5 Penyebab Utama Kebakaran Rumah Yang Wajib Diantisipasi

penyebab kebaran rumah
Bencana kebakaran rumah merupakan salah satu bencana yang masih sering di temukan di negara tercinta ini. Khusus kota besar seperti Jakarta dengan tingkat populasi penduduk yang tinggi serta rumah – rumah yang saling berdekatan sering membuat kebakaran merembet dengan cepat.

Maka dari itu kota-kota besar seperti di Jakarta atau lur negeri peran dari Pemadam Kebakaran sangat penting. Kadang Pemadam Kebakaran saja kuwalahan dengan kobaran Si Jago Merah ini. Lokasi yang sulit salah satu fakto pemadaman api menjadi terhambat. Jauhnya sumber air atau terbatasnya pasokan air termasuk penghalang dalam pemadaman api itu sendiri.

Dibalik kesulitan dalam pemadaman sebenarnya ada beberapa hal yang sering menjadi penyebab bencana kebakaran. Sering kita dengar di televesi atau media massa yang lain kalau penyebabnya dari Konsleting listrik dan Kompor Gas padahal banyak faktor selain itu.

5 Penyebab Utama Terjadinya Kebakaran Yang Wajib Diantisipasi

Konsleting Listrik

Konsleting Listrik merupakan penyebab kebakaran rumah yang sering menjadi kambing hitam dalam bencana ini. Pemasangan Instalasi listrik yang semrawut tidak ditata dengan rapi merupakan biang kerok kebakaran. Kita tahu sendiri waktu mencolokkan charger laptop ke stop kontak sering muncul percikan cahaya itu adalah proses gesekan pertemuan dua aliran listrik. Jika Stop Kontak tidak bagus atau berstandar SNI lebih mudah terbakar seperti stopkontak gosong ataupun meleleh ini sangat mengkhawatirkan.

Ukuran kabel yang digunakan untuk instalasi listrik di rumah kadang asal pasang tidak mengikuti aturan yang berlaku. Apalagi rumah lama yang dulunya pasang instalasi apa adanya menggunakan hukum asal pasang tanpa menggunakan hukum aturan ukuran dari kabel yang seharusnya. Untuk mencegah masalah ini sebaiknya kita meminta tolong kepada orang yang bisa untuk instalasi listrik di rumah atau memanggil petugas PLN..

Kompor Meledak

Kompor Meledak salah satu biang masalah si jago api lahir. Tidak bisa dipungkuri ketika era awal penggunaan kompor berbahan gas ini, sangat sering di temui kebakaran disebabkan oleh kompor meledak. Mungkin kita pernah tahu jika waktu awal-awal penerapan kompor gas banyak masalah yang muncul salah satunya kualitas dari tabung gas kurang baik seperti berkarat ataupun tipis bahannya sehingga mudah bocor tabung gasnya.

Pemasangan regulator yang kurang benar salah satunya bisa menyebabkan bocor, maka dari itu cek dulu SNI dari regulator semakin bagus kualitasnya kadang lebih aman. Jika kualitas regulator sudah bagus tetapi masih tidak bisa mancap sempurna kemungkinan kepala tabung yang kurang bagus. Kita tahu kalau di kepala tabung ada karetnya supaya menekan sempurna, kadang karet ini bermasalaha maka dari itu  banyak pengunci regulator dengan kepala tabung. Kalau sahabat semuanya tidak bisa memasang bisa membeli tabung gas panggilan yang siap menolong untuk memasangkan sekalian.

Membakar Sampah Dekat Rumah

Membakar sampah yang berdekatan dengan rumah. Memang sering kasus ini terjadi apalagi jika daerahnya tidak ada tukang sampah yang keliling untuk mengambil sampah ke rumah-rumah. Kecederrungan membakar sampah adalah ide yang bagus tetapi jika tidak membakar sampahnya dekat dengan rumah siap-siap ada angin kencang kemudian kebakaran. Solusi permasalahan ini memang agak ribet karena kalau tidak di bakar sampah akan menumpuk dan kalau dibakar akan membuat polusi udara.

Membuang Putung Rokok Sembarangan

Membuang putung rokok sembarangan Memang merokok bagi sebagian orang adalah hal yang sangat wajib dan tidak boleh ditinggalkan, tetapi membuang rokok sembarang salah satu penyebab kebakaran.Walau api di putung rokok kecil tetapi jangan anggap sepele itu api apalagi dibuang pada tempat yang kering seperti di tempat sampah yang penuh dengan kertas, Otomatis akan menimbulkan kebakaran.  Solusinya jika putung rokok mau dibuang dimatikan dulu di atas asbak atau diinjak terus di buang di tempat sampah.

Asal Menggunakan Cairan Mudah Terbakar

Jangan asal menggunakan cairan yang mudah menimbukan terbakar sembarangan. Cairan yang mudah meimbulkan kebakaran diantaranya solar, minyak tanah dan bensin, tetapi selain itu juga ada yang mudah terbakar yaitu lem dan parfum. Lem mudah terbakar???? Mungkin sebaiknya sahabat semuanya membaca di bungkus lem  dulu karena ibnuwajak.id pernah membakar salah satu lem dan hasilnya bombastis terbakar langsung. Untuk parfum sekiranya yang komposisi alkoholnya tinggi perlu dihindari.

Sahabat ibnuwajak.id itulah 5 penyebab utama terjadinya kebakaran yang wajib diantisipasi. Antisipasi maksunya agarkita lebih waspada terhadap penyebab kebakaran itu. Kalau kita tidak hati-hati dari sekarang, sahabat ibnuwajak.id mau mengalaminya?????

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...