2 Bagian Penting Motherboard Komputer

Bagian Penting Motherboard Komputer
2 Bagian Penting Motherboard Komputer. Sahabat WajakTeknologi... sebelumnya kita telah mempelajari Tentang Pengertian, Fungsi serta ukuran Motherboard. Mungkin sebaiknya kita flashback sebentar tentang artikel sebelumnya. Motherboard memiliki arti adalah papan utama yang digunakan untuk menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya pada komputer sehingga komponen tersebut saling terintegrasi dan membentuk Komputer.

Sedangkan Fungsi Motherboard adalah menghubungkan komponen-komponen seperti RAM, Harddisk, Processor, VGA ataupun kartu pendukung seperti soundcard, DVD ROM, dll. Ukuran dari Motherboard juga terbagi menjadi empat yaitu ATX, Extended ATX (E-ATX), Micro ATX, dan Mini ITX.

Mungkin Flashback diatas sudah cukup membantu sahabat sekalian mengenai Motherboard Komputer yang sudah di bahas sebelumnya. Kali ini kita akan mempelajari Bagian Penting pada Motherboard berikut ulasannya:

Back Panel atau I/O Port Motherboard

Bagian-Penting-Motherboard-Komputer
Gambar 1:  hanya ilustrasi dan contoh penjelasan aneka macam I/O (Input Output) Posrt di bawah ini.
Backplate atau Input Output Ports adalah bagian belakang motherboard mungkin secara mudahnya yaitu bagian belakang yang biasa digunakan menancapkan Mouse, Keyboard, dll
Bagian-Bagian Bcakplate seperti berikut:

1. Port PS2
Bagian-Penting-Motherboard-Komputer
Gambar 2: Port PS2 pada Back Panel Motherboard

PS 2 disini bukan Playstation 2 ya??? tetapi Port Serial. Port ini biasanya digunakan untuk menancapkan Mouse atau keyboard ke Motherboard. Sekarang Port ini mulai tergeser dengan adanya Port USB, jadi Port PS 2 ini sekarang hanya ada pada motherboard kelas entry level (level bawah) untuk level diatasnya untuk sekarang hanya menyediakan port PS2 hanya satu Port kadang hanya warna ungu dan campuran warna Ungu dan Hijau dibelah kanan kiri. Port PS2 warna Ungu digunakan untuk Keyboard sedangkan Port PS2 warna Hijau digunakan untuk Mouse. Tp ada juga yang setengah ungu dan setengah hijau, port jenis ini menandakan satu port bisa digunakan untuk mencolokan mouse ataupun keyboard. Maksudnya begini jika mouse menggunkan konektor USB serta Keyboard Konektor PS2 maka keyboard bisa ditancapkan pada Port PS2 yang berwarna setengah hijau dan setengah ungu.
Bagian-Penting-Motherboard-Komputer
Gambar 3: Port PS2 yang bisa digunakan bergantian keyboard/mouse

2. Port USB
Semua orang pasti sudah tahu dengan nama USB (Universal Serial Bus). Fungsi Port USB ini sangat kompleks alias sangat fungsional karena hampir semua perangkat external seperti Mouse, Webcame, Soundcard, tempat charger menggunakan port ini. Port USB dibagi menjadi warna yang berbeda yaitu warna biru dan warna hitam (walau ada yang berwarna merah). Warna hitam menandakan Port USB versi 2.0 dan versi sebelumnya yang memiliki kecepatan transfer maksimal 480 Mbps dan ada empat tembaga di colokannya. Warna Biru Menandakan Port USB versi 3.0 atau atasnya memiliki kecepatan transfer maksimal 5Gbps dan memiliki 10 tembakan di colokannya.
Bagian-Penting-Motherboard-Komputer
Gambar 4 
Bagian-Penting-Motherboard-Komputer
Gambar 5

3. Port Ethernet atau Port LAN (Local Area Network)
Semua orang gak perlu tanya fungsi port satu ini. Semua Motherboard pasti mempunyai port LAN. Port LAN ini berfungsi untuk akses internet menggunakan kabel LAN. jadi nanti kabel LAN yang sudah dipasang konektor ditancapkan pada Port LAN ini. berikut gambar Port LAN.

