10 Tips Memilih Smartphone Berkualitas

Memilih smartphone memang susah-susah gampang ditambah lagi anda adalah orang awam yang baru mengenal smartphone. Apalagi jika anda memiliki dana terbatas untuk membeli smartphone android maka akan bikin puyeng dan solusinya pasti memilih smartphone seken. Sebelumnya sudah dijabarkan tanda-tanda bahwa anda sebaiknya ganti ponsel baru. Melalui artikel ini ibnuwajak akan menjabarkan teknik atau tips memilih smartphone berkualitas seusai selera.

tips memilih smartphone berkualitas
source gambar: google.co.id

Dalam memilih smartphone ada beberapa kriteria yang patut diperhitungkan mulai dari merek yang ternama, spesifikasi yang disematkan, kapassitas baterai yang ditanamkan, ditambah dengan kapasitas penyimpanan patut diperhitungkan,dan untuk kriteria yang lain akan dijabarkan berikut ini.
Tips memilih smarphone berkualitas pertama. Tentukan tujuan sebelum membeli smartphone. Tujuan membeli smartphone anda apa????ada banyak tipe smartphone dan juga tujuan membeli smartphone. 

Mungkin membeli smartphone dengan kapasitas memori besar semisal 32GB supaya bisa menyimpan banyak aplikasi . Mungkin membeli smartphone dnegan spesifikasi paling bagus karena anda penggemar gaming jadi spesifikasi yang tertinggi sangat prioritas. Jika anda penggemar fotografi maka dianjurkan memilih smarphone dengan spesifikasi kamera bagus sehingga bisa menggantikan kamera saku atau kamera DSLR anda.

Tips memilih smartphone berkualitas kedua. Tentukan kapasitas memori RAM yang ingin dipilih. Saat ini memori RAM 1GB sudah mulai banyak beredar, tetapi memori RAM dibawah 1GB juga masih ada yaitu 512MB dan 768MB. Memori RAM dibawah 1GB menurut ibnuwajak kurang bijak karena sekarang aplikasi smarphone smakin boros RAM. Kelebihan memori RAM minimal 1GB adalah menghindari gagalnya menjalankan aplikasi tertentu. Anda mungkin pernah mengalami aplikasi tertentu tiba-tiba keluar paksa, itu menandakan memori RAM sudah penuh terpakai. Jika anda memiliki keinginan untuk lebih tidak ada kekhawatiran akan ngelag atau aplikasi berhenti tiba-tiba memilih smartphone dengan memori RAM 2GB sangat dianjurkan, apalagi sekarang sistem operasi Android sudha masuk tipe 5 atau Lolipop. Sistem operasi Lolipop akan berjalan lancar jika dijalankan disistem memori RAM 2GB walaupun juga bisa di sistem 1GB. Manfaat menggunakan memori RAM ukuran besar adalah space atau sisa penggunaan aplikasi masih ada banyak. Jika anda ingin lebih mengenal memori RAM .

Tips memilih smartphone berkualitas ketiga. Tentukan Kapasitas storage atau tempat penyimpan. Ketika era android jellybean atau kitkat kapasitas storage 4GB sudah sangat cukup tetapi dengan seiringnya waktu dan perkembangan kapasitas storagae 4GB sudah tidak cocok lagi untuk dipilih. Kenapa begitu?????karena storage atau tempat penyimpanan akan ngepress serta anda tidak bisa upgrade atau merasakan sistem operasi di atasnya kitkat. Perlu diketahui sekarang yang lagi ngetred adalah sistem operasi android 5.0 atau lolipop. Sedangkan Lolipop membutuhkan ruang instalsi sebesar 3GB bisa kita bayangkan tempat penyimpanan akan terbatas. Ibnuwajak sendiri sekarang memakai smartphone treq tune Z2 yang memiliki storage 4GB, ketika akan update aplikasi ke versi lebih tinggi sungguh menyiksa karena anda harus mengatur aplikasi yang penting dan tidak penting. Solusi tempat penyimpanan atau storage pilih yang berkapasitas 8GB karena untuk saat ini storage 8GB masih sangat ideal. Kalau anda gemar melakukan instalasi dan kedepannya smartphone yang anda pilih kemungkinan ada update ke versi lebih baru storage lebih besar dari 8GB patut diperhitungkan. Ketika membeli smartphone jangan mengandalkan tempat penyimpanan external untuk instal aplikasi karena penyimpanan eksternal jika tidak kompatibel atau tidak cocok malah merusak smartphone anda.

