Mengenal Harddisk Komputer Lengkap

fungsi harddisk lengkap

Belajar Komputer Mengenal Fungsi Harddisk Lengkap - Sahabat wajakteknologi siapa yang sudah tahu harddisk??? Harddisk adalah nama yang tidak asing kita dengar ketika berhadapan dengan komputer laptop. Tetapi kita lebih sering medengar dengan panggilan memori!!! Karena kita sering mendengar ketika membeli laptop komputer orang akan bertanya memori penyimpanannya berapa???Ini sering wajakteknologi alami ketika berhadapan dengan pelanggan apalagi orang awam. Memori lebih mengacu pada memori Ram bukan harddisk. Supaya sahabat lebih mengenal fungsi harddisk baca artikel dibawah ini lengkap beserta sejarah harddisk!!!! Baca juga Belajar Perangkat Input Output Komputer dan Fungsinya

Sejarah harddisk

Berbicara tentang fungsi harddisk tidak cocok jika tidak mengetahui sejarah harddisk. Ilmu tidak baik jika melupakan sejarahnya. Harddisk rilis pertama kali pada tahun 1956 oleh perusahaan IBM dengan kapasitas penyimpanan sebesar 5M dan berat mencapai 500kg. Spesifikasi ini ditambah dengan ukuran sebesar 24 inchi, acces time 600ms, kecepatan putaran 1200rpm serta memakan daya kerja 10KW. Harddisk awal bekerja membutuhkan kompresor udara tekanan tinggi. Pertama kali harddisk ini tidak dijual dan hanya disewakan pada perusahaan dengan jangka waktu tertenu serta biasa sewa sebesar 5000 Dollar AS. Baca juga Mengenal CPU Komputer
harddisk pertama
Gambar Harddisk Pertama

IBM mengembangkan harddisk baru pada tanggal 11 Oktober 1962 dengan nama IBM 1311 bertipe Open Harddisk. Spesifikasi Harddisk ini memiliki berat 4,5Kg, Ketebalan harddisk mencapai 4 inchi dengan memiliki 6 disk berukuran 14 inchi dan 10 permukaan yang bisa ditulis. Kemampuan menyimpan 2juta karakter di disk pack yang diganti. Harddisk kedua memiliki bobot lebih ringan walau ukuran masih besar. Baca juga Mengenal Processor Secara Lengkap

harddisk kedua

Tahun 1973 IBM membuat pengembangan harddisk baru dimulainya program Winchester dengan piringan berputar serta terpasng permanen. Harddisk ini tidak berkembang karena ditemukan masalalah pada mekanis loadingnya serta kemiripan nama harddisk ini dengan nama senjara (Whincester)sehingga perdebatan dimulai.
harddisk winchester

Tahun 1979 dibuat lagi dengan nama Winchester berukuran 8 inchi. Harddisk Winchester ini masih sangat berat serta mahal. Harddisk yang diperuntukan untuk Industri ini dibanderoh dengan harga 1000euro/Mb pada waktu itu.

Tahun 1980 perusahaan ternama seagete menghadirkan harddisk pertamanya dengan nam ST506. Harddisk yang memiliki kapasitas 6MB dengan kecepatan putaran 3600rpm dan ukuran 5,25 inchi ini dibanderoh sebesar 1000 dollar AS. Kapasitas harddisk di tahun ini sudah mencapai 26MB

Tahun 1981 kaspasitas penyimpanan harddisk mencapai 5MB – 26MB dari berbagai merek.

Tahun 1983 PC IBM/XT harddisk internal ukuran 10MB telah dimasukkan pada komputer ini. Kapasitas yang tersedia 6MB – 21MB dari berbagai merek.

Tahun 1986 Protokol Input dan Output pertama kali untuk interface harddisk di standarkan dengan nama SCSI.

Tahun 1987 Kapasitas penyimpanan harddisk tersedia dengan ukuran 10MB – 40MB.

Tahun 1988 kapasidtas penyimpanan mulai membesar dengan ukuran yang tersedia 20MB – 40MB.