Bagian-Penting-Motherboard-Komputer
Gambar 6: Port LAN yang atas


4. Port Monitor
Oke dipermudah saja, Port Monitor disini WajakTeknologi merangkumnya menjadi satu karena hanya sebagian motherboard menyertakan port ini, tetapi sekarang hampir semua motherboard menyertakan port untuk monitor ini tanpa harus memasang kartu grafis alias VGA Card. Port untuk monitor yang sering disertakan pada Back Panel antara lain : Port DVI, Port D-SUb, dan Port HDMI. Hampir semua Port ini berfungsi untuk mengeluarkan gambar ke monitor. Lebih mudahnya gambar di bawah.
Bagian-Penting-Motherboard-Komputer
Gambar 7: Port D-sub memiliki ciri berwarna Biru dan Port DVI berwarna putih 

Gambar 8

5. Port Sound
Port satu ini digunakan untuk menancapkan kabel yang berasal dari speaker. Kadang Port Sound pada Motherboard ada 6 buah port dan juga kadang 3 buah. Port Sound yang memiliki 6 buah lubah berfungsi menghasilkan suara 5.1 channel keatas. sedangkan yang 3 buah berfungsi menghasilkan suara rata-rata 2.1 ch.

Bagian-Penting-Motherboard-Komputer
Gambar 9
Contoh Port Sound. Lubang Warna merah untuk Microphone dan lubang warna hijau untuk mengeluarkan suara ke sound system.



6. Port Serial
Port Serial atau disebut juga port seri. Port satu ini sebelum kemunculan Port USB dan Port Ethernet Port ini sangat berguna sekali. Port ini berfungsi untuk mentrasmisikan satu bit informasi pada satuan waktu. Biasanya pada motherboard kelas atas port serial ini ada 2 buah. Berikut beberapa manfaat port serial sebelum akhirnya mulai tidak disertakan lagi di motherboard. 1) menghubungkan antar perhiperal komputer lain dengan motherboard, 2) Dulu sebelum Port PS2 mouse dan keboard ada Port ini Berfungsi sebagai penghubung mouse dengan komputer, 3) Penghubung modem dengan motherboard, 4) Mentransmisikan informasi-informasi bit dari motherboard ke perangkat lain.

7. Port LPT / Paraller Port (Port Printerl)
Port LPT / Paraller Port (Port Printerl) ini berfungsi mengirim transmisi dengan cara paraler. pengiriman data lebih cepat daripada port serial. Port ini lebih sering dikenal port printer padahal tidak hanya untuk printer tetapi juga untuk scanner, zip drive, Sound cards, Gamepads, Web Cam, Joystick, Pemrograman EPROM, Peralatan SCSI melalui adapter paralel ke SCSI, dan juga umunya digunakan sebagai uji coba sederhana dalam perancangan elektronika.





8. Port SPDIF

Port SPDIF berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan alat-alat audio supaya suara yang dihasilkan lebih jernih. Contoh Port SPDIF yaitu pada gambar nomer 3 dan 4.

9. Port E-SATA (External SATA)
Port E-SATA ini sebenarnya fungsi tambahan untuk menghubungkan harddisk eksternal dengan port e-sata. Port ini sebenarnya saingan USB tetapi karena mahalnya dan juga karena popularitasnya terbatas maka Port E-sata hilang sendiri tak berbekas. Contoh gambar diatas nomer 7.

Bagian Atas Motherboard Komputer


1. CPU Socket
CPU socket atau disebut juga Processor Socket. Socket ini ukuran dan jumlah lubangnya mengikuti perkembangan dari masing- masing pembuat processor seperti Intel dengan Socket LGA 775, LGA 1150, LGA 1155 dll, sedangkan AMD dengan Socket AM2, Socket AM3, AM 3+, FM2, dll.

2. CPU Fans dan Heatsink Mounting Points
Bagian ini berfungsi untuk menancapkan power ke fans /kipas processsor, bahas halusnya sumber listrik buat kipas processor.

