Tips Memilih MicroSD Untuk Android

MicroSD, tempat penyimpanan bentuk kartu mini yang memiliki kapasitas beragam. Kartu penyimpanan jenis MicroSD adalah tempat penyimpanan universal dan paling banyak dipakai untuk smartphone. Ada berbagai macam jenis, merek, serta kapasitas penyimpanan yang ditawarkan oleh microsd. Perlu diketahui ternyata tidak semua kartu microsd cocok digunakan pada ponsel android atau tablet. Ketika kita memilih kartu microsd pasti ada berbagai pilihan yang saling bertanya dan bikin bingung. Berikut Tips memilih microsd yang cocok untuk Ponsel Android sahabat semuanya.
microsd

Tips memilih MicroSD untuk Android berdasarkan kapasitas. Kapasitas microsd sekarang ini terkecil adalah 2GB. Sahabat ibnuwajak sebenarnya memori microsd sendiri dibagi menjadi dua tipe yaitu SDHC dan SDXC. Perbedaan dari dua nama ini adalah di kapasitas tampungnya. Kartu berlaber SDHC memilih kapasitas penyimpanan antara 2GB sampai 32 GB. Sedangkan SDXC memiliki kapasitas penyimpanan antara 32 GB sampai 2TB (Terabyte). Sebelum memilih memori penyimpanan microsd baca kembali spesifikasi smartphone sahabat sekalian. Karena kemampuan baca atau kapasitas baca maksimal dari smartphone berbeda-beda. Bisa ambil contoh ketika kita ambil foto dengan lensa 16MP serta data tersipan sekitar 7MB jadi kita bisa menyimpan sekitar 4500 foto jika microsd ukuran 32GB. Tahun pembuatan dari suatu smartphone juga menentukan karena kadang smartphone lama atau baru tidak cocok dengan beberapa tipe microsd yang memiliki spesifikasi dibawah smartphonenya.

Ibnuwajak pernah kedatangan pelanggan dengan kerusakan memori microsdtidak terdeteksi sempurna oleh smartphone tetapi setelah dicolokkan ke cardreader memori normal. Ini menandakan memori microsdnya bermasalah dan bisa juga tidk cocok dengan samrtphonenya. Hampir mayoritas smartphone saat ini memiliki kapasitas tampung microsd sd 32Gb walaupun beberapa sudah bisa sampai 200GB. Perlu diingat sebelum membeli microsd lihat spesifikasi daya baca maksimal smartphonenya, apakah 32GB atau malah kurang.

Tips Memilih MicroSD untuk android berdasarkan kecepatan. Setelah memilih kapasitas sekarang kita melihat spesifikasi kecepatan MicroSD. Penentuan kecepatan ini mengikuti keperluan pemakaian sahabat semuanya, karena ketika kita menggunakan memori microSD untuk merekam Video, Photo kecepatan tinggi, atau proses yang cepat maka harus memilih memori microsd yang cepat juga dalama hal baca dan tulis data.

Kebanyakan perangkat mobile akan mendukung 3 jenis memori microsd pokok ini berdasarkan kecepatan kelas yaitu Class 10, UHS-1 Class 1, dan UHS-1 Class 3. UHS singkatan dari Ultra High Speed. UHS sendiri dibagi menjadi dua yaitu UHS I dan UHS II yang membedakan kecepatan maksimumnya. UHS II masih sedikit sekali yang mendukung kecepatannya. 

Kita tidak bisa mengetahui kecepatan maksimum dari microSDHC atau MicroSDXC kecuali membaca dari kemasan sewaktu membeli. Berikut kecepatan dari masing-masing smartphone berdasarkan kelasnya:
  • Class 10: 10MB/s untuk Photo burdt dan video Full HD 1080p
  • UHS-1 Class 1: 10MB/s untuk video Full HD 1080p
  • UHS-1 Class 3: 30MB/s untuk video sampai 4K atau 4x Full HD.

Tips memilih microsd untuk Android berdasarkan merek. Merek untuk tempat penyimpanan microsd banyak sekali. Apalagi setiap perusahaan mempunyai spesifikasi dan kecocokan terhadap ponsel atau perangkat yang akan dipakai. Untuk memilih merek yang sesuai biasanya setiap merek ternama memberikan garansi terhadap microsdnya sangat lama antau 5 tahun sampai lifetime. 

Tips Memilih Microsd untuk Android Berdasarkan harga. Pemilihan microsd sangat muda yaitu setelah anda menentukan merek maka lihat spesifikasinya apakah harga yang tertera sesuai dengan kemampuannya. Karena mayoritas microsd berkecepatan tulis tinggi memiliki harga tinggi walau kapasitas penyimpanan kecil.

Memang sekarang ini banyak beredar merek dan kapasitas penyimpanan dengan ukuran sampai Terabyte (TB). Mudah-mudahan dengan Tips memilih microsd untuk android kali ini bisa membantu sahabat pembaca yang lagi dilema menentukan memori microsd.

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: comp.direction@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...