Tahun 1989 Perusahaan WD /Western Digitan membuat standar koneksi IDE (Integrated Drive Electronics) untuk segala ukuran harddisk. Kapasitas yang tersedia di standar IDE dari 20MB – 40MB.

Tahun 1995 Seagate membuat kapasitas penyimpanan harddisk dari 240MB – 2,9GB

Tahun 1996 Western Digital, IBM, Maxtor, Quantum membuat kapasitas penyimpanan dari 1,6GB – 3,2GB.

Tahun 1998 perkembangan harddisk mulai menpakkan diri dengan munculna Giant Magnet Resistance (GMR) yang ditemukan oleh Peter Grunberg, dengan DTTA-351680 dengan batas kpasitas 10GB

Tahun 2001 perusahaan Maxtor membuat harddisk dengan ukuran 20GB dengan nama Maxtor VL 4032049h2.

Tahun 2004 harddisk SATA pertama dari Seagate dengan Native Command Queing kapasitasnya mencapai 120GB. Merupakan peningkatan kapasitas hingga 6 kali lipat.

Tahun 2005 hybrid harddisk ukuran 2,5inchi diperkenal oleh samsung. Komponen mekanis magnetis mulai diterapkana di harddisk ini. Untuk mempercepat akses NAND flash memory dibenamkan yng berfungsi sebagai buffer.

Tahun 2006 Seagate meluncurkan tipe Momentus 5400.3 yaitu harddisk tpe 2,5inchi yang berkapasitas 160GB serta menggunakan teknik vertical recording.

Tahun 2007 harddisk ukuran 1000GB atau 1TeraByte pertama diluncurkan oleh Hitachi dengan tipe DeskStar 7K1000HD.

Tahun 2010 harddisk dengan kemampuan akses cepat pertama kali muncul yaitu SSD atau Solid State Drive. SSD memiliki kemampuan baca dan tulis lebih cepat daripada harddisk piringan. SSD adalah harddisk masa depan. Kapasitas SSD untuk sekarang ini


Pengertian Harddisk

Harddisk adalah gabungan dua kata inggris “Hard” artinya “keras” dan “Disk” artinya “cakram”. Harddisk masuk dalam kategori hardware atau perangkat keras komputer. Harddisk merupakan kompnen penting yang bertugas untuk menyimpan data pada komputer.

Di harddisk orang menyimpan data music, gambar, dokumen film, dan lain-lain. Di harddisk juga system windows di instal atau dimasukkan. Bisa dibayangkan sahabat wajakteknolgi jika harddisk kita lepas, maka komputer atau laptop tidak bisa digunakan dan hanya tampil layar hitam dengan tulisan putih.

Fungsi Harddisk

Fungsi harddisk memang sangat vital sebagai tempat penyimpanan data. Data yang disimpan dalam harddisk berdifat paten karena ketika komputer dimatikan dan tugas-tugasa kerja kita selesai di ketik maka data akan disimpan di harddisk. Dan yang bisa menghapusnya hanya anda.

Selain berfungsi menjadi tempat penyimpanan harddisk juga berfungsi menjadi memory ram. Kok Bisa???? Bisa kejadian ini akan terjadi jika sahabat sekalian menggunakan komputer dengan kapasitas ram yang kecil seperti 1 Gb atau 2 Gb tetapi sahabat menggunakannya untuk main game ataupun editing video maka otomatis harddisk beberapa Giga akan terpakai. Baca juga Mengupas Motherboard Komputer

Data dalam harddisk bisa hilang secara manual dan otomatis. Secara manual yaitu pengguna yang menghapus datanya kalau otomatis biasanya karena virus yang secara tiba-tiba menghapus data. Ukuran kapasitas harddisk sekarang sudah mencapai Terabyte dengan harga yang terjangkau, kalau 7 tahun yang lalu harddisk memiliki kapasitas terbesar hanya 500Gb dengan harga yang super mahal serta kecepatan beda jauh dengan sekarang. Kayaknya sahabat wajakteknologi sudah mengenal fungsi harddisk ya???kira-kira sahabat sekalian sudah tahu belum jenis harddisk yang sudah beredar.

