7 Trik Mempercepat Google Chrome


Trik Mempercepat Google Chrome???? Mungkin tidaknya ya???? Sahabat ibnuwajak, Pengguna internet pasti tahu google chrome. Browser paling banyak pemakainya atau browser paling populer. Google Chrome digunakan hampir setengah orang didunia yang online. Walaupun begitu penggunaan yang besar ini bisa mempengaruhi kecepatan komputer dalam hal merayapi file komputer kalau kita tidak sering mengeceknya.

Kecepatan komputer dalam perayapan bisa di pengaruhi oleh beberapa hal seperti membuka tab terlalu banyak, plugin yang terinstal tidak diatur, banyak plugin yang aktif dan ditambah akses internet yang lambat otomatis kita akan merasa spesifikasi komputer kembali ke era dulu ketika sedang memakai Windows lama dan Processor lama selayaknya 486. Sungguh pengalaman browsing yang buruk bukan??? Apalagi Google Chrome terkenal akan Browser cepat.

Mungkin permasalahan dari google chrome menjadi lambat bisa diatasi dengan beberapa trik dibawah ini, sehingga kemampuan komputer dan kecepatan ketika menjelajah dunia maya atau browsing menjadi cepat selayaknya mobil F1.....hehehehehehehehe

1.Buang Plugin Yang Tidak Digunakan
plugin

Kenapa Plugin harus dibuang atau dihapus??? Perlu diingat penghapusan plugin ini untuk plugin yang tidak penting-penting saja, kalau plugin itu berat tetapi sering anda manfaatkan jangan dimatikan. Dimana tempat mematikan plugin??? Ketik saja “chrome://plugins”

Disitu sahabat ibnuwajak bisa mematikan plugin satu persatu sesuai dengan keinginan. Biasanya ada tulisan “Disable” (dalam bahasa Inggris) dan “Mematikan” (dalam bahasa indonesia”  tetapi untuk google chrome terbaru menunya berbeda yaitu “enabled” . Jika menginginkan plugin menyala ketika diperlukan maka hilangkan centang pada “Always allow to run”

2. Buat Plugin Tidak Berubah dengan Fungsi “Click Load”
Chrome

Diawal sudah ada pilihan centang “Always allow to run” fungsi ini berfungsi untuk selalu menyalakan plugin jika kondisi tercentang ketika tidak tercentang maka plugin akan tidak menyala selama kita tidak membuka halaman atau situ yang tidak memerlukan plugin, Fungsi ini sangat berguna karena pengurangan ini sangat berdampak pada Browser Chrome. Contoh media plugin yang bisa dihentikan seperti animasi flash.

Sebenarnya plugin atau extension pada chrome itu sangat banyak. Google Chrome dibuat dengan pengaturan atau pengontrolan plugin yang mudah untuk diaktifkan.

Untuk melakukan pengaturan kita masuk pada “Show advanced settings” dan Privacy, pilih content setting dan arahkan ke bawah plugin. Centang atau cek tombol “Let me chose when to run plug-in content”

Efek pengaturan fitur contohnya ketika video yang membutuhkan plugin flash  maka kamu harus melakukan klik kanan pada gambar plugin yang di disable dan memilih “Run this plug-in” jika kita ingin melihat video tersebut.

3. Buang atau Nonaktifkan Ektensi Yang Tidak Wajib
Extensi

Sebenarnya Extensi salah satu program yang penting untuk Chrome, tetapi keberadaan extensi ini jika berlebihan bisa membuat komputer menjadi lambat karena memakan banyak memory, bagaimana cara mengaturnya????

Klik menu di pojok kanan atas Chrome, arahkan mouse pada “More tools” dan klik “Extensions” bisa juga cara cepatnya yaitu dengan mengetikkan “chrome://extensions”

Uncheck salah satu dari “Enabled” Box dan “Disabled”box, atau klik gambar kotak sampah jika sahabat ibnuwajak ingin membuangnya permanen.

Jika kita men-disabled maka extension masih bisa dinyalakan kembali , fungsi ini sangat cocok jika kalian memiliki extensi yangs angat berguna atau penting. Jika kita melakukan penghapusan total maka apabila ingin menggunakan extensi tersebut kita harus melakukan pemasangan atau reinstall melalui Chorem webstore.

4. Menunda Tabs
Tabs


Maksud dari menunda tabs adalah mengatur ulang tabs-tabs situs yang terbuaka. Penggunaan Tabs yang efektif pada Chrome adalah ketika kita membuka dua atau tiga tabs sekaligus, namun apa jadinya dibuka sampai 10 tabs??? Apabila sahabt ibnuwajak memiliki komputer dengan memory besar tidak masalah tetapi jika memori yang terbatas maka fitur pengatur tabs diperlukan

Salah satunya Extensi bernama Great Suspender diman mengijinkan pengguna untuk menutup sementara tab dan membuangnya jika tidak digunakan lagi dalam waktu lama, maka Great Suspender akan mengeluarkan tab tersebut dari browser. Men-suspend tab bisa dikembalikan dengan mudah hanya dengan klik sederhana.

5. Membuat Penyimpanan Khusus Browser
Browser disimpan

Ketika menggunakan Great Suspended kita menunda tab maka sebagai gantinya kita menggunakan TabCloud dan Session Buddy yang mengijinkan kita untuk menyimpan tab-tab yang ada di layar browser dengan segera. Dengan menutup seperti ini maka memungkinkan Chrome untuk mengurangi beban komputer.

Jika kita ingin mengembalikan tab-tab yang tersimpan maka bisa dengan mudah mengembalikannya secara penuh

6. Matikan Prefetch Latar Belakang

Google Chrome
Rata-rata dalam menggunakan Chrome ketika mematikan maka data-data yang sudah pernah atau kita ketikkan di address bar akan tersimpan di prefetching servis. Prefetching servis berfungsi  untuk mengupayakan atau memprediksi kemana kita akan melakukan pencarian di Chrome, fitur ini lumayan mengurangi kecepatan Chrome.

Untuk mencoba mengurangi beban masuk ke menu Setting, tarik kebawah pilih “Show advance settings” and Privacy, Uncheck Box pada “Use prediction servoce to load pages more quickly”
Walaupun pengaturan kecil tidak terasa setidaknya sudah bisa mengurangi waktu loading dari Chrome.

7. Menggunakan Penyimpan Data.
Browser disimpan

Jika trik diatas buka masalah dari lambatnya komputer terhadap kelemahan browsing, bisa jadi masalah berada pada koneksi internet, maka Layanan Google Data Saver bisa di manfaatkan.

ItuSemua lalu lintas internet yang tidak di enkripsi akan diuraikan  melalui sebuah sistem kompresi besar pada Server Google, pengurangan sejumlah data pada pengunduhan data Chrome per halaman dan akan menaikkan kecepatan loading pada koneksi yang lambat.

Pengguna Google Data Saver secara umum mengurangi penggunan data ketika browsing, dimana bisa menolong untuk mengukur koneksi. 

Demikian Trik bagaiman mempercepat Browser sejuta umat yaitu Google Chrome, Semoga dengan trik ini kegiatan browsing bsia semakin nyaman dan aman!!!!!

Foto credit: the guardian

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!