Memilih Antara Printer Inkjet Canon dan Epson

Canon dan Epson
Dunia teknologi dan juga dunia pendidikan sekarang ini sangat tumbuh pesat seiring mulai banyaknya siswa-siswi dan juga mahasiswa yang mulai membawa laptop. Pasangan dari laptop untuk urusan cetak mencetak yaitu printer. Wajak Teknologi sering mendapat pertanyaan tentang memilih printer yaitu dua nama besara antara Canon dan Epson pilih yang mana?

Setiap produk memiliki kelebihan tersendiri begitu juga antar Canon dan Epson. Tetapi ada juga yang menanyakan printer HP karena printer Hp harganya yang murah. Kebanyakan orang lebih mengenal Canon karena produk dari canon selain urusan cetak mencetak yaitu urusan dokumentasi yaitu dunia gambar alias fotografi. Epson orang jarang mengenal Epson karena mereka hanya berjalan dalam industri cetak mencetak.

Kembali dalam pokok bahasan Antara Canon dan Epson. Mungkin pembaca Wajak Teknologi bertanya-tanya “Apa tidak ada produk/ atau merek yang lain?” ada produk yang lain seperti Samsung, NEC, brother, dll. masih banyak pokonya tetapi nanti juga akan bingung dan jadinya panjang lebar pembahasannya. Dua merek ini sangat mendominasi di urusan cetak mencetak kelas mennengah kebawah.

Perbandingan jajaran produk

1. Canon memiliki jajaran produk yang luas mulai mesin fotocopy sampai printer termurah juga ada, sedangkan Epson tidak memiliki jajaran produk fotocopy tetapi memiliki produk dalam urusan cetak struk pembelian, yaitu jenis printer dot matrix biasanya di kasir-kasir pusat perbelanjaan menggunakan printer ini untuk mencetak bukti pembayaran kita.

2. Canon cenderung memiliki produk yang murah dan Epson memiliki produk mahal-mahal.

3. Dua merek ini berasal dari jepang semuanya

Teknologi Cetak Antar Canon dan Epson

1. Teknologi Cetak Canon
Teknologi cetak pada canon menggunakan thermal inkjet dimana yang biasa disebut katrit di dalamnya ada semacam gabus untuk menyerap tinta dan ketika printer dinyalakan head pada katrit akan memanasakan tinta itu akhirnya tinta keluar.
2. Teknologi Cetak Epson
Teknologi cetak dari Epson sangat berbeda tidak menggunakn katrid yang menyatu dengan head tetapi terpisah. Epson menggunakan teknologi Micro Piezzo elektrik. Maksudnya tinta cair itu nanti dalam mencetak akan dirubah menjadi butiran-butiran kecil air.
Maaf dalam penerangan Teknologi cetak printer akan dibahas dalam artikel lanjutan.

Perbandingan Kelebihan dan Kekurangn Antara Canon dengan Epson

Canon

Canon+  Kecepatan cetak printer relatif lebih cepat dibanding epson.
+ Sangat awet untuk pemakaian tinta hitam yang lebih dominan daripada warna
+ Jika printer tidak dipakai lama katrid yang kering bisa langsung diganti tanpa ahlinya
+ hasil cetak teks atau draft hasilnya bagus.
+ Harga relatif murah.
+ Cocok bagi pengguna yang kebutuhan cetak jarang dan tidak sering
+ Cleaning katrit tidak mengeluarkan banyak tinta.
- Beberapa tipe kalau dipakai mencetak akan berisik dan kasar (jenis ip 1900, 1800, 1700)
- Katrid warna gampang rusak dan kering, katrid hitam gampang rusak jika pemakaian cetak membabi buta atau cetak dalam jumlah banyak secara bersamaan kecuali tipe IP 1900, IP 1800, untuk tipe-tipe lama cetak jumlah banyak masih kuat.
- Untuk cetak kualitas Foto jika tidak menggunakan tinta asli hasilnya tidak maksimal, tetapi untuk cetak gambar tanpa harus di atur mode foto atau high kualitas tetap bagus, dengan catatan katrid keadaan bagus.
- Katrid sering bocor yang mengakibatkan banjir di dalam printer
- Tidak cocok untuk usaha percetakan.
- Jika Katrid Rusak, harga sangat mahal

Epson

Epson
+ Hasil cetak warna khusunya foto sangat bagus dan tidak ada namanya blobor
+ Cukup murah kalau sudah di pasang infus tabung pengisian tinta, apalagi untuk tipe L100 keatas sudah terpasang infus original dari pabrik.
+ Cocok untuk usaha percetakan foto
+ Pemakaian cetak terus menerus Epson lebih kuat daripada Canon
+ Tidak perlu sering membeli katrid
+ Tidak gampang banjir
- hasil cetak teks atau draft kurang bagus apalagi jika printer jarang digunakan harus diatur ke mode kualitas foto atau high
- kecepatan cetak tidak secepat canon
- tempat pembuangan tinta bagian dalam printer tidak luas, sehingga harus membuat tempat pembuangan tindak, karena Epson proses cleaning membutuhkan tinta sangat banyat
- Untuk tipe T13 keatas roller penarik kertas sering bermasalah
Demikian referensi dari wajakteknologi yang bisa berikan selaku tukang servis printer juga sebelum membeli printer canon dan epson jika pembaca membutuhkan bantuan masalah bisa hubungi via kontak atau di Menu tentang wajakteknologi ada nomer telpon

Artikel Terkait

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!

loading...