Ngeblog Bersama di Telkom Tulungagung Road To Festival Bonoworo Menulis (FBM) 2017

Festival Bonorowo Menulis
Ngeblog bersama di Telkom Tulungagung

Ibnuwajak.id - Ngeblog bersama di telkom Tulungagung road to festival bonorowo menulis (FBM) 2017. Belajar ngeblog tentu saja menurut sebagian orang sangat berbeda tetapi di hari sabtu tanggal 10 desember 2016 di Telkom Tulungagung beberapa relawan belajar bersama. Informasi belajar ngeblog bersama disebarkan melalui facebook, dan WhatsApp.

Video Festival Bonorowo Menulis 2015

Kegiatan ngeblog bersama sangat membantu beberapa teman yang belum mengerti atau belum memiliki semangat menulis karena menulis tentu saja sangat membosankan bagi sebagaian orang. Pelatihan ngeblog bareng diawali oleh Bunda Tjut Zakyah. Bunda Tjut Zakyah menjelaskan berbagai macam hal seputar menulis. Penjelasan yang paling bagus adalah aneka macam jenis tulisan berita, ada tulisan feature, interview news.

Bunda Tjut Zakyah melanjutkan materi tentang ngeblog di blogspot.com, Semua peserta ditanya dulu sebelum membuat blog di blogspot apakah ada yang sudah punya email di gmail.com atau belum???selain itu pertanyaan siapa yang sudah memiliki blog???? yang angkat tangan hanya tiga peserta yaitu Ibnuwajak dan Mbak Elok. Berdasarkan penjelasan Mbak Elok, bahwa dirinya sudah ngeblog sejak 2009 tetapi masih 2 postingan.... heheheeheh, semua tertawa begitu juga Mbak Elok.... Praktek pembuatan blog yang dipandu Bunda Tjut berlangsung kondusif dan berurutan.

Pemateri berikutnya bapak Siwi Sang selaku jurnalis tulungagung mengisi tentang  tata cara menulis jenis tulisan, perbedaan tulisan di blog dan media cetak. Bapak Siwi sang menjelaskan, bahwa setiap tulisan yang diberitakan jangan sampai melupakan 5W + 1H. 5W adalah What (Apa), When (Kapan), Where (Dimana), Who (Siapa), Why (Mengapa) serta How (bagaimana). Prinsip seorang jurnalis jangan sampai merupakan 5W + 1H. Supaya lebih melatih keahliahan dan ciri khas menulis, Bapak Siwi Sang memberi tugas untuk menulisakan sebuah foto dengan sudut pandang, gaya tulisan sebisanya tanpa melupakan unsur 5W + 1H. Waktu menuliskan apa yang ada di foto selama 10 menit terserah dengan sudut pandang yang berbeda.

Belajar ngeblog bersama di Telkom Tulungagung dalam menyambut Festival Bonorowo Menulis 2017 sungguh patut diapresiasi karena dengan belajar bersama seperti ini maka wawasan akan bertambah. Apalagi untuk saat ini kegiatan literasi di Tulungagung masih sangat minim sekali.

#Ayo ngeblog bareng


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!