3. ATX power Connector
ATX power konektor ada dua macam. Motherboard tipe lama memiliki jumlah lubang sebanyak 20 sedang motherboard tipe terbaru sudah menggunakan rata-rata 24 lubang dengan 4 lubang bisa dilepas supaya bisa dipasang pada motherboard tipe lama.

4. Slot Memori RAM
Slot Memori RAM berfungsi untuk menancapkan modul Memori RAM, jumlah slot ini rata-rata 2 sd 4 slot sedangkan untuk motherboard high class kadang memiliki sampai 8 slot. Memori RAM memiliki beberapa macam dimulai SDRAM, DDR RAM, DDR2 RAM, DDR3 RAM, dan DDR 4 RAM tipe terbaru.

5. Konektor  IDE (untuk harddisk)
Konektor IDE berfungsi untuk menghubungkan harddisk, konek IDE ini sekarang sudah diganti dengan konektor SATA, Pergantian ini berdasarkan pada ukuran kabel SATA lebih ramping daripada konektor IDE, serta konektor sata memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat. 
Bagian-Penting-Motherboard-Komputer

6. SLOT AGP (Slot VGA)
Slot AGP memiliki singkata Accelerated Graphics Port. port ini berfungsi untuk menambah fungsi lalu lintas gambar dengan cara menamcapkan VGA car atau kartu VIDEO (VGA). Saat Ini Slot AGP sudah tidak ada karena sudah digantikan oleh slot PCI express x16 yang berfungsi untuk pemasangan kartu grafis terbaru.

7. Slot PCI
Slot PCI memiliki singkatan dari Peripheral Component Interconnect, atau interkoneksi komponen periferal. Port ini memiliki pengembangan sangat muthakhir . Slot PCI terbagi menjadi 2 bagian:
PCI express x16 :berfungsi untuk dipasangi kartu VGA pengganti AGP. atau kartu lain yang memiliki ukuran PCI express x1
PCI express x1 adalah slot untuk memasang peripheral kartu selain VGA karena memiliki panjang yang lebih pendek daripada PCI express x16.

8. BIOS (Basic Input Output System)

Bagian-Penting-Motherboard-Komputer

Bios adalah sebuah IC(Integrated Circuit) yang bertanggung jawab atas setingan motherboard supaya siap digunakan ketika motherboard dinyalakan karena waktu booting BIOS mengecek hardware yang sedang terpasang di komputer. sekarang BIOS kelebihanny sudah tidak seperti dulu yang penyetingannya mengandalkan keyboard saja. ketika ditemukan teknologi UEFi BIOS mulai mendapatkan kecanggihan seperti kita bisa menggunakan mouse untuk penyetingannya bahakan bisa disetting ketika kita membuka Windows.

9. Baterai CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconducator Battery)
Bagian-Penting-Motherboard-Komputer

Baterai CMOS adalah baterai kecil yang berguna untuk memberi daya pada BIOS. Ketika BIOS mendapat daya maka setingan jam, setingan utama bios bisa tersimpan. Jika baterai CMOS habis maka setingan bios tidak bisa disimpan.

10. Chipset NorthBridge/MCH
Northbridge adalah chipset yang bertugas untuk mengendalikan komunikasi CPU, RAM, AGP atau PCI express dan Southbridge. spesifikasi pada motherboard ditentukan oleh Northbridge seprti kecepatan CPU yang dipasangkan pad motehrboard, termasuk menentukan jumlah, kecepatan dan tipe RAM yang dapat digunakan. Produk Dari AMD, VGA menyebut Nortbridge chipset ini dan Untuk Perusahaan Intel menyebutnya MCH (Memory Control Hub).

11. Chipset SouthBridge
Chipset Southbridge kerjanya berdampingan dengan Nortbridge. Southbridge mengatasi periperal luar seperti USB atau periperal yang bersifat plug n play.

Demikian penjelasan lanjutan dari sebelumnya mengenai Motherboard Komputer yang memiliki cerita panjang. semoga dengan penjelasan ini sahabat sekalian betah untuk belajar bersama WajakTeknologi.

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: icompreview@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 Komentar

Komentar

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...