Motobot Robot Pertama Yamaha

Motobot-Robot-Pertama-Yamaha

Sahabat WajakTeknologi, Siapa yang tidak kenal YAMAHA!!! Produsen kendaraan bermotor yang memproduksi Vixion, Byson, R15, R25, Mio, NMAX, dll. Bebebrapa waktu lalu Yamaha memperkenalkan keluarga barunya yaitu sebuah robot yang bernama "MOTOBOT". Kayaknya akan menjadi saingan dari robot "ASIMO" dari honda. Baca juga All New Honda CBR150R 2016


Motobot dirilis pada tanggal 28 Oktober 2015 di Ajak Tokyo Motor Show 2015. Dalam Situs Yamaha dikatakan bahwa "Motobot adalah robot humanoid pengendara motor" (sebenarnya bahasa inggris) Kunjungi website yamaha . Jadi Robot ini sebenarnya adalah robot yang difungsikan yamaha untuk mengetes produk terbarunya, supaya mengurangi kecelakaan jika yang mengetes adalah manusia.


Motobot-Robot-Pertama-Yamaha


Desain dari Motobot dibuat selayaknya manusia mengendarai motor. Dalam perilisannya itu Motobot diuji dengan motor Yamaha R1M. Yang patut diacungi jempol yaitu motor yang dikendarai oleh Motobot sama sekali tidak ada modifikasi dan hanya modifikasi pada pelindung motor semata, untuk mesin serta semua pernak pernik original. Yamaha Mengatakan bahwa tujuan akhir pembuatan Motobot adalah mengalahkan catatan waktu Valentino Rossi (VR 46). Mengapa untuk mengalahkan rekor Valentino Rossi??? " Karena Motobot ini terinspirasi dari gaya balap Valentino Rossi.

Di situr resmi yamaha ada beberapa target yang ingin dicapai yaitu jika tahun 2015 Motobot  meraih top speed atau meraih kecepatan sampai 100 Km/jam maka untuk 2017 Motobot bisa mengendarai sampai kecepatan 200 Km/jam. wow pecanpaian yang ingin diraih sangat keren. Baca juga Top Speed All Suzuki Satria F150 Injeksi 147kpj

Motobot-Robot-Pertama-Yamaha
Roadmap pengembangan Motobot

Tetapi pencapain dan angan-angan itu memang bisa tercapai karena dalam video. Motobot bisa mencapai kecepatan 100km/jam tanpa ada halangan seperti jatuh atau yang lain, mungkin karena itu yamaha ingin meningkatkan sampai 200km/jam. Tahun 2020 yamaha berharap bahwa Motobot bisa digunakan untuk mengembangkan kendaraan yang lebih baik demi perkembangan YAMAHA.

Untuk sekarang ini Motobot msaih sebatas pengembangan karena dalam video dalam mengendarai R1M masih dibantu penyembingan kanan-kiri. Trus siapa yang mengendalikan????

Motobot-Robot-Pertama-Yamaha


Pengendali Motobot sekarang ini masih sebatas kendali jarak jauh belum otomatis. untuk versi berikutnya  pengendalian akan otonom melalui GPS dan sensor. Ada 6 Aktuator utama di versi pertama ini yaitu bagian stir atau pegangan kendali, bagian penarik gas (Throttle), pengereman depan (front brake), pengereman belakang (rear brake), kopling (clutch) serta persneling (gearshift pedal).

Motobot-Robot-Pertama-Yamaha


Ketika Honda sudah lama dengan ASIMO sampai teknologinya dibenamkan pada motor balapnya yaitu RC213V di Motogp. Apakah Yamaha juga akan membenamkan teknologi MOTOBOT pada YZR M1???? keren pastinya. Atau Mungkin ASIMO dengan MOTOBOT adu balap dan kita akan tahu siapa yang akan menang serta dlosor duluan....


Sumber gambar : 
http://global.yamaha-motor.com/showroom/event/2015tokyomotorshow/sp/exhibitionmodels/mgp/

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...