Air Terjun Lawean Tulungagung Baru

Air terjun lawean nama yang tidak asing bagi wisatawan Tulungagung atau Blitar. Tetapi kali ini membahas air terjun lawean yang berada di kawasan Kabupaten Tulungagung yaitu air terjun lawean penampihan, sedangkan air terjun lawean di blitar bernama air terjun lawean kawisari. Selain obyek wisata pantai,  Air terjun ini merupakan lokasi wisata tulungagung andalan dan sudah lama terkenal. Tempat wisata air terjun di kaki gunung wilis ini berada di ketinggian sekitar 1105 mdpl. 

Air terjun lawean
Air Terjun Lawean Tulungagung. Yang kanan aliran lama dan kiri aliran baru. kondisi setelah hujan lebat

Dimana sih lokasi air terjun lawean penampihan???? Lokasi ada di Desa Geger, Kecamatan Sendang, trus rutenya bagaimana???? Rutenya dari kota Tulungagung  ke arah utara menuju kecamatan sendang.....Kalau dilihat dari peta tulungagung berada di utara barat....Untuk orang-orang yang belum tahu tulungagung atau pengunjung yang baru kenal tulungagung lebih baik tanya warga dengan kata kunci “kecamatan sendang” atau “arah kecamatan sendang penampihan” untuk warga tulungagung sudah banyak yang tahu kok!!!!!heheheheheh. Perlu dibaca >>> Candi dadi, candi yang belum pernah dipugar sejak dulu

Air terjun lawean penampihan sebelumnya hanya memiliki aliran satu yaitu aliran lama sebelum dibuka aliran sebelahnya yang lebih deras. Terus bagaimana dengan aliran lama???? Aliran air terjun lawean lama memiliki ciri khas berkelok berundak. Memiliki kenangan di air terjun lawean lama ini sesuatu sekali. Tetapi jangan khawatir saat ini air terjun lawean lama yang terkenal dengan berundaknya masih berfungsi mengalirkan air. heheheheheh. tetapi jangan sedih kenangan di air terjun berkelok ini sahabat semua masih bisa menikmatinya
wisata tulungagung
Air Terjun Lawean Tulungagung yang berkelok ketika masih ada satu aliran air terjun ini

Mungkin lebih baiknya menceritakan air terjun lawean lama sebentar ya???? Air terjun lawean penampihan merupakan air terjun yang berada di kaki gunung wilis. Air terjun ini menjadi salah satu air terjun yang memiliki daya tarik tersendiri bagi kawula muda. Sebenarnya di kecamatan sendang ada banyak air terjun tetapi yang dulu terkenal adalah air terjun lawean penampihan.

Kondisi air terjun lawean baru mulai saat ini dan seterusnya akan memiliki dua aliran air terjun. Sebelumnya aliran yang dimiliki satu tetapi sekarang ada dua. Untuk debit airnya mulai mengarah ke aliran baru. Dengan vegetasi hutan kai gunung wilis yang masih alami sangat bagus sekali digunakan refreshing. Perlu dibaca >>> Gunung Budeg Jalur Utara Jalur Selatan
tempat wisata di tulungagung
Kondisi air terjun lawean sebelah kanan sebelum dibersihkan masih penuh pepohonan

Keadaan sekitar air terjun untuk saat ini mulai terasa lebih luas semenjak dibuka aliran baru... karena sebelum ada aliran baru lokasi terasa sempit dengan semak belukar yang tumbuh rimbun dan terkesan sempit. Tetapi sejak beberapa waktu lalu atas inisiatif POKDARWIS lokasi yang rimbun disekitar air terjun yang terkesan sempit mulai di tata rapi dan aliran baru dibuat. Aliran baru dibuka karena sebenarnya kalur utama aliran air terjun lawean penampihan lurus bukan yang berkelok, maka dari itu pihak POKDARWIS membuka lagi jalur lama yang terhalang oleh batuan dan kayu2 yang hanyut sehingga menumpuk dan membentuknya aliran lama. Sehingga sekarang ada dua aliran.

Bagaimana tempat parkir dan serta perjalanan ke lokasi air terjun??? Sebelumnya ibnuwajak sudah memberi rute dari kota tulungagung. Bagi pengunjung baru gunakan kata kunci “kecamatan sendang”, “air terjun lawean penampihan”, “candi penampihan”. Bagi warga tulungagung kecamatan sendang terkenal dengan penghasil susu segar. Selain susu segar juga terkenal sebagai tempat yang dingin. Kalau kesulitan lokasi bisa menghubungi ibnuwajak melalui menu kontak atau dibawah artikel ini ada author. Perlu dibaca >>> Air Terjun Lawean Penampihan sekarang lurus tak berkelok

sahabat ibnuwajak bisa memarkir kendaraan di sekitaran candi penampihan, kalau kalian membawa kendaraan bermotor bisa dibawa ke tempat parkir atas yang tarif parkirnya seikhlasnya. Bagi pengendara mobil sangat disarankan untuk memparkir kendaraan di sekitar candi penampihan karena ada lahan luas untuk parkir tetapi dengan konsekuensi harus berjalan jauh, walaupun jika parkir di atas juga masih berjalan jauh.

Perjalanan dari tempat parkir memakan waktu sekitar 45 menit dengan pemandang deretan bukit yang penuh dengan sayur mayur ataupun buah. Setelah melewati kebun sahabat ibnuwajak akan mulai masuk ke kawasan hutan yang masih lebat dengan suasana segar. Sebelum sampai ke lokasi air terjun sahabat ibnuwajak akan melewati tujuh aliran sungai dengan lebar yang bervariasi. 

Perlu diketahui perjalanan jauh sahabat ibnuwajak akan terbayar dengan indahnya air terjun lawean penampihan. Ketika musim penghujan air terjun lawean penampihan memberi debit air yang melimpah. Pengunjung bisa mandi di air terjun tetapi harus siap kedinginan ya???

Itulah sekelumit cerita tentang air terjun lawean penampihan baru yang berada di kabupaten Tulungagung.

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Komentar

Komentar

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...