Tips memilih smartphone berkualitas keempat. Lihat spesifikasi dari processor. Processor pada smartphone ada beberapa macam diantarnya Qulacomm Snapdragon, Mediatek, Exynos, Intel. Jika anda penggemar gaming bisa dipilih smartphone yang memiliki core lebih banyak contohnya Quad core, mengapa harus lebih banyak core nya???? Karena ketika ingin membuka banyak aplikasi sekaligus dengan processor core banyak maka kemampuan dari smartphone tetap ringan dan tidak akan menemui yang namanya ngelag. Sistem smartphone sekarang tidak ubahnya dari laptop atau komputer, semakin banyak core nya maka akan mampu menangani beberapa aplikasi terbuka bersamaan tanpa takut ngelag. Apalagi disandingkan dengan memori RAM yang besar maka kebutuhan gaming atau multitasking aplikasi tidak takut ngelag lagi. Selain menunjang kemampuan gaming yang bagus. Processor smartphone dengan core banyak akan sangat cocok digunakan untuk editing gambar secara mobile. Jika anda orang awam ketika datang ke toko smartphone bisa ditanyakan pada penjual spesifikasi dari processor yang dibenamkan.

Tips memilih smartphone berkualitas kelima. Sisi pengabadian gambar alias kamera salah satu faktor utama dalam memilih smartphone. Dengan kamera di smartphone orang tidak perlu repot-repot bawa kamera digital keman-mana. Apalagi sekarang kemampuan kamera smartphone sudah mumpuni ditambah dengan aplikasi pendukung kamera smartphone banyak berseliweran di internet. Beberapa faktor yang patut di jadikan acuan untuk kamera smartphone adalah..... 1. Kecepatan fokus kamera smarphone. Fokus kamera yang cepat sangat penting karena dengan kemampuan fokus yang bagus Anda tidak perlu mengulang foto-foto berharga karena kasus blus atau kurang fokusnya kamera. Setiap Smartphone sekarang ini memiliki kemampuan fokus yang sudah mumpuni. Solusinya anda harus banyak tanya pada teman, baca situs review smartphone, atau langsung penjual..... 2. Bisa menangani Backlight atau cahaya latar. Cahaya latar itu yaitu ketika kita memotret berlawan dengan arah cahaya maka gambar akan kelihatan gelap. Tetapi jangan kawatir hampir semua smartphone saat ini memiliki fitur High Dynamic Range (HDR) yang baik. Dengan fitur HDR obyek akan terlihat terang meskipun difoto dengan arah cahaya berhadapan dengan kamera.....3. Kemampuan kamera smartphone seperti burung hantu. Sperti burung hantu disini kemampuan smartphone bisa melakukan pemotretan di malam hari dengan sangat baik. Karena beberapa smartphone kemampuan kamera akan buruk jika di malam hari. Perlu melakukan tanya-tanya pada teman atau penjual tentang kemampuan kameranya.....4. Hasil kamera tidak merubah warna kulit. Memang kamera smartphone kadang membuat warna kulit terlihat gelap ataupun terlihat lebih kuning. Solusi ini bisa dilihat dari review-review yang sudah dilakukan orang-orang tentang hasil kameranya. ....5. Memiliki fitur seting manual selayaknya kamera DSLR. Kemampuan ini sangat cocok digunakan jika anda suka berkreasi dengan jepretan.....6. Pilih Megapixel yang besar. Megapixel yang besar memiliki kelebihan bisa memberi hasil foto lebih detail ketika dicetak.

