Ternyata!!! Nama iPhone Bukan Berasal Dari Apple

iphone apple

Apple perusahaan raksasa dan fenomenal yang sudah menelurkan produk-produk ternama seperti iMac, iPod, dan iPhone. Tetapi siapa sangka kalau produk fenomenalnya iPhone ternyata penjual pertama bukanlah dari perusahaan Apple!!!! Terus siapa???? 

Steve Jobs, CEO Apple saat itu memperkenal iPhone tahun 2007 untuk pertama kalinya. Tetapi jauh hari sebelum iPhone digunakan orang-orang untuk melakukan mengakses internet atau melakukan panggilan. Perangkat bernama iPhone sudah ada.
iphone infogear
iPhone dari Infogear (credit:bgr.com)

Nama iPhone pertama kali muncul pada tahun 1998 yang dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama “InfoGear” yang bermarkas di California. Produk nama iPhone pertama dikenalkan sebagai “ Internet Touchschreen Telphone” Otomatis ini bukanlah smartphone seperti sekarang ini.

Seperti yang dikutip dari Antaranews , iPhone pertama milik infogear ini sebenarnya adalah telepon duduk biasa yang memiliki kemampuan layar touchscreen hitam putih dengan resolusi 640 x 480 piksel, memiliki RAM 2 MB yang cukup untuk menyimpan 200 alamat email, dilengkapi dengan stylus, slide keyboard QWERTY, web dan email akses.

Perangkat “Internet Touchscreen Telephone” atau iPhone pertama ini dijual dibawah harga 500 dolar AS, harga ini bukan paket lengkap karena konsumen harus membayar terpisah untuk akses internetnya dengan tarif internet mulai 9,95 dolar AS perbulan atau 19,95 dolar AS untuk akses internet Unlimited.

Sebelum dibeli oleh Cisco, iPhone didesain ulang serta diperkenalkan kembali pada tahun 1999 sampai akhirnya Infogear berhenti membuat iPhone. Kemudian Infogear pada tahun 2000an beserta merek dagang dari iPhone dibeli oleh perusahaan jaringan Cisco System. Nama iPhone pada tahun 2006 dimunculkan lagi oleh Cisco melalui produk terbarunya telepon VoIP yang dinamai Linksys iPhone.
iphone cisco
iPhone dari Cisco (credit: bgr.com)

Tidak angin dan hujan di tahun 2007 Steve Jobs dengan perusahaan Apple mengumumkan produk baru yang diberi nama iPhone. Karena Apple ketika menggunakan nama iPhone tidak ijin dengan Cisco maka perusahan Cisco menggugat Apple atas merek dagang iPhone tersebut. Akhirnya sengketa merek dagang berhasil diselesaikan 

Walau sengketa tahun 2007 dengan merek dagang iPhone sudah selesai tetapi rincian keuangan kesepakatan tidak pernah ditunjukkan . Kesepakatan antara Apple dan Cisco menghasilkan kesepakatan jika kedua perusahaan ini berhak atas nama iPhone  walau akhirnya iPhone dari Cisco tidak muncul lagi.

Dikutip: antaranews 

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...