Apa Itu OTT atau Over The Top?

layanan OTT over the top
OTT atau Over The Top Untuk kalangan bukan praktisi teknologi mungkin tidak paham bahkan tidak mengerti dengan maksud ini. Over The Top dalam bahasa Indonesia berarti “di atasnya atas”. Contoh layanan OTT adalah layanan aplikasi facebook, Whatsapp, Twitter, Youtbe dan lainya. Jadi Gini OTT atau Over The Top adalah layanan konten berupa data dimana data-data ini bermacam-macam seperti bisa berupa informasi atau multimedia yang berjalan menggunakan jaringan internet. Baca juga Sejarah Internet Indonesia

Layanan OTT ini bersifat hanya numpang pada jaringan internet operator sudah diketahui kalau arti OTT adalah diatasnya atas maka sifatnya hanya beroperasi diatasnya jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi.

Layanan OTT membawa sejumlah kontroversi karena statusnya yang menumpang tanpa ada koneksi dengan operator. Apalagi dengan adanya layanan OTT pemakaian sms dan telpon sudah mulai berkurang sehingga pendapatan dari operator juga merosot.  Selain itu operator juga dituntut untuk meningkatkan infrastruktur jaringan, seperti bandwith, uptime, serta jangkauan jaringan. Baca juga Teknik Cara Mudah Ganti-Ganti Kartu Modem Tanpa Merusak Modem

Sehingga di tahun 2014 banyak operator yang kelabakan. Mulai tahun 2015 layanan OTT ditertibkan dengan dihapuskannya layanan Over The Top Gratis. Dihapusnya layanan OTT karena akan merugikan operator kecil yang memiliki finansial yang kembang kempis. 

Banyak operator sebelum tahun 2014 yang memberikan layanan OTT gratis bisa diingat kembali operator Tri yang memberikan aneka layanan OTT gratis pada 3 AON. Penyedia layanan OTT meraup untung banyak dari iklan tanpa berkontribusi pajak terhadapa operator yang dinaunginya.

Manfaat dari layanan OTT atau Over The Top bagi rakyat indonesia adalah tidak ada beban komunikasi seperti telpon ataupun sms lagi karena jika ingin telpon atau sms bisa menggunakan layanan OTT seperti Whatsapp, Line, Facebook, dan lain-lain.

Jadi Layanan OTT itu mengenakkan konsumen atau rakyat dan tidak mengenakan buat penyedia jasa internet alias operator.

Semoga dengan pengertian layanan OTT atau Over The Top ini semakin menambah pengetahuan kita tentang dunia Informasi dan Teknologi yang terus berkembang.

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 Komentar

Komentar
4 July 2017 at 07:37 delete

saya punya kuota ott call bonus bagaimna cra penggunaannya

Reply
avatar
9 July 2017 at 07:52 delete

Apa ott call bonus bisa untuk browsing atau semacam lain nya?? Mohon di jawab secepatnya...

Reply
avatar
9 July 2017 at 13:37 delete

kalau itu browsing gak bisa

Reply
avatar
26 September 2017 at 13:01 delete

Lalu apakah OTT Call Bonus tersebut dapat kita nikmati?
karena yang saya amati dari tahun ke tahun Layanan OTT hanya formalitas saja, kenyataannya tidak sama sekali digunakan. adakah solusi untuk mengubah Data "OTT Call Bonus" menjadi layanan Data pada umumnya yang dapat kita nikmati untuk sekedar membaca berita wahai mastah.

Reply
avatar

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...