8 Cara Memilih Tinta Printer Sesuai Kebutuhan Cetak

Cara memilih tinta printer memang perlu dibuat lebih detail. Apalagi sekarang beredar berbagai merek tinta dengan harga murah. Canon dan Epson adalah printer terlaris dan terbanyak pemakainya. Tinta isi ulang dipasaran sekarang lebih didominasi untuk dua merek  canon dan epson. Printer canon yang memiliki katrit yang didalamnya ada gabusnya dimana harga cartride original canon sangat mahal sedangkan epson bertipe semprot dan tidak menggunakan  gabus didalamnya.

memilih tinta printer sesuai kebutuhan cetak
Gambar harnya ilustrasi hasil screenshoot di google

Beragam harga tinta printer untuk berbagai merek tidak hanya canon maupun epson diiringi dengan harga printer yang semakin murah tentu kegiatan refill tinta akan semakin tinggi. Kebutuhan cetak yang tinggi menuntut pemilihan tinta printer yang lebih teliti. Tinta Printer murah belum tentu tidak bagus. Printer murah belum tentu tinta yang dipakai harus murah.

Dalam memilih tinta printer ibnuwajak perlu cara tersendiri karena ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan diantaranya kebutuhan cetak, merek tinta, bahan tinta, hasil cetak, tanya orang yang mengerti tinta, dan harga tinta.

Memilih tinta printer berdasarkan kebutuhan cetak. Dalam memilih tinta tentu kita tidak asal pilih karena kebutuhan cetak dan kegunaan tinta berbeda-beda. Bila kebutuhan cetak kita sebatas untuk mencetak dokumen serta kertas yang digunakan kertas biasa bertipe plan paper maka tinta berjenis Dye Based ink bisa dipilih karena bahan pembuatnya adalah air tetapi tinta ini mudah luncur dan kurang cocok untuk cetak foto serta tinta dye based memiliki harga yang murah, biasanya jasa rental komputer ataupun di warnet menggunakan jenis tinta ini untuk menekan biaya. Bila kebutuhan untuk cetak foto atau cetak undangan dimana kebutuhan cetaknya tidak mudah luntur atau bertahan lama maka tinta yang dipilih adalah tinta tipe pigment art ink. Tinta pigment tidak mudah luntur terhadap air atau cuaca karena mengguna pigment dari bubuk yang tidak larut dalam air. Bila kebutuhan cetak untuk media seperti mug maka tinta yang dipilih adalah tinta sublim atau sublimation ink. Kenapa tinta sublim karena jenis tinta sublim karena tinta sublim akan merekat sangat kuat pada mug dan jenis lainnya. Sublim adalah perubahan benda padat ke gas. Penjelasan tentang perbedaan tinta dye based, pigmet dan sublim.

Memilih tinta berdasarkan merek atau brand. Banyak brand atau merek yang bertebaran di pasaran. Memilih tinta merek ternama dan banyak yang memakai bisa dijadikan acuan untuk memilih tinta tersebut. Kalau tinta merek A banyak beredar di daerah sahabat ibnuwajak bisa di pilih juga karena itu memudahkan menyamakan merek tinta. Penggunaan merek tinta sejenis salah satu solusi untuk mempertahankan head printer. Dimana setiap merek memiliki bahan sendiri-sendiri walau kebanyakan tinta berbahan dye based ( air), pigment, ataupun sublim. Perlu diketahui efek mencampur tinta dengan beda merek atau beda peruntukan tintan seperti tinta epson untuk printer canon ini bisa mempersingkat umur head printer.

Memilih tinta berdasarkan bahan pembuat. Bahan pembuat tinta umumnya adalah air perlu diketahui kalau bahan selain air yaitu Alkohol. Beberapa referensi di situs perbaikan printer tinta yang berbau alkohol cenderung merusak head printer.  Jika tinta kalau dikocok mengeluarkan busa yang gampang hilang itu menandakan tinta berkualitas, kalau busa sulit hilang lebih baik jangan dipilih.

Memilih tinta berdasarkan tingkat keasaman atau PH. PH atau tingkat keasaman tinta yang bagus adalah seimbang. Cara mengukur keasaman atau PH tinta bisa menggunakan PH meter digital. Hampir semua merek  tidak mencantumkan PH atau keasaman tinta. Berdasarkan penelitian dan referensi yang ada PH atau tingkat keasaman sebuah tinta isi ulang dibagi menjadi 3 kategori:

1. Kategori  Balance atau seimbang yaitu tinta memiliki keasaman yang seimbang. PH yang seimbang sangat bagus untuk head printer. Tingkat ukuran PH pada sebuah tinta berkisar antara 6,5 – 7,5.

2. Kategori Basa yaitu memiliki keasaman yang masih diperbolehkan untuk digunakan. PH basa memiliki tingkat ukuran antara 8 – 10.

3. Kategori asam yaitu tinta memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Jika tinta asamnya tinggi maka sangat dilarang dipakai. Tinta asam memiliki tingkat ukuran antara 3,4 – 4,4.

Efek menggunakan tinta yang kategori asam adalah bisa merusak print head karena memiliki sifat korosi pada komponen-komponen mikroskopis. Selain merusak printehead juga merusak komponen stainless steel dan logam dibawahnya. Jika tinta kategori asam digunakan untuk printer epson maka siap-siap mengganti head printer anda.

Memilih tinta berdasarkan hasil cetak. Sebelum memutuskan memilih suatu merek tinta lebih baiknya sahabat ibnuwajak meminta penjual untuk memberi contoh hasil cetak dari suatu tinta. Begitu juga testimoni atau pendapat penjual tentang hasil cetak tinta tersebut. Biasanya penjual akan menjelaskan kekurangan dan kelebihan dari tinta tersebut. Kalau perlu minta garansi pada penjual dari tinta tersebut sekalian tips trik mencetak supaya printer awet.

Memilihi tinta berdasarkan tingkat kekentalan. Barang berbentuk cair tentu saja memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Tinta yang memiliki tingkat kental yang tinggi kurang baik untuk printhead karena kalau disimpan dalam jangka waktu lama akan mengental seperti lendir yang bisa mengakibatnya head atau nozzel printer bahkan selang infus tersumbat. Tingkat kekentalan yang wajar tentu saja membuat hasil cetakan cepat mengering tanpa meninggalkan noda.

Memilih tinta berdasarkan harga. Harga tinta printer per 100 ml bervariasi dari harga 10rban sampai 100rban mengikuti kebutuhan masing-masing orang. Harga tinta printer yang murah biasanya kurang bagus karena bisa jadi efek tinta lama mengering dan kalau printer disimpan tinta akan mengental yang berakibat merusak printhead. Lebih baiknya gunakan tinta semerek waktu sahabat ibnuwajak membeli printer. Contohnya merek tinta epson yang sudah dikhususkan untuk printer epson sesuai dengan waktu beli awal, maka ada baiknya sahabat semuanya mengguna tinta bermerek epson..

Hal wajib sebelum membeli tinta tanyakan merek tinta yang bagus dan sering dipakai pada penjual. Kalau ada teman yang mengguna tinta berlainan merek bisa bertanya juga hasil cetaknya.

Kesimpulannya dalam memilih tinta untuk printer kesanyangan itu susah-susah mudah karena beredar berbagai merek tinta dengan bahan dan harga yang bervariasi. Hindari yang berbahan alkohol. Hindari yang busanya sulit hilang dan mudah mengental.  Itulah 8 cara memilih tinta printer sesuai kebutuhan cetak.  Jika ada tulisan yang kurang berkenan silahkan lapor ibnuwajak. Semoga tips-tips ini bermanfaat

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...