Bill Gates Penemu Microsoft

Bill Gates Penemu Microsoft - Microsoft perusahaan software raksasa yang menguasai dunia. Microsoft adalah pemilik operating system Windows dan Microsoft Office. Dua Software microsoft ini yang sangat popular dan hampir semua orang didunia memakainya. Apakah kalian tahu siapa orang yang berada dibalik Microsoft???? Dia adalah Bill Gates, seorang pemuda putus sekolah yang berhasil merubah dunia menjadi kerajaan software-nya. Sekaligus pendiri dari perusahaan Microsoft. Perlu dibaca hal unik seputar Bill Gates
Bill Gates
Bill Gates Raja Software dan Penemu Microsoft 
Sumber Gambar : google

Siapakah Bill Gates???? Bill Gates adalah penemu microsoft atau pemilik utama microsft. Lahir di Seattle pada 28 Oktober 1955, Bill Gates hidup di lingkungan keluarga mapan, dimana kakeknya bernama J.W. Maxwell adalah presiden bank nasional pada jamannya. Ayah Bill Gates adalah pengacara yang sukses. Dibalik keluarga yang mapan ternyata tidak membuat Bill Gates menjadi anak yang manja tetapi malah menunjukkan kecerdasannya di bidang matematika dan fisika.

Umur 13 tahun adalah awal mula penemu microsoft tertarik pada komputer, Bersama dengan sahabatnya Paul Allen waktu berjam-jam dihabiskan di depan komputer sampai lalai mengerjakan PR dan bolos kelas. Pada saat itu komputer yang dipakai belajar adalah DEC PDP-10 yang berada di sekolahnya, perlu diketahui komputer ini pada jamnnya hanya dimiliki oleh kalangan terbatas, seperti lembaga pemerintahan ataupun lembaga pendidikan. 

Kemampuan akan dunia komputer semakin mahir ketika pada tahun 1970, Bill Gates dan Paul Allen mendirikan sebuah perusahaan software yang bernama Traf-O-Data, walaupun tidak berkembang dan bubar sebelum lulus SMA.

Meneruskan kuliah di Hardvard University pada tahun 1973 bersama Paul Allen dengan mengambil jurusan hukum karena tidak ada jurusan yang cocok. Ternyata kebiasaan buruk di masa SMA tidak berubah yaitu menghabiskan waktu di pusat komputer kampus. Disinilah awal mula karier mereka datang.

Melalui majalah Popular Electronics yang memuat Altair 8800 buatan MITS. Perlu diketahui kalau Altair 8800 adalah cikal bakal PC ( Personal Computer ) dimana dulu hanya sebuah komputer skala kecil. Bill Gates yang membaca berita tersebut langsung menghubungi MITS dengan mengatakan kalau memiliki System operasi yang cocok untuk Altair 8800. Padahal itu bohong, tetapi dalam waktu 8 minggu Gates dan Allen berhasil membuat sistem berbasis Basic dan berhasil mendemonstrasikan di depan petinggi MITS. Setelah sistem berbasis basic diterima muncullah nama Altair Basic yang digunakan MITS sebagai sistem operasi Altair 8800.

Altair 8800 laku keras di bulan pertamanya. Kesuksesan ini membuat Bill Gates menjadi yakin untuk berkecimpung di dunia software. Kuliah di Hardvard yang sudah masuk tahun ke tiga ditinggalkan. Gates dan Paul akhirnya mendirikan Microsoft.

Perjalan Karier Gates yang paling Penting

Keberhasilan Gates yang paling penting bukan karena telah membuat sistem operasi untuk Altair 8800 tetapi Ketika gates berhasil membuat sistem operasi untuk IBM PC di tahun 1980. Kala itu IBM PC adalah komputer yang ditujukan untuk untuk perorangan, bukan kelas korporat atau kelas perusahaan seperti pada umunya. Kesuksesan Gates ini termasuk karena beruntung karena sebenarnya Gates hanyalah mediator antara IBM dan Digital research selaku perusahaan software terkenal saat itu. Digital Reasearch memiliki sistem operasi CP/M yang bisa digunakan untuk komputer dengan beragam komponen bervariasi, dengan ciri inilah IBM melirik untuk Pcnya. Negosiasi antara IBM dan Digital Research menemui titik buntu, konon dimana keengganan Digital Research untuk membuat CP/M eksklusif hanya untuk IBM PC.

Melihat ketidak cocokan ini naluri bisnis Bill Gates muncul kembali. Bill Gates menawarkan sebuah sistem operasi yang disebut QDOS. Sistem QDOS yang memiliki kompatibel dan keunggulan layaknya CP/M membuat IBM setuju untuk menggunakan QDOS, dan merubah nama QDOS menjadi PC-DOS.

Sebenarnya QDOS bukanlah sistem operasi buatan Bill Gates atau microsoft. Bill membeli lisensi QDOS dari Seattle Computer Products dengan harga $ 50 ribu. Kemudian Bill gates memodifikasi dan melisensi ulang QDOS dan menjualnya kembali padahal QDOS dibeli dengan harga murah. Sistem membeli lisensi ini menjadi kontroversial dan masih dilakukan sampai hari ini.

Platform IBM yang bersifat terbuka, kemudian muncul beragam PC dari berbagai pabrikan. Naluri bisnis Bill Gates mucul lagi dengan menwarkan QDOS ke pabrikan lain dengan mengganti nama menjadi MS-DOS atau sesuai dengan nama pabrikan PC. Contohnya PC Compaq dinamakan Compaq DOS, PC Tandy dinamakan Tandy DOS dsb. Akhirnya Microsoft berkembang menjadi perusahaan kelas atas dan menjadi pemain utama bisnis software saat itu

Tahun 1985, sistem operasi Microsoft mulai mendapat sentuhan GUI atau Graphic User Insterface ( berbasis grafis dan tidak seperti MS-DOS berupa teks ) yang kemudian dinamakan windows. Keberadaan Windows generasi 1.0 dan 2.0 tidak berjalan mulus karena kalah bersaing dengan Apple Macintosh. Melalui Wiindows versi 3.0 pada tahun 1990 Microsoft mulai meraih kesuksesan besar karena memiliki tampilan grafis yang lebih bagus, dukungan terhadap multitasking, dan kestabilan yang dapat diandalkan. Kesuksesan Windows 3.0 sampai terjual 100 ribu copy dalam dua minggu pertama kemunculannya.

Melalui Windows 3.0 inilah kesuksesan lain diraih seperti windows 95 atau Office. Sejak saat itulah Microsoft dan Bill Gates berhasil menguasai dunia.

Bill Gates mulai tidak mengurusi keseharian di Microsoft sejak 31 Juli 2008, tetapi lebih berperan sebagi chairman dan penasehat dalam proyek-proyek pentik Microsoft.

Itulah cerita seputar Bill Gates penemu Microsoft Perusahaan Software Raksasa yang ibnuwajak kutip dari majalah INFO KOMPUTER Agustus 2006.

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...