Belajar Perangkat Input Output Komputer dan Fungsinya

input-output-device
Belajar Input-Output Komputer dan Fungsinya – Belajar komputer itu mengasyikkan dan juga santai. Hampir semua orang mengetahui komputer tetapi mereka tidak mengetahui bagian perangkat jaringan komputer. Dasar pada peralatan komputer dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian input device (alat masuk) dan output device (alat keluar). Dua bagian ini jika tidak ada maka komputer menjadi pincang dan tidak lengkap.

Perangkat input dan output adalah peralatan komputer yang berfungsi sebagai penginput atau pengisi data yang kemudian akan diteruskan ke CPU atau processor untuk diolah. hasil olahan akan di tampilkan pada alat output.

Pengertian Input Device

Input Device atau perangkat input yaitu peralatan komputer yang berfungsi sebagai pemasuk data-data. Data ini bisa berupa ketikan, gambar olehan pemrograman atau yang lain. 

Macam-Macam Perangkat Input Devce

1. Mouse 
Mouse Komputer
Mouse

Dalam bahasa indonesia artinya tikus tetapi orang-orang tetap memangilnya sebagai mouse alat ini. Emang aneh kalau dipanggil tikus. jadi sebut aja mouse. fungsinya untuk menggerakkan pointer. mouse masuk kategori perangkat input karena ketika kita klik suatu file atau program maka perintah akan masuk untuk menjalankan program

2.  Keyboard 
Keyboard Komputer
Keyboard

Arti Bahasa indonesianya papan kunci. Keyboard ini berisi tombol atau yang namanya ‘Tuts’ yang berisi huruf-huruf abjad A-Z. fungsi keyboard ini sebagai alat menulis maka dari itu keyboard masuk dalam kategori input device.

3. Scanner
Scanner
Scanner

Scanner adalah alat pada komputer yang jarang sekali dipakai scanner ini berfungsi untuk menampilakan gambar hasil penyaringan.

Pengertian Output Device

Output Device atau perangkat output adalah peralatan komputer yang berguna menghasilkan proses dari cpu yang mendapat input. Perangkat output hanya menampilkan dan mencetak hasil inputan

1. Monitor
Monitor
Monitor

Setiap pasti tahu dengan monitor yaitu bagian pada komputer yang bertugas untuk menampilkan gambar dari proses input pada CPU (Central Processing Unit). Perangkat output satu ini dari tahun ketahun selalu mengalami banyak perkembangan serta kualitasnya semakin baik. Perubahan monitor yang paling jelas adalah bentuk dimana sebelumnya terkenal besar-besar sekarang lebih ramping serta daya listrik yang diperlukan untuk menyalakannya semakin sedikit.

2. Printer
Printer
Printer

Printer termasuk dalam perangkat output karena printer menampilkan hasil secara nyata dari proses kita menginputkan data atau file. Sehingga dengan printer ini kita akan mendapatkan gambar tidak visual tetapi bisa secara nyata. Hasil dari proses ini adalah cetakan. printer yang paling sering digunakan adalah tipe inkjet.

3. Projektor
Projektor
Projektor

Alat berfungsi sama dengan monitor tetapi projektor ini bertugas untuk memvisualkan dengan cara menyorotkan pada tembok atau papan warna putih.

Mungkin beberapa dari kita akan berfikir dan bertanya. kalau begitu Modem USB, Flashdisk, Bluetooth, dan Alat Wifi Receiver masuk dalam kategori Input Device ataukan Outpuh Device?

Modem USB – Alat ini digunakan untuk Online terhubung dengan Internet. Modem bukan termasuk Output ataupun Input Device, karena modem ini berfungsi sebagai perantara keluar dan masuknya data pada komputer kita kekomputer lain ataupun sebaliknya.

Flashdisk – Alat untuk menyimpan data dari komputer ke flashdisk untuk dipindahkan ke komputer lain. dalam Bahasa komputer yaitu storage.

Bluetooth – Alat ini berfungsi untuk memindahkan data dari komputer lain ke komputer kita atapun sebaliknya dari komputer kita ke komputer lain. Kadang perpindahan ini komputer dengan handphone atau handphone dengan handphone.

Wifi – alat ini dibagi dua yitu receiver (penerima) ataupun Transmitter (pemancar). Wifi sebagai receiver yaitu wifi tersebut hanya bisa digunakan sebagai pernerima gelombang dan tidak bisa sebagai pemancar. jika wifi sebagai Transmitter atau pemancar maka wifi tersebut hanya memncarkan sinyal gelombang wifi. Beberapa Wifi bisa dijadikan sebagai receiver atau transmitter  jika menggunakan software tertentu. Sekarang hampir semua smartphone Android bisa dijadikan Wifi receiver ataupun Wifi transmitter.

Sahabat WajakTeknologi....penjelasan ini mungkin tidak kita sadari bahwa sebenarnya device atau hardware komputer dibagi menjdi input dan out. Beberapa barang seperti mouse, meyboard, scanner masuk dalam input device. Produk yang masuk output device seperti monitor, printer, projector. Sekarang sahabt sekalian sudah tahu perbedaan input output device kompputer. Semoga seri Belajar  Input Output Komputer dan Fungsinya semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

>>> Semoga Bermanfaat<<<

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komen sesuai topik artikel ya!!!!!
Dilarang Meninggalkan link atau spam!!!
Berkomentar Bahasa Indonesia / Inggris dengan sopan!!!
Terima kasih Telah berkunjung !!!!