Lima Cara Membuat USB Modem Awet Tahan Lama


cara membuat usb modem awet

Modem alat digunakan untuk mengakses dunia maya. Modem secara umum dibagi menjadi modem USB dan modem ADSL. Modem usb akses internet menggunakan kartu telpon dengan dipaketkan sesuai dengan tarif yang diinginkan. Modem ADSL sering digunakan oleh operator plat merah telkom untuk akses internetnya dirumah-rumah.

Harga modem dari hari kehari semakin terjangkau selaras dengan tarif dari masing-masing operator semakin murah juga. Jaringan untuk modem usb dibagi menjadi dua yaitu modem cdma dan modem gsm. Modem CDMA digunakan oleh operator Flexi(sebelum tutup), ESIA (kurang jelas arahnya), smartfren (operator CDMA paling kuat dan mampu bersaing dengan jaringan GSM), Modem GSM hampir semua operator pakai jaringan GSM. Baca juga Review Modem Sierra 320U dan Sierra 312U

Dalam perkembangannya modem gsm lebih mudah bertahan daripada modem cdma karena dengan gsm kita bisa leluasa ganti-ganti kartu untuk modem sedangkan modem cdma kita tidak bisa ganti-ganti kartu. Apalagi sekarang jaringan internet semakin lama semakin berkembang. Dulu hanya menikmati kecepatan 3G sudah senang sekarang sudah 4G kecepatan 10 kali lebih cepat. Modem 4G juga sudah banyak.

Semakin cepat jaringan muncullah namanya modem tercepat. Banyak produsen berlomba-lomba membuat modem kecepatannya sampai 100Mbps karena menggunakan jaringan 4G LTE. Modem yang cepat lebih gampang panas karena akses data terus menerus, tetapi banyak faktor yang menyebabkan modem cepat panas sehingga tidak awet. Berikut ada cara membuat USB modem awet tahan lama.

1. Gunakan USB extender ketika mencolokkan modem ke komputer atau laptop. Dengan menggunakan kabel extender panas bisa diminimalisir oleh kabel, karena ketika mencolok langsung maka konektor USB akan terkena tegangan langsung yang mengekibatkan modem panas. Panjang USB extender ada bermacam-macam bisa 30 cm sd 20 meter tergantung dari kebutuhan. Kalau daerah anda kesulitan sinyal bisa menggunakan yang panjang. Karena modem bisa ditaruh langsung di lura rumah

Kelebihan: Modem bisa ditaruh diluar rumah supaya mendapat sinyal lebih baik

Kekurangan: kita harus membeli USB Extender sendiri jika waktu membeli tidak disertakan USB extender Selain itu kita kontrol modemnya semakin susah karena harus diluar rumah.

2. Gunakan kipas didekat modem. Kipas disini bisa menggunakan Kipas cooler laptop yang murah atau pun dengan kipas angin biasa diarahkan langsung pada modem. Menurut beberapa yang sudah menggunakan cara ini kurang baik karena ketika angin kencang sinyal bisa tergantung.

3. Taruh modem di atas porselen. Kenapa porselen?? Karena porselen memiliki sifat dingin sehing modem akan dingin terus. Cara dilakukan menggunakan kabel USB extender digabung dengan antena external. Menurut ibnuwajak cara ini sangat ampuh karena kita mendapat dua pendinginan dari USB extender dan juga dari porselen. Jika tempat agan sinyalnya kuat tidak perlu menggunaka antena eksternal atau antena portabel.

4. Bungkus modem dengan aluminum foil. Cara ini agak konyol karena modem dibungkus aluminum foil panasnya akan terserap olehnya. Kekurangannya bisa jadi sinyal malah lemah.

5. Gunakan Aktivator kartu. Dengan menggunakan aktivator kartu maka tembaga pada modem tidak akan sering bergesekan karena ganti-ganti kartu. Cara ini bisa digabungkan dengan  penggunakan usb extender dan antena eksternal. Teknik inilah yang ibnu wajak terapkan sehari-hari. lebih jelas baca cara mudah ganti kartu modem dengan aktivator

Begitulah lima cara yang mungkin membantu sahabat semuanya supaya modemnya awet dan tahan lama. Sekarang ini solusi murah yaitu menggunakan modem usb. Usb modem gsm yang baguspun sudah banyak bermunculan diimbangi harga modem murah. tetapi cara diatas bisa membuat pembaca lebih santai dalam menggunakan modem.

Selamat bereksperimen dan harus sabar, teknik ini sudah ibnuwajak terapkan semuanya dan yang paling rekomendari cara nomer 5.

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...