Mengenal Fungsi RAM dan Jenisnya Lengkap

Mengenal Memory RAM Komputer Lengkap Dari A sd Z

Memory RAM Komputer. Apa sih memory RAM???? dalam dunia teknologi nama memori RAM tidak hanya didengar oleh pengguna komputer atau laptop karena sekarang ini handphone yang dikenal dengan nama smartphone juga ada yang namanya memory RAM. Supaya pembaca dan sahabat wajakteknologi tidak bingung serta semakin menambah pengetahuan tentang memory RAM baca artikel di bawah ini. Baca juga Belajar Mengenal CPU Komputer

Fungsi Memory RAM

Pengertian RAM atau Random Access Memory adalah tempat penyimpanan data sementara. Maksudnya ketika komputer dijalankan suatu aplikasi program komputer akan menggunakan RAM untuk menempatkan data sementara RAM seperti Halnya Halte Bus yang akan terisi jika ada penumpang yang turun atau naik. kembali pada komputer. Jika Komputer dimatikan maka RAM tidak akan menyimpan data karena hanya singgah sementara seperti Halte Bus jika sudah tutup maka tidak ada aktifitas. Baca juga Mengenal Processor Komputer

Kebanyakan orang membeli komputer, laptop ataupun Smartphone sekarang ini mengacu pada RAM karena semakin besar RAM maka komputer, laptop ataupun smartphone akan semakin cepat. Jadi Fungsi RAM adalah mempercepat kinerja dari komputer, karena RAM adalah tempat penyimpanan sementara yang berfungsi menampung data-data yang mudah diambil dan sering digunakan, karena dengan RAM besar data yang di simpan juga semakin banyak.

Jenis-Jenis RAM Komputer

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang telah ditemukan oleh Robert Dennard. Memory RAM pertama kali di pasrkan besar-besaran pada tahun 1968 oleh pabrikan processor Intel. Awal terciptanya RAM tidak secepat sekarang, tegangan yang dibutuhkan oleh RAM sebesar 5 Volt pada waktu itu dengan berjalan pada frekuensi 4, 77 MHz, dengan waktu akses memori sekitar 200ns (1 ns = 10-9 detik).

mengenal-memory-ram-komputer
Gambar Memori DRAM
Credit: https://en.wikipedia.org/wiki/Dynamic_random-access_memory

Selang 2 tahun, tepatnya 1970, Diciptakanlah memori terbaru dengan nama DRAM oleh perusahaan IBM. DRAM singkatan dari Dinamic Access Memory. Asal usul penamaan Dinamic sebab memory DRAM selalu memperbaharui ke aslian informasi atau programnya setiap jarak waktu tertentu. Frekuensi kerj dari DRAM lebih bervariasi daripada pendahulunya yaitu antara 4,77 MHz hingga 40MHz.
mengenal-memory-ram-komputer
Gambar FPM-DRAM
credit: https://belajarhardware.wordpress.com/2010/02/28/fpm-dram/

Kesuksesan dari DRAM mendapat saingan pada tahun 1987 dengan nama FPM DRAM singkatan dari Fast Page Mode DRAM. Memory FPRAM langsung moncer atau mendominasi pasar, Karena FPM DRAM memiliki transfer data lebih cepat dari baris terbawah untuk jenis memory yang sama serta muncul lebih awal. Menory FPM rentang kerja pada frekuensi 16 MHz hingga 66 MHz dengan waktu akses mencapai 50 ns dan juga transfer data yang dapat diolah mencapai 188,71 Mega Bytes (MB) per detik. Penggunaan memory ini mulai banyak diterapkan pada sistem intel 286, 386 serta beerapa tipe 486.

mengenal-memory-ram-komputer
Gambar: EDO-DRAM

Kemajuan Momory RAM Komputer terus mengalami perkembangan dengan bentuk semakin panjang. Keluarlah Memory Jenis Extended Data Output Dinamic Random Access Memory atau disingkat EDO DRAM. memory EDO DRAM adalah penyempurnaan dari FPM DRAM. Penyempurnaan dari FPM DRAM ke EDO DRAM mendapat peningkatan kinerja sebesar 20 persen. kelebihan memory ini adalah variasi dari waktu kerja dari 70 ns sd 50 ns dan frekuensi kerja dalam rentang 33MHz hingga 75MHz, Memori ini tidak bisa dipasang pada komputer yang menggunakan socket FPM RAM walaupun EDO adalah penyempurnaannya. dan EDO DRAM di peruntukan pada istem Intel 486 dan cocok sampai generasi Pentium Awal.

mengenal-memory-ram-komputer-lengkap
Gambar: Memory SDRAM

Di Peralihan Tahun 1996 - 1997, Kingston membuat memory baru yg bernama SDRAM atau singkatan dari Synchromous Dynamic Random Access Memory. SDRAM lebih dikenal dengan nama PC66 karena bekerja di frekuensi 66MHz. Memory ini bekerja pada frekuensi atau jalur atau nama Bus yang sama dengan processor maka dari itu dinamakan Sinkron awalnya. SDRAM menggunakan 3,3 volt tegangan untuk kerja dan waktu akses cepat 10ns. beberapa sistem yang menggunakan SDRAM antara lain intel pentium P75-P266MMX. Baca juga Mengenal Motherboard Komputer Lengkap

Satu Tahun berlalu maka muncul penerus PC66 yaitu PC100, PC100 memiliki bus atau frekuensi sebesar 100 MHz. Memori ini dikembangkan oleh Intel karena akan dipasangkan dengan processor Intel Pentium II . Tegangan Kerja dari PC100 sama dengan PC66 yitu 3,3 volt tetapi dengan access time atau waktu akses lebih cepat sebesar 8ns dan mampu mengalirkan data sebesar 800MB per detik. Dalam perkembangannya PC100 tidak hanya di gunakan untuk processor bersocket 1 tetapi juga untuk processor bersocket 7. contoh processor bersocket 7 yaiut AMDK6-2, Intel Pentium II generasi akhir, dan Intel Pentium II generasi awal dan Intel Celeron II generasi awal.