Tips memilih smartphone berkualitas keenam. Ukuran layar patut di perhitungkan. Saat ini layar smartphone didominasi ukuran 4,5 inchi sd 5,5 inchi. Ukuran layar yang besar sangat memudahkan anda untuk memotret karena hasil foto akan terlihat sangat detail dan jelas. Patut diperhitungkan adalah kemampuan layar dalam hal antigores. Layar smartphone sangat rentan tergores maka sangat patut dipilih layar smartphone yg memiliki pelapis layar seperti gorila glass. Meskipun smartphone bisa ditambah dengan pelindung layar yang bagus-bagus maka pilihan layar yang sudah diberi kemampuan antigores dari pabrik seperti kemampuan layar Gorila Glass bisa diperhitungkan walaupun memiliki harga agak mahal.

Tips memilih smartphone berkualitas ketujuh. Kapasitas baterai dan kemampuannya. Smartphone sekarang sangat boros daya dan juga memiliki layar yang besar. Kapasitas baterai yang pas-pasan mungkin tidak masalah jika anda memiliki powerbank. Alangkah baiknya memilih smartphone yang punya kapasitas besar seperti 3000mah. Smartphone  sekarang rata-rata menggunakan kapasitas 2000mah keatas. Kapasitas besar membuat kita tidak perlu sering-sering mencolokkan smarphone ke listrik karena kehabisan baterai. Patut diperhitungkan kemampuan charge cepat dan hemat baterai. Kemapuan charge atau cas cepat sangat diperlukan jika kapasitas smartphone pilihan anda berkapasitas jumbo atau besar. Kemampuan charge cepat berguna ketika kita sedang kepepet dan kapasitas baterai menipis. Maka kemampuan ini patut ditanyakan ke penjual. Selain fitur charge cepat perlu ditanyakan kemampuan penghemat baterai. Untuk setiap smartphone memiliki nama-nama sendiri dalam fitur penghemat baterai mengikuti perusahaan smartphone.

Tips memilih smartphone berkualitas kedelapan. Pelayanan purna jual. Pelayanan ini sangat perlu karena guna menunjang jika smartphone kita bermasalah atau rusak. Cek atau tanyakan juga kepada penjual lama garansi dari smartphone. Tipe garansi dari smartphone ada dua macam yaitu garansi toko, garansi ditributor, dan garansi resmi pabrik pembuat smartphone. Apa bedanya dari ketiga garansi ini????Garansi toko bisa dibaca dari namanya Toko tempat menjual smartphone yang memberi garansi, ini patut diwasdai karena garansi toko belum tentu garansi resmi. Garansi distributor menandakan garansi garansi bisa resmi bisa juga hanya garansi distributor. Garansi ditributor akan menjadi resmi jika smartphone yang anda beli terdaftar di pemegang kuasa wilayah indonesia, garansi distributor kadang tidak diterima oleh service center karena tidak masuk daftar distributor resmi. Garansi resmi otomatis ini resmi dan tidak pasti diterima oleh service center. Keberadaan service center perlu diperhitungkan karena demi kelangsungan layanan purna jual sperti rusak atau mengalami masalah selama masa garansi. Untuk mengetahui lokasi service center dari salah satu merek bisa melihat di website masing-masing merek.

Tips memilih smartphone berkualitas kesembilan. Lihat budget atau dana yang anda miliki. Ketika kriteria di atas sudah ditentukan saatnya anda melihat kantong anda sudah mencukupi apa belum. Menurut pengamatan ibnuwajak smartphone dengan fitur lengkap dan tidak mahal bahakan cenderung murah yang berada di rentang harga 1jt sd 2jt. Rentang harga ini anda bisa memilih smartphone kamera bagus dan memiliki beragam pilihan yang otomatis membuat anda puyeng....hehehehehehehehehe.

Tips memilih smarphone berkualitas kesepuluh. Mungkin fitur-fitur lain seperti disematkannya kemampuan anti air ataupun tahan cuaca ekstreem ada GPS offline serta fitur lain seperti compas ataupun termometer bisa dimasukkan dalam pertimbangan. Bahan desain casing dan juga paket penjualan bisa masuk pertimbangan.

Kesimpulannya semoga tips memilih smartphon berkualitas di atas bermanfaat dan membantu rekan-rekan, sahabat semuanya dalam memilih smartphone sesuai dengan keinganan serta dana. Jika ada kekurangan dalam memberi tips silahkan berkomentar.

Berdoalah sebelum memutuskan membeli smartphone yang di sukai atau srek di hati, 

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...