Belajar Mengenal CPU Komputer

CPU-Central-Processing-Unit
Hallo sahabat wajakteknologi!!!  Umumnya atau mayoritas orang membeli komputer satu set yang terdiri dari monitor, keyboard, mouse, CPU, ditambah lagi speaker aktif dan juga stavol. Jika anda mengerti dunia komputer mungkin hanya membeli CPU apabila sudah memiliki komponen selain CPU. Baca Juga Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook

Pengertian CPU

Pemahaman tentang CPU atau singkatan dari Central Processing Unit  mungkin akan berbeda-beda. Beberapa artikel mengatakan CPU adalah processor. Padahal Processor menurut bahasa bahasa Indonesia berarti “Pengolah”. Processor adalah salah satu komponen atau hardware yang membentuk CPU.

Menilik dari CPU atau Central Processing Unit   jika diartikan ke Bahasa Indonesia akan berarti “ central” artinya Pusat. Processing artinya “Pengolah”, dan Unit artinya “Kesatuan”.  Jadi pengertian CPU berdasarkan artinya adalah Kesatuan Pusat Pengolah. Begitu rancu ya?


Menurut wajakteknologi sendiri CPU (Central Processing Unit) adalah semua komponen yang bersatu padu di dalam casing komputer sehingga komputer itu menyala dan berguna.
Kebanyakan orang CPU itu seperti yang disebut dalam paragraf sebelumnya yaitu kumpulan hardware (perangkat keras) yang di rakit menjadi satu di dalam casing komputer.

CPU berdasarkan fungsinya yaitu melaksanakn dan mengontrol keseluruhan operasi komputer. CPU adalah otak dari komputer karena CPU adalah pusat pengolahan data dari input device ke output device.

Pengertian secara simple CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima, melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak.

Fungsi  CPU


Mengatur dan Mengendalikan perangkat input dan output. sehinggga memiliki fungsi menjadi Unit Kontrol. Control Unit bertugas untuk mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya termasuk dalam mengamil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Kontrol Unit akan terjadi jika input device kita jalankan.

Bila Ada intstruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kontrol akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmatic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kontrol ke memori utama lagi untuk disimpan dan pada saatnya akan disajikan ke output device 


Sebagai unit aritmetika dan logika (Aritmetic and Logic Unit – ALU)

Penjelasan ALU
ALU merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan kegiatan operasi aritmetika dan operasi logika berdasarkan instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut bahasa mesin karena ALU terdiiri dari dua bagian yaitu Unit Aritmatika dan Unit Logika.

Unit Aritmatika terdiri dari angka-angka. Didunia komputer angka-angka itu terdiri dari nol (0) dan satu (1). operasi ini berada di processor dan disimpan dalam bentuk 0s dan 1s menggunkan transistor.
Unit Logika melingkupi berbagai hal yang membandingkan dua operand dalam hal ini dengan digunakannya operator logika tertentu seperti sama dengan (=), tidak sama dengan, kurang dari (<), lebih dari (>), kurang atau sama dengan, lebih atau sama dengan.

Cara Kerja CPU

CPU akan bekerja jika ada masukan. Pertama kali yaitu ketika kita memasukkan data melalui Input Device (contoh Mouse, keyboard) mengirim data ke MAIN STORAGE seperti RAM (Random Access Memory). Di dalam RAM instruksi dikirim ke Control Unit. Dalam Proses Instruksi ALU mulai bekerja karena ALU adalah instruksi itu tetapi dengan kecepatan tinggi ALU memproses. Setelah ALU selesai Memproses data dan data cocok kemudian dikirim ke Control Unit. Dalam Control Unit akan mengeluarkan sinyal operasi kerja yang akan dsebarkan ke seluruh perangkat keras. Hasil dari Proses operasi ini akan ditampilkan ke dalam Output Device (seperti Monitor, printer.)


Data bisa diambil dari instruk dari input device bisa juga melalui AUXILIARY STORAGE (penyimapan tambahan seprti Hardisk) tetapi sebelum mengambil data dari auxiliary storage akan ada instruksi dari input device kepada ke Main Storage untuk mengambil data dari auxiliary storage (seperti hardisk). Setelah data berhasil diambil maka data tersebut dikriim ke Control Unit  melewati proses ALU, jika dikehendaki dan oke data dikirim ke Control Unit. Control Unit akan menyebar data instruksi tersebut.

Komponen Pembentuk CPU

A. Processor
Processor
Contoh: Processor

Processor adalah otak pada CPU, karena di Processor ini pengolah data ALU dan Control Unit terjadi. jika kesulitan mengetahui processor, sahabat sekalian waktu beli laptop akan menemukan merek INTEL dan AMD itulah dua merek processor.

B. Hardisk
hardisk
Contoh : Hardisk

Hardisk adalah tempat penyimpan data yang sudah selesai diperintahkan. Semua data file gambar, video, data ketik akan disimpan di hardisk.

C. Motherboard
Motherboard
Contoh : MotherBoard

Motherboard atau nama kerennya “Ibu Board” hhhhh, Motherboard adalah sebuah papan sirkui yang berfungsi menghubungkan berbagai macam kompone perangkat keras atau Hardware sehingga membetuk CPU.

D. VGA
VGA
Contoh : VGA Card

VGA adalah Alat penghubung antara motherboard dengan monitor. VGA dibagi menajdi dua Inboard dan Outboard.

Inboard VGA maka VGA ini sudah terpasah di dalam Motherboard. Outboard VGA maka VGA akan ditancapkan ke Motherboard karena memiliki papan sendiri dan harus ditancapkan ke Motherboard.

E. RAM (Random Access Memory)
RAM
Contoh : RAM

RAM adalah salah satu komponen perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan semua data selama Komputer dialiri oleh listrik serta RAM berfungsi untuk mendukung kecepatan proses dari processor.

F. Optical Disk Drive
DVD-ROM
Contoh: DVD-ROM

Apa sih Optical disk drive pasti kalian yang baru kenal komputer bingung. Optical disk Drive contohnya DVD- ROM, CD-ROM, serta FDD atau pembaca disket.

G. Power Suply
Power-Supply
Contoh : Power Supply

Power Suply adalah komponen pokok pada CPU karena power suply pemasok listrik ke seluruh komponen pada CPU.

Demikian pelajaran dalam mengenal CPU yang meliputi Pengertian CPU, Fungsi CPU, Alur Kerja CPU dan juga komponen yang membentu CPU. Semoga pelajaran kali ini bermanfaat. Penjelasan untuk masing-masing komponen akan dijelaskan pertemuan berikutnya Stay Tune On Wajak Teknologi.


>>>SEMOGA BERMANFAAT<<<

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!