Motherboard Canon IP2770 Terbaru Lebih Kecil, Kenapa???

Ibnuwajak.id – Canon Ip2770 printer murah sejuta umat... Ups maaf jika berlebihan tentang sejuta umat.  Tetapi memang printer canon tipe Ip2770 sangat banyak penggunanya. Dirilis tahun 2007 sebagi pengganti dari seri canon IP1980 yang melegenda karena kehandalannya.

motherboard canon ip2770 terbaru
Motherboard printer canon IP2770 terbaru yang lebih kecil

Ibnuwajak seminggu yang lalu mendapat servisan berupa printer canon IP2770 keluaran 2016, menurut pemiliknya memang baru dan masih 8 bulan. pelanggan mengelukan permasalahan tinta infusnya tidak mengalir, katrit tidak bisa mencetak walaupun bisa bergerak normal Katritnya. Melihat sekeliling ternyata printernya tidak ada tabung pembuangan tintanya. Solusinya ibnuwajak menyarankan ke customer untuk memberi tabung pembuangan tinta. 

Alhamdulillah konsumen setuju. Pelaksanaan perbaikan di lini katrit dimulai dan selesai dengan kondisi cetak yang bagus, walaupun katrit kalau kebanyakan tinta akan merembes keluar. Permasalahan merembes akan dijelaskan menyusul dan lanjut pemasangan tabung pembuangan tinta.

Sebelum memasang tabung pembuangan bongkar printer menggunakan obeng plus. Sahabat semuanya baut pengunci printer canon ip2770 ada empat lokasi yang saling simetris. Lokasi satu di depan dan lokasi dua dibawah engsel pembuka printer. Penutup printer berhasil dilepas. Terlihatlah roler-roler yang saling berkaitan. Baca juga 2 cara mengatasi error E03 printer canon MP

Pemasangan tabung pembuangan dimulai. Ibnuwajak mulai merasa ada kejanggalan ketiga akan melakukan eksekusi lanjutan. Mengamati sisi motherboard kok ada yang aneh???? Cuek saja dan lanjut memasang tabung pembuangan sampai selesai. Sebelum menutup total ibnuwajak amati lagi pada sisi motherboard.  Mengambil motherboard bekas printer canon IP2770 dan mencocokkan ukuran.... apa yang terjadi???? Ealah dan terperangannya ibnuwajak ternyata ada penyunatan ukuran dari motherboard printer canon IP2770.Ukuran yang berbeda dan dibuat lebih padat dengan kemampuan yang sama. Apalagi ada kode yang berbeda dimana motherboard atau mobo terbaru memiliki kode D39
mobo canon ip2770
Perbandingan antara motherboard canon ip2770 tipe lama (tidak terpasang) dan motherboard baru (terpasang)

Beberapa perbedaan yang mecolok:
  1. komponen kondensator yang ada dibawahnya kabel flexible dimana mobo Ip2770 lama ada      empat buah sedangkan yang baru hanya satu buah.
  2. Socket dinamo printer yang berwarna putih dan kuning saling bersandingan dengan kondisi tipe lama berada dibawah socket USB printer sedangkan tipe baru berada dibawah kondesator yang hanya satu buah.
  3. IC yang berada didekat socket dinamo untuk tipe lama lokasi juga pindah di mobo tipe terbaru. Mobo tipe terbaru IC ini dipindah dibelakang mobo sehingga tidak terlihat.

Selain yang disebutkan diatas semua masih sama seperti socket ASF, socket USB, tombol On/Off, socket power , socket kabel flexible, dan lubang baut  tidak ada perubahan lokasi.

Pertanyaannya??? Kenapa pihak canon membuat Ip2770 terbaru motherboardnya menjadi lebih kecil??? Apakah ingin menekan pengeluaran atau cost pembuatan motherboard??? Apakah supaya lebih ringkas??? Berikan Opini kalian di kolom komentar!!!!

Note: 
Butuh Teknisi Printer atau sekedar Konsultasi
Hubungi; Ibnu Computer / Ibnuwajak
Alamat :Jalan Raya Wajak Lor, Desa Wajak Lor, Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung, JATIM
Phone : 081335587039 (WA, Line) / 087755237666

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: comp.direction@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Komentar

Komentar
11 December 2016 at 20:43 delete

Kira2 lebih awet yg model baru apa lama mas?

Reply
avatar
13 December 2016 at 07:58 delete

karena hanya ukurannya diperkecil dan komponen dikurangi, kemungkinan lebih durable yang lama

Reply
avatar

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...