Mengenal Motherboard Komputer

Motherboard Komputer
Motherboard Komputer. Mungkin untuk orang awam belum kenal dengan motherboard. Sahabat WajakTeknologi, Motherboard adalah salah satu komponen yang penting untuk komputer, laptop, handphone, samrtphone serta semua barang elektronika ada yang namanya motherboard. Di artikel Belajar Komputer kali ini kita akan Mengenal Motherboard Komputer. Pengenalan ini meliputi pengertian, fungsi, dan bentuk atau ukuran motherboard komputer. Baca juga Belajar Mengenal CPU Komputer

Pengertian Motherboard

Pengertian Motherboard berasal dari dua suku kata Bahasa Inggris yaitu "Mother" berarti "Ibu" dan "Board" berarti "Papan". Kalau dua suku kata arti ini digabung maka menjadi Ibu Papan????...... heheheheh jadi aneh. Begini penjelasannya, Motherboard adalah papan utama yang digunakan untuk menghubungkan antara komponen satu dengan yang lainnya pada komputer sehingga komponen tersebut saling terintegrasi dan membentuk Komputer. Untuk menghubungkan komponen itu makanya di motherboard terdapat tempat khusus yang dinamakan slot atau socket.


Macam slot dan socket ini antara lain socket Processor, slot RAM, slot VGA, konektor untuk IDE, konektor untuk SATA, slot PCI (Peripheral Component Interconnect) sound card, kartu LAN atau TV tuner, dll.

Dalam istilah elektronika kita mengenal dengan nama PCB singkatan dari Printed Circuit Board. PCB adalah dasar dari Motherboard. Motherboard adalah bentuk PCB yang sudah dipasangi oleh komponen elektronika seperti resistor, kondensator, transistor, dll.

Orang-orang kadang menyebut Motherboard dengan nama mobo,mainboard, papan utama, ibu board, dll.

Fungsi Motherboard Komputer

Secara umum fungsi dari motherboard menghubungkan komponen-komponen komputer. Fungsi umumnya yaitu mengatur hal teknis yang meliputi BIOS (Basic Input Output System), Chipset (Pengatur koneksi input dan output), RAM (tempat penyimpanan data sementara), VGA card (Pengolah data grafis), Processor dan Kartu Pendukung lainnya.

Selain mengatur dan menghubungkan komponen supaya membentuk komputer. Motherboard juga mengemban tugas penting yaitu menghubungkan bahasa kode tertentu supaya setiap komponen yang dihubungkan bisa bekerja dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Motherboard adalah salah satu komponen penting dalam komponen, bahkan sama pentingnya dengan processor. Motherboard dan Processor sama-sama penting karena dua komponen ini saling melengkapi, ketika motherboard rusak maka komputer dan tidak ada yang menghubungkan antara komponen satu dengan yang lainnya. Begitu juga dengan Processor atau otak komputer jka rusak maka komputer tidak bisa nyala dan komponen tidak ada yang mengontrolnya.

Macam-Macam Ukuran Motherboard Komputer

Setiap orang pasti akan bertanya apakah bentuk dalaman dari komputer itu sama atau tidak. Tidak semua motherboard memiliki ukuran besar yang sama, tetapi memiliki dimensi yang bisa dipasang hampir disemua casing komputer. Untuk Komputer PC atau Dekstop memiliki ukuran sama dimana lubang bautnya juga sama jaraknya dari motherboard satu dan lainnya. Itulah salah satu kelebihan KOmputer : Casing berbeda-beda tetapi dalamnya bisa sama motherboardnya. Ada 4 ukuran umum motherboard komputer yaitu ATX ( Advanced Technology eXtended ), Extended ATX, Micro-ATX, dan Mini ITX.

1. ATX

Motherboard Komputer
contoh Motherboard ATX
Matherboard ATX memiliki ukuran sekitar 30.5cm x 24.4cm. Motherbord ATX adalah motherboard paling populer sejak tahun 1995. Kelebihan motherboard ini yairu tersedianya banyak slot pendukung seperti jumlah slot untuk memori RAM yang mencapai 8 slot, kadang terdapat 2 sampai dengan 3 slot VGA dalam satu motherboard. Maksimal ada 7 slot expansiaon untuk TV tuner, USB dll. Hampir semua slot di Motherboard ATX tersedia. Kekurangan dari Motherboard ini adalah harganya rata-rata tinggi alias mahal. Dimensi casing yang cocok untuk motherboard ini tipe midle tower dan Full tower.

2. Extended ATX

Motherboard Komputer
contoh Motherboard Extended ATX
Motherboard yang memiliki ukuran sekitar 30.5cm x 3.30cm. Ukuran ini adalah model perpanjangan dari tipe ATX. Extended ATX merupakan motherboard yang langka. motherboard tipe ini lebih dipakai pada komputer server atau workstation karena memiliki slot processor ganda atau lebih dari satu. Casing untuk motherboard ini cenderung casing tersendiri dan memiliki dimensi atau ukuran yang lebih beda.

3. Micro-ATX

Motherboard Komputer
contoh Motherboard Micro-ATX
Memiliki ukuran sekitar 24.4cm x 24.4cm. merupakan ukurang tanggung karena sesungguhnya motehrboard ini adalah pemendekan dari moterboard ATX, kadang motherboard ini memiliki ukuran kurang dari 24.4cm x 24.4c, Motherboard Micro-ATX rata-rata memiliki harga yang bersahabat walau terkadang beberapa tipe memiliki harga setara motherboard ATX. Jumlah slot yang ada pada motherboard ini hampir sama dengan ATX cuma untuk slot RAM maksimal 4 sampai dengan 6 dan slot PCI maksimal 4.

4. Mini-ITX

Motherboard Komputer
contoh Motherboard Mini ITX
Motherboard yang memiliki ukuran sekitar 17cm x 17 cm. Sebenarnya motherboard ini sebelumny hanya ditujukan untuk processor C3 dari VIA tetapi karena perkembangannya produsen seperti Intel dan AMD mengeluarkan ukuran Mini ITX. Kepopuleran dari motherboard Mini ITX terus mengalamai peningkatan karena konsumen mulai mencari komputer yang ini. Makanya sekarang motherboard Mini-ITX kadang memiliki kemampuan yang sungguh superior dan harga yang tinggi setara motherboard ATX. Motherboard ini lebih cocok untuk komputer kecil dengan casing yang kecil tetapi kelebihan Mini ITX yaitu bisa masuk ke semua casing dari Midle Tower sampai Full Tower.

Mengenal Motherboard Komputer sangat perlu bagi sahabat WajakTeknologi yang ingin mendalami dunia komputer, Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan sahabat sekalian. 

>>>Semoga Bermanfaat<<<

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!