Shigeru Miyamoto Desainer Mario Bros

Shigeru Miyamoto seorang kreator video game dengan beberapa game legendarisnya yaitu Mario Bros, Donkey Kong, Star Fox dan the legend. Tetapi yang paling terkenal sampai sekarang adalah Mario Bros dibanding nama game yang lain. Sampai-samapi serial tv dari mario bros ada. Kenangan akan game Mario bros pasti sudah melekat di hati para gamer veteran. Karena ke kreatifitasannya Shigeru Miyamoto perusahaan tempatnya bekeja menjulukinya sebagi bapak modern video game
mario bros

Sejarah terjun ke Nitendo

Perlu flashback sebentar atau bahkan perlu diketahui, Shigeru Miyamoto lahir pada 16 November 1952 di Kyoto Jepang ..... hehehehehe hampir seumuran bapak ibnuwajak. Kuliah di Kanazawa College of Art tahun 1970 setelah itu lulus  5 tahun berikutnya. Tahun 1977, Miyamoto bertemu dengan Hiroshi Yamauchi diman dia adalah pimpinan Nintendo of Japan dan Juga merupakan teman dari ayahnya Shigeru Miyamoto. Miyamtoto disewa untuk dijadikan “staff artist” dan menugaskan ia dalam departemen perencanaaan.

Pada Tahun 1980, Nintendo of America mencari sebuah judul video game baru dimana diharapkan akan menonjol di pasar game arcade yang sedang masa pertumbuhan. Perusahaan Nintendo berusaha bersaing dengan game berjudul Radar Scope. Tetapi mesin arcade game tersebut tidak dapat diproduksi dan kegagalan mengahmpiri mereka.

Demi membayar kerugian dari mesin arcade yang tidak jadi dibuat, Perusahaan Nintendo of America membutuhkan sebuah judul game yang hit, akhirnya Miyamoto ditugasi oleh Yamauchi untuk membuatnya. Miyamoto kemuadian berkonsultasi dengan beberapa insinyur perusahaan dan membuat musik sendiri kemudian jadilah konsep Donkey Kong. Setelah game Donkey Kong Jadi dengan segera Chip yang berisi program baru buru-buru dikirimkan ke Amerika Serikat. Para Karyawan Nintendo pun menkonversi game arcade radar scope menjadi Donkey Kong. Donkey kong pun sukses luar biasa.... Melelui Donkey Kong perusahaan Nintendo terselamatkan dan Karakter dalam game Donkey kong yang akan melekat pada Nintendo.

Mario Bros Lahir

Perlu diketahui kalau game Donkey Kong memiliki 3 karakter fenomenal dan terkenal, yaitu Donkey Kong, Jump Man dan Lady. Karakter Jump Man adalah yang dikenal dengan nama Mario. Setelah tampil dengan Donkey Kong, karakter Mario muncul di lebih 100 judul game dalam lusinan platform game berbeda. Berbagai judul video game yang miyamoto desain memiliki ciri gameplay yang intuitif, jalan cerita yang sederhana, berikut dengan dunia imajiner yang membuat gamer seakan masuk ke dalamnya.

Pada tahun 1997 di Konvensi game E3, miyamoto menjelaskan bahwa ia secara konstan bekerja dengan setidaknya 400 orang dan selusin project game dalam waktu bersamaan. Dari pengalaman itu bisa dilihat kalau Miyamoto adalah salah satu tokoh penting untuk Nintendo. Walau sebagai orang penting di beberapa video game ternama, Miyamoto terkenal dengan pribadi sederhana, dan bahkan naik seperda saat eprgi ke kantor. Walaupun seorang gamer tetapi Miyamoto hanya meluangkan sebentar untuk bermain game dan sisanya lebih banyak untuk bermain gitar, mandolin, dan banjo.

Persaingan dengan Sony dan Microsoft

Sony dan Microsoft perusahaan raksaan layaknya Nintendo. Persaingan dengan Sony PS 3 dan Microsoft Xbox 360  bermula ketika Miyamoto memegang kendali penuh akan konsol Nintendo Wii. Keyakinan Miyamoto dengan motto “game haruslah seperti apa yang ingin dimainkan oleh gamer.” Dia pun menghabiskan waktu untuk mencari sistem kontrol baru yang menarik dan lahirlah Nintendo Wii.

Kompetisi akhirnya dimenangkan oleh Wii dimana dalam 6 bulan pertama penjualannya mengalahkan konsol game Sony dan Microsoft. Penjualan Wii 2 kali lipat dari Xbox 360 dan 4 kali lipat dari Sony PS3. Miyamoto memiliki impian kalau Nintendo suatu saat bisa menjadi kebutuhan setiap orang selayaknya televisi.

Karena kesuksesannya, Miyomoto mendapatkan berbagai pernghargaan. Salah satunya adalah lifetime Achievement Award pada ajang Game Developers Choice Awards 2007. Dia juga mendapat sanjungan karena konsol  game revolusioner seperti Nintento wii dan DS.

Miyamoto saat ini masih aktif di Nintendo sebagai General Manager of Nintendo Entertainment Analysis dan Development.

Sumber: Komputek Edisi 897

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...