Pada tahun 1999, diciptakannlah memori dengan sistem arsitektur baru dan revolusioner. Memori ini dinamakan Direct Rambus Dynamic Random Access Memory atau DR DRAM.  Memri ini menggunakan tegangan kerja 2,5 volt dengan sistem bus 800MHz dan data yang mampu dialirkan sebesar 1,6GB per detik (1GB = 1000MHz). Kemampuan sitem ini ternyata tak seimbang dengan kelebihannya. karena mahal dan juga beberapa pihak tidak mendukung memori ini.

Walaupun kurang diminati dan juga tertolong ternyata DR RDRAM masih terus dikembangkan dengan meluncurkan tipe RDRAM PC800. Tegangan kerja pada memori  ini 3,3volt.  memori ini dimanfaatkan oleh Intel untuk Processor barunya yaitu Intel Pentium 4, sehingga nama RDRAM melambung tinggi dan harganya juga ikut terkoreksi turun.

Pada tahun 1999 muncullah mempri baru dengan nama SDRAM PC133 yang bekerja di frekuensi 133MHz dengan waktu akses sebesar 7,5ns serta data yang dapat dialirkan seberar 1,06Gb per detik, walau bernama PC133 ternyata frekuensi kerja bisa berjalan juga pada PC dengan frekuensi kerja 100MHz

Perkembangan SDRAM semakin ngehits setelah dikembangkannya memori yang mampu bekerja pada frekuensi 150MHz oleh Mushkin pada tahun 2000. Memori ini lebih dikenal dengan nama SDRAM PC150. Frekuensi kerjanya 150MHz yang membutuhkan tegangan sebesar 3,3volt. PC150 memiliki kecepatan akses sebesar 7ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,28GB per detiknya.

Di tahun yang sama yaitu tahun 2000, Kemapuan Mmori SDRAM berhasil dikembangkan dengan kemapuan dua kali lipat. Memori baru ini kemudian diberi nama DDR SDRAM atau disingkat Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory,  karena mampu bekerja dengan dua instruksi sekaligus sehingga kecepatan lebih baik. Karena bekerja dua kali lipat maka frekusensi yang sebelumnya antara 100 - 133MHz bisa berjalan pada frekuensi 200-266MHz. Jenis memori DDR SDRAM pertama kali dibenamkan di kartu grafis AGP berkecepatan ultra serta digunakan pertama kali dengan processor AMD thunderbird.

Memory RAM Tipe DDR

mengenal-memory-ram-komputer
Perbandingan antara DDR, DDR2, DDR3

DDR RAM / DDR1
mengenal-memory-ram-komputer
contoh memory DDR1

Persaingan perusahaan besar Microprocessor INTEL dan AMD untuk peningkatan kecepatan CPU menuntut juga kecepatan memori RAM yang lebih cepat. karena kecepatan 133MHz tidak mengatasi untuk menyelesaikan masalah ini dibuatkanlah DDR RAM (Double Data Rate Transfer). Memori DDR ini awalnya digunakan hanya untuk memori kartu grafis karena walau hanya menggunakan memori 32 MB sudah bisa mendapatkan kemampuan 64 MB. Pemakaian pertama memori disematkan pada motherboard AMD.

DDR2 
mengenal-memory-ram-komputer
contoh DDR2

Perkembangan teknologi komputasi mulai berkembang maka DDR1 pun mualai terasa lambat dimana processor dan processor grafik semakin cepat. maka muncullah DDR2 sebagai solusinya. Perbedaan DDR dan DDR 2 yaitu kecepatan yang meningkat dua kali lipat. Tegangan kerja juga mulai turun yang sebelumnya di DDR 1 2,5 pada DDR2 hanya 1,8 Volt. Penggunaan memori ini pertama kali disematkan pada kartu grafis.

DDR3

mengenal-memory-ram-komputer
contoh DDR3

Memori RAM DDR3 mungkin sebagai memori RAM paling lama bertengger di dunia komputer. Memori DDR3 awal muncul pada tahun 2005 dan benar-benar muncul tahun 2007 dibarengi dengan peluncuran motherboard dari Intel chipset P35 Bearlake dan Motherboard sudah di dukung slot DIMM. DDR3 menggunakan teknologi 90nm serta konsumsi daya berkurang menjadi 1,5volt yang sebelumnya DDR2 yang 1,8volt. Kecepatan memori DDR3 sangat tinggi. DDR3 mampu mengirim data dengan clock efektif sebesar 800-1600MHz. Memiliki 240 pin.

DDR 4
DDR 4 dirilis tahun 2014 kemari. Terbilang masih baru dan hanya motherboard generasi Itel Skylake yg bisa dipasangkan. Teknologi baru membawa kemajuan tersendiri. Tegangan operasi dari DDR4 sebesar 1,2volt. Konsumsi daya yang rendang ini sangat optimal dalam menggunakan kebutuhan server yang membutuhkan akses terus menerus.

Demi mengakomodasi perkembangan teknologi dan cepatnya akses komputer memory RAM terus mengalami perkembangan dan begitu juga dengan harganya mulai turun banyak. Semoga artikel Mengenal Momory RAM Komputer bisa menambah wawasan pembaca sekalian tentang memori RAM. Baca juga Jual Memory RAM DDR3 4 GB Team Elite

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!