bangjo ambil kiri ikuti jalur sampai nanti ketemu SMAN 1 Campur Darat ambil jalur kiri lurus ikuti jalan. Ada pertigaan yang bertuliskan Pantai Brumbun ikuti jalur tersebut.

Jika kesulitan sesampainya di daerah SMAN 1 Campurdarat tanya warga Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung. Sampai Desa Ngrejo ikuti arah panah ke pantai brumbun.

Disepanjang perjalanan menuju pantai akan dihiasi pemandangan Gunung Tanggul di sebelah barat dan hamparan luas kebun jagung. Nanti akan ada percabangan ambil jalur kiri untuk menuju Pantai Gerangan. Hati-hati ketika masuk jalanan yang turun dan curam
wisata tulungagung photos
Pantai Gerangan Ambil Jalur Kiri

wisata tulungagung photos
Turunan Curam menuju pantai gerangan

wisata tulungagung photos
Menuju Pantai Gerangan

Pantai gerangan sebenarnya era tahun 90an sudah terkenal tetapi karena kurang promosi serta akses ke lokasi semakin lama semakin rusak membuat pengunjung mengurungkan semangatnya untuk menjadikan Pantai Gerangan sebagai pantai tujuan tempat wisata di Kabupaten Tuluangagung Jatim

Note: Foto Real Pantai Gerangan dan Berdasarkan Pengalaman Berkunjung
Fotografer: Ibnu Wijayanto dan Indro Sembodo

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...