Reynold Johnson, Penemu HardDisk Komputer

Reynold Johnson seorang mantan guru yang melahirkan harddisk komputer lahir pada tahun 1906 di Mennesota, Kuliah di University of Minnesota. Tahun 1929 mendapat gelar BS dalam bidang Administrasi Pendidikan. Di sebuah Sekolah Tinggi Lokal Reynold Johnson mulai mengajar ilmu pengetahuan dan matematika. Bukan karena mengajar, Reynold Johnson kemudian mendapat gelar “The Father of Hard Disk”, tetapi karena hasil karyanya sehingga menemukan harddisk

Reynold Johnson Penemu Harddisk
Reynold Johnson bersama Karyanya
Awal kehidupannya mulai berubah di Tahun 1933 saat kehilangan pekerjaan menjadi pengajar. Faktor mendesak yang menuntutnya harus mencari pekerjaan baru terbesit ide untuk membangun perangkat yang bisa digunakan untuk menyimpan data yang diawali dengan berbelanja perangkat elektromekanik. Perangkat buatan pertama Reynold Johnson kemudian dibawa ke perusahaan IBM, tetapi penolakan yang didapatkannya. 

Di Tahun 1934 IBM memanggil Johnson karena perusahaan menilai dia memiliki potensi menonjol dilihat dari karya yang sudah di hasilkan Reynold Johnson. Kemudian Posisi sebagai seorang insinyur di Columbia University dan jabatan sebagai kepala Endicott laboratorium di New York di tawarkan padanya.

Ketika berkarir Johnson menjadi salah satu penemu di perusahaan IBM yang paling produktif. Khususnya dalam perangkat elektromekanis. Tahun 1950-an perusahaan IBM menyadari bahwa kebutuhan akan tempat penyimpanan data mengalami perkembangan menuju yang lebih baik. Johnson diminta untuk memimpin sebuah tim peneliti di Silicon Valley untuk bekerja pada proyek ini. Pada Tahun 1952, untuk mengumpulkan tim yang bekerja menganalis sistem penyimpanan magnetik Reynold Johnson dikirim oleh IBM ke San Jose, California. Pekerjaan awal Johnson dan 15 staffnya fokus dalam menganalisa putaran drum atau rotating drum-silinder berongga dengan kepala magnet yang menurut hasil riset memiliki kemampuan read (membaca) data atau write (menulis) data di semua trek surface.

Setelah mengetahui kemempuan read dan write dari trek surface penelitian berlanjut pada disk magnetik ganda, karena johnson berfikir kedepan akan dibuat lebih kecil dan lebih handal. Tim reynold disarankan oleh IBM supaya penlitian tentang harddisk juga melibatakan penelitian IBM tentang Random Acces Memory (RAM) dalam kurun dua tahun kedepan. Akhirnya tim berhasil menciptakan perangkat komersial berkualitas. Kelebihan penggunaan RAM adalah pengguna diberikan kemampuan untuk mencari dan mengakses catatan tertentu atau file data dalam storage (tempat penyimpanan) dengan cepat, dalam hitungan detik atau pecahan detik. Sekaligus menyimpan file dalam data atau file pita magnetik, kadang-kadang perlu beberapa menit untuk menemukan apa yang dicari dengan sitem penyimpanan konvensional.

Ternyata selama melakukan percobaan disk magnetik Johnson dan timnya dipantau oleh Yakub Rabinow dari National Bureau of Standards. Karena Rabinow, National Bureau of Standards memutuskan, bahwa Johnson memiliki karakter yang luar biasa dan mampu menyimpulkan bahwa desain mereka siap untuk konfigurasi disk drive dimasa itu. Berbeda dengan konfigurasi silinder yang lebih banyak digunakan pada saat itu, Johnson percaya bahawa sistem disknya memungkinkan untuk potensi yang lebih besar ke bentuk lebih kecil atau miniaturisasi di masa depan, selain itu juga efektivitas biasa dn kehandalan sistem.

Pada tahun 1955-an, Johnson dan timnya mempresentasikan hard drive pertama yang penah dibuat IBM, RAMAC (Random Access Metode Accounting Control) berukuran sangat besar, berbobot satu ton, tetapi memenuhi spesifikasi asli IBM, dengan waktu akses ke setiap file rata-rata sekitar satu detik. Alat yang mampu menyimpan 5Mb data berukuran 50 x 24 inchi disk magnet berputar 1200 RPM pada satu poros, dengan fungsi read dan write yang cepat dalam mengakses file. Pada tahun 1956, IBM memperkenalkan harddisk komersial pertama magnetik, dengan nama RAMAC 350, yang dibeli oleh Crown Zellerbach dan hari ini semua disk drive didasarkan pada konsep basic Johnson.

Dari Harddisk Renold Johnson Memperoleh kesuksesan. 90 hak paten diperoleh Johnson selama berkarir. Selain bekerja dengan IBM, Johnson juga bekerja untuk Sony dalam menciptakan sistem proses menyimpan video pada video tape yang menggunakan setengah lebar pita video normal, yang pada akhirnya menjadi cikal bakal VCR.

Banyak penghargaan yang diterima Reynold Johnson diantaranya, National Medal of Science dari Presiden Reagan tahun 1986, penghargaan Advancement of Information Storage technology dari IEEE pada tahun 1992.

Pada tahun 1971 Reynold Johnson pensiun tetapi terus bekerja pada perusahaan pribadi di Education Engenering Associate, di Palo Alto. Di perusahaan ini Johnson berhasil menciptakan microphonograph yang kemudian penemuan ini diterapkan pada sebuah mainan hand-held dimana anak-anak memungkinkan bisa mengenali detail gambar atau kata dari buku bacaan yang digunakan oleh Fisher-Price dalam “Talk To Me Books”. Karena manfaatnya permainan itu tidak berapa lama perangkat itu memenangkan penghargaan Toy of the Year.

Reynold B. Johnson kemudian kembali ke Palo Alto Dengan istrinya Beatrice beserta tiga anaknya Philip dan David serta seorang putri bernama karen.  Bapak penemu harddisk menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1991. Dia juga memiliki saudara perempuan bernama Signe Broberg, Dua saudara laki-laki leroy of Dasel Minn, dan Donovan of Edina Minn serta empat cucu.

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...