Penemu Jaringan 4G LTE Orang Kediri

jaringan 4G LTE
Penemu Jaringan 4G LTE Orang Kediri - Sahabat Wajakteknologi Membaca beberapa status di facebook teman yang mengatakan bahwa penemu jaringan 4G LTE yang memiliki kualitas jaringan super cepat dari pendahulunya yaitu jaringan 2G (edge) dan jaringan 3G serta 3,5G . Setelah melakukan searching di mbah dukun google menemukan berita dan membenarkan bahwa penemu jaringan itu adalah orang kediri, dia adalah Khoirul Anwar yang sekarang bergelar Dr. Eng. Khoirul Anwar. Siapakah Khoirul Anwar di penemu dan pemilik paten jaringan 4G? Baca Juga: Review Modem 4g Sierra 320U dan Sierra 312U 

Latar Belakang Dr. Eng Khoriul Anwar

Profesol Khoirul Anwar lahir di  kediri, Jawa Timur tahun 1978. Alamat rumah Khoirul Anwar adalah Dusun Jabon, Desa Juwet, Kecamatan Kunjang, Kabupaten kediri. Khoirul Anwal adalah anak pasangan dari Sudjiarto dan Siti Patmi. Khoirul Anwar menikah denga Sri Yayu Indrianti dan dikarunia tiga orang putra seta seorang putri. Saat ini Khoirul Anwar tinggal di Nomi, Ishikawa. dia bekerja di Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST) sebagai asistant profesor
Khoirul Anwar memakai baju biru
Keluarga Dr. Eng. Khoirul Anwar

Jenjang Sekolah Khoirul Anwar

Khoirul Anwar kecil bersekolah dasar di desanya dan kemungkinan SD desa Juwet. Lulus SD tahun 1990 Khoirul Anwar mendapat musibah yaitu ayahnya bapak Sudjiarto meninggal. Tetapi semangat untuk bersekolah yang setinggi-tingginya walau dengan biaya minim tidak menyurutkan semangatnya untuk bersekolah. Berdasarkan berita dari detik.com ”Khoirul Anwar kecil memberanikan diri untuk menemui emak atau ibu dan memohon untuk disekolahkna setinggi-tingginya. Keinginannya meluluhkan hati emaknya dan berkata ‘Nak, kamu tidak usah ke sawah lagi. kamu saya sekolahkan setinggi-tingginya sampai tidak ada lagi sekolah yang tinggi di dunia ini”.

Khoirul Anwar melanjutkan sekolahnya di SMPN 1 Kunjang, Menginjak bangku sekolah menengah atas Khoirul Anwar muda diterima di SMAN 2 Kediri yang merupakan SMA favorit saat itu dan sampai sekarang. Khoirul Anwar menjadi salah satu anak desa yang bisa bersekolah di kota.
Berdasarkan berita di jppn.com “ karena bersekolah di kota Khoirul Anwar muda menjadi minder.

Namun rasa minder Khoirul Anwar muda itu mampu dikalahkannya dengan ketekunannya menuntut ilmu. Hasilnya dia menjadi juara kelas pada tahun pertama”. Saat masuk kelas 2 SMA Khoirul Anwar berhemat dengan mengurang kapasitas makan biar tidak membebani sang ibundanya tetapi nilainya malah merosot dan sakit”.

Hasil kerja kerasnya di jejang SMA membuat Khoirul Anwar muda diterima di Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung Jurusan Teknik Elektro. Khoirul Anwar lulus dari ITB tahun 2000 sebagai wisudawan terbaik. Khoirul Anwar kemudian berjuang dengan keras supaya mendapatkan besiswa magister yang ditawarkan Panasonic Jepang. dia lulus seleksi dan memilih universitas di Tokyo sebagai tujuan tetapi nasib berpihak lain dan khoirul anwar tidak lolos seleksi dan tidak lulus ujian bahasa jepang. Baca Juga: Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook

Supaya tidak pulang dengan tangan hampa dia memilih universitas lain. yaitu di NAIST tahun 2005. Dia menyelesaikan studinya dalam jangka waktu 1,5 tahun dan melanjutkan studi doktoral  di kampus yang sama dan meneliti transmitter di tahun 2008.

Bercita-cita menjadi the next Einstein dan Farady

Semasa Kecil Khoirul Anwar memiliki pekerjaan sehari-hari seusai sekolah yaitu ngarit (mengarit, mencari rumput untuk pakan ternak).Di sela-sela waktu belajar dan ngarit, Khoirul Anwar kecil suka membaca buku teori ilmuwan ternama seprti Albert Einstein dan Michel Farady, padahal itu termasuk bahan bacaan yang terbilang berat bagi anak seusianya. karena itulah khoirul anwar bercinta-cita ingin menjadi the next Einstein dan Farady.

Inspirasi 4G dari Film “Dragon ball”

Menurut saya info ini akan unik dan lucu tetapi setelah saya baca beberapa berita di internet ternyata benar. Khoirul Anwar diam-diam menyukai dengan film Dragon Ball dan aktor yang digemari yaitu Goku. Dalam film Dragon ball terinspirasi dengan dengan kekuatan yang berasal dari alam yang digabungkan menjadi bola api yang dinamanakan Genki Dama. Genki dama ini yang menghasilkan kekukatan luar bias. Berdasarkan berita detik.com “rumus dari Genki Dama ini sama Khoirul Anwar diterapkan ke dalam formula matematika dan terbentuklah teknologi 4G dengan menarik energi dari sekitarnya”. Sungguh anak bangsa yang jenius.

