Tulungagung Akan Memiliki Penangkaran Penyu

penangkaran penyu tulungagung
Tulungagung akan memiliki Penangkaran penyu ini bukan hoax !!!Berita tentang keberadaan ini semakin dikuatkan dengan uploadan dari anggota Gorup Jejak Kaki Tulungagung bernama “Gunawan” di fotonya dekat Banner menampilkan beberapa gambar baru dan lokasi baru seperti Pulau Penyu, Goa lawa dan Kedung Aqua (Kali Pucung)

Lokasi penangkaran di daerah Dusun Ngelo, Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung tersembunyi tempat bertelurnya penyu-penyu. Di dusun ini pula terdapat 4 wisata pantai yang keren dan indah

Selain ditemukannya sarang-sarang penyu juga ada Goa Lawa. Goa Lawa lebih dikenal ada di daerah Kabupaten Trenggalek, tetapi sekarang Tulungagung juga punya. Lokasinya di sekitaran Pantai Ngalur, Kedalaman goa sekiitar -+ 500 meteran.

Pathok Gebang  lokasinya sebelah barat dari Pantai Sanggar. Sedangkan Jong Pakis Sebelah Baratnya Pathok Gebang dengan berjalan kaki selama 5 menitan. 

Mas Gunawan
Ini Mas Gunawan sedang berfoto di depan Banner baru Pantai Sanggar Sanggar

Pulau Penyu Tulungagung

Pulau Penyu adalah lokasi yang digunakan untuk penangkaran penyu. Terbilang termasuk baru ditemukan. Sebenarnya ini berada di daerah Pantai Pathok Gebang atau biasa di sebut Pathok Gebang oleh orang-orang. Ibnuwajak pernah mengunjungi beberapa kali ke pathok gebang memang tempat yang  damai dan jauh dari keramaian memungkinkan untuk bertelurnya penyu-penyu. 

Berita ditemukannya sarang penyu beserta telurnya diiyakan oleh Mas Gunawan. Memang  dari penjelasannya juga ibnuwajak jadi tahu kalau Pantai Ngalur, Pathok Gebang serta Jong Pakis pernah menjadi tempat bertelurnya penyu-penyu. Setelah sekian lama tidak ada aktivitas penyu bertelur akhirnya seminggu yang lalu ditemukan sarang tempat bertelurnya. Ada 6 sarang yang ditemukan tetapi yang bisa selamat 3 sarang karena yang lain dimakan biawak.

percakapan dengan mas gunawan 2
Percakapan ibnuwajak.id dengan mas Gunawan
Sementara iki sing ditemokne 6 sarang, tapi sing 3 wis termakan biawak, dadi tinggal 3 sarang, jenise yo rong paham piro, tp iki jik 2 jenis (Sementara masih ditemukan 6 sarang tetapi yang 3 sarang dimakan biawak, jadi tersisa 3 sarang, untuk ” tulis Mas Gunawan kepada Ibnuwajak (akun fb ibnu wijayanto)
percakapan dengan mas gunawan 1
Percakapan Ibnuwajak dengan Mas Gunawan

Goa Lawa Tulungagung

Kebanyakan orang lebih mengenal Goa Lawa di daerah Kabupaten Trenggalek siapa sangka juga kalau Tulungagung sebenarnya juga punya Goa Lawa. Lokasi Goa Lawa ini berada  di sekitaran Pantai Ngalur yang bersebelahan dengan Pantai Sanggar.

Masih bercakap-cakap dengan Mas Gunawan. Kalau Goa Lawa ini memiliki kedalaman sekitar 500 meter (lumayan untuk dikunjungi). Kalau mau masuk ke Goa pengunjung harus berjongkok dulu karena pintu masuknya sempit.

lek pintu ne sempit mas, masuke ndodok, tp jerone lebar (Kalau Pintu Sempit mas, Masuknya Jongkok, Tetapi Dalamnya Lebar” tulis mas Gunawan kepada Ibnuwajak.


Kedung Aqua (Kali Pucung)

Di Tulungagung yang lebih dikenal mungkin Kedung Tumpang yang barusan di liput oleh beberapa Televisi Swasta Nasional. Selain Kedung Tumpang ternyata di Sekitaran Pantai Sanggar ada lokasi yang mirip dengan Kedung Tumpang namanya Kedung Aqua biasa orang-orang mengenalnya Kali Pucung. Termasuk dalam kolam alami di atas bebatuan layaknya jackuzi membuatya seperti kolam pribadi. Kalau berkunjung ke Kedung Aqua atau Kali Pucung  siapkan perbekalan dan fisik yang ekstra karena medannya yang bikin tenaga terkuras.

Sahabat Ibnuwajak.id Tulungagung akan memiliki penangkaran penyu layaknya  kota tetangga yaitu Kabupaten Trenggalek yang terkenal dengan Pantai Kili-Kilinya.

Info Dari Mas Gunawan kalau hari senin ini 14/03/2016 Dinas Pariwisata, DKP Tulungagung dan BKSD Kediri rencananya akan langsung menuju Pathok Gebang!!!!.

Jika ingin info tentang sekitaran Pantai Sanggar bisa menghubungi Mas Gunawan atau tanya-tanya di Group Facebook Jejak Kaki Tulungagung 

Jika Kesulitan Tulis di GPS atau Mbah Google "Pantai Sanggar Tulungagung"

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Komentar
15 September 2016 at 18:59 delete

Pengen banget banget liat penyu secara asli, soalnya belom pernah,,

Reply
avatar

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...