Jenis Harddisk Berdasarkan Ukuran Fisik

Harddisk Berdasarkan ukuran fisik dibagi menjadi 3 tipe:

1) Harddisk Ukuran 1,8 Inchi. Harddisk 1,8 inchi sering dipasang pada laptop ukuran 10 inchi ke bawah serta beberapa handycam/comcoder menggunakan tipe ini.

2) Harddisk ukuran 2,5 Inchi. Harddisk 2,5 inchi sering dipasang pada laptop/notebook. Harddisk ukuran 2,5 inchi memiliki fungsi yang luas karena bisa dipasangkan tidak hanya pada laptop tetpi sekarang banyak orang merakit komputer memilih harddisk ukuran 2,5 inchi karena ringkas dan lebih murah. Kemampuan harddisk 2,5 inchi sekarang sudah tidak ada bedanya dengan harddisk besar untuk komputer PC dari kecepatan baca tulis ataupun kekutannya. Baca juga Dua Bagian Penting Motherboard Komputer

3) Harddisk ukuran 3,5 inchi. Harddisk 3,5 inchi hanya bisa dipasangkan pada komputer PC karena bentuk yang besar dan juga kebutuhan dayanya lebih besar. Tren harddisk 3,5 inchi kedepannya yaitu sebagai tempat penyimpanan karena kapasitasnya terus bertambah besar.

Jenis Harddisk Berdasarkan Konektor

1) Harddisk IDE. Harddisk tipe IDE singkatan Integrated Drive Electronics merupakan tergolong harddisk yang murah, karena produk yang pasaran. Konektor IDE meruppakan stard lama dalam harddisk. Memiliki kecepatan maksimal 100Mb/s dengan menggunakan kabel 80pin lebar. Untuk sekarang pengguna harddisk IDE sudah mulai berkuran dan tergantikan oleh konektor SATA. Harddisk IDE kadang disebut juga harddisk ATA (Advanced Tehcnology Attachment).

harddisk-sata-hardisk-ata
Gambar Harddisk ATA/IDE dengan Harddisk SATA

2) Harddisk SATA. Harddisk SATA singkatan Serial Advanced Technology Attachment. Konektor SATA menggantikan teknologi IDE dengan jumlah pin sebanyak 39pin. Walaupun jumlah pin setengahnya IDE tetapi kecepatan transfernya cukup tinggi. Sampai sekarang teknologi SATA sudah sampai generasi ke tiga. SATA I (SATA satu) memiliki kecepatan transfer 1.2 GB/s (real speed 150Mb/s). Muncul SATA II ( kecepatan 3.0 GB/s (real speed 300Mb/s) dan juga muncul tipe eksternal ESATA 3.0 Gb/s (real speed 350Gb/s) serta yang paling terbaru SATA III 6.0 Gb/s (Real Speed 600 Mb/s), SATA III juga cocok dipasangkan pada SATA II.

3) Harddisk SCSI (Small Computer Standart Interface). Harddisk yang memiliki antar muka tersendiri. Disk SCSI cenderung lebih mahal tetapi performanya yang lebih bagus karena jalur bus SCSI lebih baik daripada jalus bus PCI. Kecepatan 160 Mb/s dibagi menjadi 3 jenis SCSI I, Wide SCSI, Ultra Wide. Dulu untuk merasakan teknologi SCSI harus menggunakan card khusus tetapi Motherboard sekarang sudah membenamkan teknologi SCSI ini. Umumnya SCSI digunakan untuk system server yang menuntut kinerja yang tinggi. Teknologi SCSI sekarang ini lebih dikenal dengan Teknologi RAID (Redudancy Assay od Independent Disk). RAID adalah teknologi yang membuat sekumpulan harddisk yang akan dibaca oleh OS menjadi satu drive tunggal. Kelebihan RAID adalah keamanan dan kemampuan pemulihan data atau RECOVERY.
harddisk-SCSI


Bagian-Bagian Harddisk

bagian-bagian-harddisk
Gambar: Bagian-Bagian Harddisk

1) Platter adalah komponen utama harddisk yang berfungsi untuk menyimpan data dimana berbentuk sebuah piringan atau plat yang berbentuk bulat serta memiliki pola-pola magnetis di sekitas sisi-sisi permukaannya. Platter dilengkapi dengan track dan juga sector. Track dan sector menyimpan ID pengenal untuk format harddisk. Track dan Sector menyebabkan kapasitas di masing-masing harddisk berbeda dengan spesifikasinya.