Khoirul Anwar menciptakan teknologi 4G saat masih menempuh studi doktoral di Nara Institue of Science and Technology (NAIST), jepang. Karena kejeniusan Khoirul Anwar jaringan internet berkecepatan tinggi bisa dirasakan. Di jepang teknologi ini sudah bisa digunakan sampai daerah pegunungan jadi para pendaki gunung fujiyama di jepang sudah bisa menggunakan jaringan 4G LTE ini.

“Jalan Panjang Pengakuan Ide”

Dalam memperkenalkan jaringan 4G ini Khoirul Anwar tidak semudah membalikkan telpak tangan karena dia harus menerima cemooh saat presentasi. Khoirul Anwar dianggap gila dengan idenya. Presentasi pertama dilakaukan di Hokaido pada tahun 2005. Kemudian Khoirul Anwar memperkenalkan penemuannya ke Australia tetapi hasilnya nihil dan dicemooh.

Semangat Khoirul Anwar untuk menunjukkan teknologi 4G ini tidak surut yang akhirmya dia pergi ke Amerika Serikat untuk mematenkan teknologi ciptaannya. Dia berhasil mendapatkan hak paten pada tahun 2006 dengan nama Transmitter and Receiver, sekaligus mendapatkan penghargaan di Negeri Paman Sam.

Pada tahun 2008 International Telecommunication Union (ITU) yang berbasis di Jenewa, Swiss, menetapkan standar teknologi 4G untuk telekomunikasi. Jadi teknologi yang dipakai adalah adalah teknologi yang dia patentan pada 2008.

Pada tahun 2010 teknologi milik Khoirul Anwar digunakan untuk komunikasi satelit. Dari Manfaat ini Khoirul Anwar yakin jika teknologinya ini bisa diterapkan di bumi.

Keinginan pulang ke Indonesia

Walaupun Khoirul Anwar sekarang bekerja di Jepang Tetapi pemilik paten dan penemu jaringan 4G LTE ini menyimpan keinginan untuk kembali ke indonesia. Seperti di lansir oleh tribunnews.com Khoirul Anwar berharap” Saya cuma ingin mengajar saja di Indonesia dengan kebebasan penelitian juga kalau bisa seperti di Jepang ini. Demikian pula saya berharap bisa bekerjasama dengan baik dengan semua orang di lingkungan saya di Indonesia nantinya. Bisa diterima baik semua orang sehingga kita bisa tenang bekerja di Indonesia nantinya.

Menurut Khoirul Anwar penerapan jaringan 4G di Indonesia tidak telat, karena baginya tidak ada kata terlambat. Khoirul Anwar salut kepada orang-orang jepang yang begitu bangga menggunakna produk sendiri meski jelek. Khoirul Anwar berujar “Saya inginnya insinyur kita, jelek-jelek nggak apa-apa, asal punya kita. Sedikit demi sedikit bisa diperbaiki. Kalau kita mau langsung bikin yang hebat, tidak akan ada. Orang pasti bermula dari tidak hebat. Yang mudah dulu" berdasarkan berita jppn.com. Dia yakin ilmuwan indonesia tidak hanya jenius, namun jug kreatif serta mampu mencari terobosan.

Beberapa Prestasi Internasional Khoirul Anwar

  1. Travel Grant Award, Computer and Communications Conference Conference Award  ke Massachusets Institute of Technology (MIT), tahun 2004.
  2. The Best Student Paper oleh Institute of Electrical and Electronic Engineering (IEEE)  di bidang Radio and Wireless Symposium 2006 (RWS2006), California, USA, January 2006
Menerima Piagam
Khoirul Anwar menrima piagam

Demikianlah sekelumit sosok Khoirul Anwar yang bisa saya rangkum untuk pembaca berita wajakteknologi. dari sosok Khoirul Anwar kita bisa meneladani bahwa keyakinan, optimis dan kerja keras akan menghasilkan buah karya yang sangat bermanfaat. Dari penuturan Khoirul Anwar mengatakan bahwa jepang bagus karena mereka mencitai produksi dalam negeri dan produk itu butuh proses untuk bisa menjadi baik.

Khoirul Anwar sosok dibalik jaringan 4G LTE penerus jaringan telekomunikasi yang lagi booming dan baru di perkenalkan di dalam negeri tercinta ini. Maaf apabila dalam penyajian ada kata atau info yang kurang mohon di ingatkan. Semoga sajian ini bermanfaat untuk semuanya dan memotivasi generasi muda kita semua.

Sahabat Wajakteknologi..... Semangat untuk belajar dan juga terus berjuang seperti yang diterapkan oleh Bapak Khoirul Anwar sangat menginspirasi. karena semua orang mungkin tidak akan menyangka jika yang menemukan jaringa 4G LTE memiliki masa lalu tak seindah yang lain dan penuh dengan perjuangan. Semoga Artikel tentang Penemu Jaringan 4G LTE Orang Kediri bisa membuat kita semangat untuk terus belajar dan berkarya.

>>>Semoga Bermanfaat<<<

Artikel Terkait

Ibnuwajak.id adalah tempat berbagi informasi seputar teknologi, komputer, laptop, android, printer, tulungagung, wisata, dll . Jika ingin silaturahmi. email: comp.direction@gmail.com , Youtube Channel : ibnuwajak.id , Instagram : @ibnuwajak , Whatsapp,telp/sms : 081335587039

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...