Sejarah Komputer Bagian 1

Komputer
Komputer - Judul postingan diatas “Komputer Apa Itu???” mungkin agak konyol atau sepele. Kebanyakan orang memang tahu komputer tetapi kira-kira pembaca wajakteknologi tahu apa tidak Komputer itu apa? Mulai sejarah komputer, Perkembangan Komputer, Macam-macam komputer dan lain-lain.

Dulu penemu membuat komputer karena komputer digunakan untuk membantu pekerjaan manusia yang makin lama semakin rumit dan menghebohkan. Sekarang komputer memiliki berbagai ukuran dan juga fungsi yang lebih bermacam-macam. Dalam Artikel ini kita akan melakukan flashback atau bahasa kerennya mengenang tentang Sejarah Komputer.

Sebenaranya komputer atau Computer berasal dari kata kerja “To Compute” yang artinya menghitung, Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata computer mulai digunakan secara umum dalam bahasa Inggris pada tahun 1646. Waktu itu computer dipakai sebagai nama panggilan untuk menyebut ‘orang yang menghitung’ atau ‘orang yang bertugas sebagai penghitung’.

Kemudian menjelang tahun 1897, barulah kata computer digunakan sebagai sebutan untuk ‘alat hitung mekanis’. Disebut begitu karena alat hitung mekanis pada jaman dulu sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berhubungan dengan masalah aritmatika.

Dalam Perjalanannya definisi dari menghitung ini menjadi luas sehingga menjadi kata Computer yang artinya alat hitung. Dalam bahasa Indonesia “Komputer”

Dari Wikipedia menjelaskan secara umum bahwa Secara luas, Bahwa komputer adalah  suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Sejarah Komputer

Awal mula dari suatu ditemukannya benda yang bermanfaat untuk kalayak umum pasti tidak lepas dari alasan atau sebab musababnya. Dulu orang primitif sebelum mengenal alat hitung seperti ini mereka menggunakan jari jari tangan atau butir-butir kerikil untuk melakukan perhitunga yang simple dan  mudah. Dalam bahasa kita ketahui komputer berasal dari To Compute dan dalam bahas latin “Calculus” yang artinya batu kerikil.

Kalau di buat orang Tionghoa mereka menggunkan “Suan-Pan” untuk menghitu atau dalam bahasa latin artinya “Abacus” yang artinya tusukan-tusukan batu kerikil. Kalau di jepang dinamakan dengan “Soroban”.

Pada abad ke XIV tepatnya Tahun 1340 di Italia diketemukan suatu alat baru yang diberi nama “book keeping machine”. Kemudian tahun 1494 book keeping machine dimodifikasi atau disempurnakan bentuknya oleh Luca Paciolo dari Venice, yang terdapat di buku Everything About Arithmetic, Geometry, and Proporation yang intinya berisi buku harian jurna dan buku besar.

Mulai abad ke 16 penemuan mulai berurutan dimulai oleh John Naoler menciptakan sebuah alat untuk mesin berhitung (perkalian).  Sehingga John Naoler menjadi pendobrak untuk ditemukan mesin-mesin hitung yang lebih canggih lagi.

Blaise Pascal Penemu Calculator mechanic .

Kalkulator Mekanik adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan operasi dasar arithmetic secara otmoatis. Kebanyakan kalkulator mesin di samakan ukuran yang kecil dengan komputer desktop dan membuat kelihatan lama dengan kedatangan kalkulator listrik.

Balise Pascal ikut kerja ayahnya sebagai  pengumpul uang pajak, sejak saat itu Blaise Pascal mendesain kalkulator untuk membantu dalam permintaan arithmetic dengan jumlah yang sangat besar. Mesinnya disebeut kalkulator pascal atau Pascaline. Penemuan Pascal tidak diterima dalam industri saat itu pada tahun 1942

Samuel Morland Penemu Mesin hitung

Dalam Berkarir damuel morland menemukan tiga mesin hitung yaitu satu mesin trigometry tahun 1663, datu penambahan atau modifikasi dengan menambah serta mengurangi mesin sebelumnya pada tahun 1666 dan satu alat multiguna pembagian pada tahun 1662. Mesin temua kalkulator Samuel Morland menjadi semakin terkenal dan dinamakan Morlands Kalkulator sekitar tahun 1710. setelah Samuel Morland bermunculan desain kalkulator yang semakin lama semakin baik dan bentuk serta desainnya mulai kecil-kecil sampai sekarang ini.

Generasi – Generasi Komputer

Komputer Generasi Pertama (1945 – 1959)

Pada tahun 1945 Prof. Mauchly dan Prosper eckert membangun suatu generasi purpose komputer yang diberi nama ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Calculator). Komputer jenis ini seluruhnya dijalankan secara elektronis dengan menggunakan electronic vakum tubes (tabung hampa) dengan kecepatan 300 multiplication per second.

ENIAC memiliki ukuran dan bentuk yang besar. ENIAC memiliki bobot seberat 30 ton, tinggi 2,4 meter dan panajng mencapai 30 meter. sangat besar dan membutuhkan tempat yang sangat besar. Konon dalam penyalaannya ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar sekali mencapai 160KW
KEKURANGAN ENIAC
1. Komputer generasi pertama cepat mengeluarkan panas yang berlebihan sehingga komponen jadi gampang pecah.
2. Kapasitas memori yang tersedia masih sangat kecil dan terbatas.
3. Perintah dan proses masih sangat lambat
4. Bahasa pemrograman masih terbatas dan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
Kemudian pada tahun 1950 ENIAC lebih disempurnakan dan diberi nama baru sebagai EDVAC (Electronic Discrete variable Automatic Computer) berdasarkan konsep DR. J.V. nuemman. selanjutnya pada tahun 1951 keluar lagi jenis komputer baru yang diberi nama UNIVAC (Universal Automatic Computer).

Itulah perkembangan komputer di Amerika Serikat, namun jangan lupa bahwa Eropa pun tepatnya di Inggris terjadi hal-hal yang serupa. misalnya tahun 1949 dengan nama EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Computer) yang dibuat oleh DR. M.V.  Wilkes. Kemudian muncul secara berurutan seri-seri komputer baru diantaranya ACE (Automatic Computer Engine), MADAM (Manchester Automatic Digital Machine) dan yang terakhir keluar seri SEC (Simple Electronic Computer). Pembuatan komputer generasi pertama ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan antara lain oleh IBM sebagai “Mark Computer Series”, burroughs dengan mama ‘Magnetic Drum Computer series”

Komputer Generasi Kedua (1959-1965)

Sejalan dengan pesatnya teknologi, khususnya dalam bidang elektronika, penggunaan Vacum Tubes pada komputer jenis terdahulu diganti dengan menggunakan “Solid State device” atau kita sebut “transitor” pada komputer generasi kedua.
Pabrik-pabrik komputer kedua yang memproduksi;
  1. IBM dengan seri 1400, 7070 – 7090, 1600
  2. NCR dengan seri 304
  3. Minneapolis – Honeywell dengan model 800
  4. Burroghs dengan model 5000
  5. RCA dengan model 501
  6. Philo dengan model Philco 2000
  7. UNIVAC dengan model UNIVAC III dan 1107
  8. Control Data Corporation dengan model 1604 dan model 600
  9. CDC dengan model 6600 Super Computer dan model 7600 dengan 25 juta operasi per detik.
Oke sampai generasi ketiga saja dulu untuk generasi berikutnya masih dirancang

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: comp.direction@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...