2) Spindel adalah poros yang ditempati oleh platter. Poros memiliki penggerak yang berguna untuk memutar pelat harddisk. Semakin cepat putarannya kecepatan akses  harddisk semakin cepat.

3) Head merupakan komponen elektromagnetik yang ditempatkan pad permukaan pelat yang menempel pada sebuah slider yang melekat pada sebuag tangkai yang dipasang melekat. Head berfungsi membaca data pada permukaan pelat dan merekam informasi ke dalamnya. Cepat tidaknya pembacaan dan penulisan head tergantung pada kondisi sector pada platter.

4) Logic Board adalah papan pengendali . Papan pengendali disini bertugas mengkomunikasikan setiap pertukaran infromasi yang diperlukan antara kompone-komponen harddisk dengan komponen komputer lainnya.

5) Actual Axis adalah penyangga head supaya dapat berada diatas atau dibawah platter berbentuk sebuah gagang/media.

6) Ribbon Cabble adalah kabel penghubung antara head dan logic board, sebagai media penghantar informasi dari head ke logic board begitu pula sebaliknya.

7) Jumper adalah pin pengatur kedudukan harddisk pada BIOS motherboard komputer. Pemakaian jumper sudah mulai tidak digunakan semenjak harddisk SATA muncul. Jumper populer digunakan pada harddisk IDE karena jika harddisk IDE dipasang 2 buah maka kita harus menentukan posisi harddisk nanti, sebagai harddisk primer/utama atau sebagai harddisk sekunder. Harddisk primer disebut juga Master serta harddisk sekunder disebut Slave. Master adalah harddisk yang digunakan untuk menginstal OS atau aplikasi, sedangkan SLAVE digunakan untuk menyimpan dokumen atau data. Pengaturan masing-masing harddisk berbeda-beda melihat dari pembuat harddisk.

8) Konektor Power adalah konektor yang menghubungkan sumber arus dari power suply ke harddisk. Tegangan untuk harddisk ada 2 (dua) macam yaitu tegangan 12 volt berfungsi untuk mengerakkan mekanik seperti piringan dan head. Tegangan 5 volt berfungsi mensupply daya pada logic Board supaya dapat bekerja mengirim maupun menerima data.

Cara Kerja Harddisk

1) Ketika berhenti head berada di atas piringan harddisk.
2) Ketika aktif piringan harddisk berputar di spindel. Standar putaran harddisk adalah 5200rpm – 10000rpm dan yang khusus 7200rpm – 15000rpm
3) Saat berputar sangat cepat head mengembang pad piringan harddisk sedangkan head bergerak ke kiri dan ke kanan.
4) Saat mengembang itulah head akan melakuakan proses baca menulis.
5) Motor spindel berputar berlawanan arah jarum jam.
6) Ketika mengembang head mengambang pada bagian platter
7) Saat komputer dimatikan maka head akan berhenti dan akan mendarat pada tempat tertentu yang disebut landing zone.

Sahabat wajakteknologi...... Sejarah harddisk dari tahun ke tahun lebih ke kapasitas yang semakin besar karena kebutuhan menyimpan orang semakin banyak, serta teknologi harddisk juga meningkat tidak menggunkan piringan lagi tetapi menggunkan memory flash dengan kemampuan lebih baik dan baca tulis lebih cepat. Itulah pelajaran kita tentang Belajar Komputer Mengenal Fungsi Harddisk Lengkap beserta sejarahnya

Referensi:
http://aristwn.staff.iainsalatiga.ac.id/
http://silvester-blog.blogspot.co.id/

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...